Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Putri Deokman atau DONG-YI ?

Dalam postingan blog ini, gue akan memaparkan dua tokoh wanita di DRAMA KOREA berlatar kerajaan atau yang biasa kita kenal dengan nama drama Sageuk yang begitu gue kagumi. Mereka adalah Dong Yi dan Deokman.




Menurut gue keduanya mempunyai beberapa kesamaan yang bisa ditarik satu garis lurus yang sama. Beberapa kesamaan Dong Yi dan Deokman adalah sebagai berikut:

-Sama-sama wanita *plak* yaiyalah nene nene jompo juga tau hahaha
- sama-sama wanita yang tangguh
- sama-sama mandiri
- sama-sama cerdik dan cerdas
- sama-sama memperjuangkan keadilan
- sama-sama baik hati, tidak sombong dan rajin menabung *plak*
- sama-sama pinter
- sama-sama cantik
- sama-sama sering di jahatin *kalo ga gini mah ga akan rame lah hahaha*

CUMA BEDANYA -----> secara tampilan DONG YI memakai kondenya yang simpel. Sementara itu kalo Deokman penggunaan kondenya terbilang heboh hahaha. Ini pengaruh dari jaman dinastinya juga karena keduanya berasal dari kerjaan yang berbeda.



berikut sinopsis nya , becikidot gan eh salah maksudnya cekidot ------->>>>>>

DONG YI


Choi Dong Yi adalah seorang perempuan dari golongan Cheonmin, kasta rendahan dalam struktur masyarakat Joseon pada masanya. Ayahnya merupakan seorang koroner atau ahli forensik yang dibunuh karena dituduh menjadi ketua organisasi terlarang Geumgae yang pada masa itu dianggap sebagai organisasi makar dan membahayakan kekuasaan Raja yang berkuasa kala itu. Karena sebuah konspirasi politik akhirnya ayah dan kakak Dong Yi meninggal dunia dan ia menjadi gadis belia yang hidup sebatang kara melalui kerasnya hidup. Namun seorang Gisaeng (wanita yang bekerja di rumah/ timpat hiburan) cantik bernama Seol Hee telah menyelamatkan dan memeliharanya dengan baik sampai suatu saat Dong Yi berhasil memasuki istana sebagai pelayan di departemen musik.





Singkat cerita tanpa sengaja Dong Yi bertemu dengan raja Sukjong yang sedang menyamar untuk menyelidiki sebuah kasus yang dicurigai sebagai usaha konspirasi untuk menyingkirkan calon selir Jang Hee Bin/ Jang Ok Jung. Atas kecerdasan Dong Yi, Jang Hee Bin dapat terlepas dari masalah dan ketika ia menjadi selir, Hee Bin merekomendasikan Dong Yi untuk memasuki Biro Penyelidik Istana. Bukan tanpa perjuangan Dong Yi bisa memasuki departemen ini, sebuah konsprasi politik (lagi-lagi) membuatnya nyaris ditendang dari biro penyelidik ini. Namun karena kecerdasan dan kekerasan hatinya, dong Yi dapat bertahan.



Sayangnya kemudian hubungan Dong Yi dan Hee Bin tidak berjalan mulus, ketamakan Hee Bin dan keluarganya yang dimotori oleh Jang Hae Jee, kakak Hee Bin, membuat Dong Yi menjadi pihak yang berseberangan dengan Hee Bin. Hee Bin sangat berambisi menjadi permaisuri dan berusaha dengan segala cara yang penuh kelicikan menyingkirkan ratu Inhyeon. Ratu Inhyeon sangat menyayangi Dong Yi dan menjadi pelindungnya, bahkan kelak dialah yang mendorong Dong Yi untuk menikah dengan Raja Sukjong dan memintanya menjadi permaisuri sabagai pengganti dirinya saat menjelang kematiannya (walaupun Dong Yi akhirnya menolak ).




Kemarahan Hee Bin semakin memuncak saat menemukan fakta bahwa sang Raja tidak lagi mencintainya seperti dulu. Raja Sukjong telah berpindah hati pada wanita muda yang cerdas dari biro penyelidik yang dikenalnya tanpa wanita itu tau siapa dirinya. Dong Yi tidak pernah mengetahui bahwa selama ini pejabat yang selalu bersamanya adalah raja Sukjong.


Intrik-intrik politik terjadi, fitnah dan konspirasi mewarnai istana dan begitu banyak korban berjatuhan. Untungnya Dong Yi mempunyai pelindung yang sangat loyal. Mereka adalah Seo Yong Gi (pejabat kepolisian, mantan teman dekat ayahnya), Cha Ceon Soo ( seseorang dari masa kecil Dong Yi, mantan anggota Geumgae ) yang juga mencintai Dong Yi, Sim Yun Taek (seorang sarjana cheonmin cerdas yang dibuang ), Ratu Inhyeon dan yang mendukung dari balik layar, Raja Sukjong. Walaupun demikian Dong Yi sempat mengalami masa-masa sulit setelah kematian putra pertamanya dan meninggalkan istana selama 6 tahun. Dalam pengasingannya ia melahirkan putra kedua, Kyeong Jong, yang kelak bergelar Raja Jeongjo, menggantikan kakak tirinya yang meninggal di usia muda.


Di akhir cerita kejahatan akan terkalahkan oleh kebenaran. Setelah hampir sepuluh tahun Hee Bin mengalami kejayaan dengan cara yang licik akhirnya kejayaan yang dimilikinya tumbang. Ia dihukum mati dengan cara minum racun serta keluarga dan kroninya dibuang ke Pulau Jeju untuk dijadikan budak selama-lamanya. Dong Yi menjadi selir tingkat satu bergelar Choi Sukbin, impian ratu Inhyeon untuk menempatkan Dong Yi sebagai penggantinya tidak terwujud karena latar belakan Dong Yi dari kalangan Cheonmin, partai kelas bawah.


Apapun akhir kisah Dong Yi yang jelas Dong Yi akhirnya menjadi ibu raja dan hidup bahagia dengan raja Sukjong setelah putranya mengambil alih tahta. Menurut gue ya drama ini benar-benar luar biasa, mengambil setting sejarah Korea yang diwarnai intrik-intrik politik serta konspirasi yang mematikan.

Han Hyo Joo menurut gue berhasil banget membawakan karakter Dong Yi dengan begitu apik. Sampai gue akan selalu ingat Dong Yi meskipun tahun-tahun berlalu dan dia akan banyak memainkan peran dengan karakter yang berbeda-beda dalam drama.






Deokman (Queen of SENDEOK)




Ini adalah kisah tentang Queen Seondeok yang terlahir sebagai seorang putri dari dinasti Silla yang kemudian akan memerintah sebagai Ratu atau penguasa dinasti Silla (tahun 632 s.d 647 M). Dia adalah penguasa ke-27 dan Kaisar wanita pertama dinasti Silla.




Putri Deokman/Queen Seondeok


Pada masa Tiga Kerajaan di Korea, Deokman (nama Ratu Seondeok saat kecil) lahir sebagai anak kembar, tapi dia dibuang saat masih bayi. Dia kemudian kembali ke Kerajaan Silla, dimana dia bergabung dengan saudari kembarnya Putri Chonmyong untuk melawan Lady Mi-shil yang punya rencana jahat untuk melenyapkan ke dua putri dari Kerajaan.


Dalam pertempuran, Putri Chonmyong dibunuh oleh Lady Mi-Shil, tapi Putri Deokman dengan bantuan Jenderal Kim Yusin berhasil melenyapkan Lady Mi-Shil. Dia akhirnya menjadi Kaisar wanita pertama dinasti Silla.


Karakter Putri Deokman yang kuat, tangguh, dan anggun berhasil sekali dibawakan oleh Ha Ji Won. Gue suka banget sama dia.


Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

Posting Komentar untuk "Putri Deokman atau DONG-YI ?"