Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Koper Aman dalam Bagasi Pesawat

Waktu pertama kali naik pesawat, gue selalu mempertanyakan bisa enggak sih ya koper aman dalam bagasi pesawat? Karena gue pernah denger bahwa sebagian orang  pernah mengalami masalah yang kurang menyenangkan tentang bagasi. Ya kopernya rusak, tertukar, hilang atau lecet karena benturan dengan barang lainnya. Beda kali ya sama temen-temen yang sudah biasa melakukan perjalanan berlibur jauh, sudah pasti memiliki trik tersendiri agar koper di bagasi pesawat bisa aman.

Sebelum ke bandara sebaiknya timbang dahulu barang bawaan yang kamu bawa, sayangkan jika sudah sampai di bandara eh... kamu malahan mengalami kelebihan barang bawaan. Iya kalau ada saudara yang mengantarkan perjalanan kamu, jadi bisa membantu kamu membawa pulang kembali barang bawaan, tapi jika tidak? Alamat terbuang sia-sia.  Hiks banget kan tuh. ☹

Apa saja sih trik agar koper aman dalam bagasi pesawat? Yuk,praktikan beberapa tips ini ketika kamu akan melakukan perjalanan nanti, apalagi nih bagi yang baru pertama kali melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara. Simak baik-baik ya tips dari mitaoktavia.com berikut ini....



Pertama, pergunakanlah koper yang berbeda bentuk dan warna

Pilih atau gunakan koper yang berbeda dari yang lainnya. Nah, bedanya di sini itu bisa koper dengan warna yang mencolok. Kebanyakan calon penumpang menggunakan koper berwarna netral seperti cokelat, hitam, abu dan warna gelap lainnya. Tidak ada salahnya kok kalau temen-temen sesekali menggunakan warna mencolok. Ini dilakukan agar kopermu mudah dikenali dan menghindari risiko tertukar dengan koper milik orang lain juga.




Kedua, pasang pita, lebel koper atau taruh kartu namamu

Bila Kamu ingin menggunakan pita, pilih yang warnanya terang, mencolok dan cerah agar bisa terlihat jelas di antara tumpukan koper lainnya di bagasi pesawat. Caranya mudah nih, cukup digantungkan saja penanda itu di koper milikmu. Ada juga loh koper yang bisa menaruh kartu nama di dalamnya, pasang saja kartu nama kamu untuk meminimalisir koper tertukar atau hilang. 

Kalau kamu lagi apes terus koper hilang ini berguna juga. Mereka yang menemukan koper kamu nantinya, bisa langsung menghubungi kartu nama yang tertera untuk antisipasi.

Ketiga, lindungi koper kamu dengan plastic wrap

Di bandara-bandara besar biasanya disediakan layanan plastic wrap, memang sih, ada budget tambahan yang pastinya harus kamu keluarkan. Namun, cara ini adalah cara yang ampuh untuk melindungi koper atau tas bawaan dibongkar oleh orang lain yang punya niat buruk. Amit-amit sih ya, jangan sampai kejadian.

Tapi dengan menggunakan plastic wrap, jika hilang, kamu bisa juga melaporkan ke petugas yang berjaga di sana dengan menunjukkan bukti. 

Jangan lupa untuk selalu memgambil foto dahulu saat menyiapkan koper, ini berguna untuk mengetahui bagaimana packaging koper kamu sebelumnya agar terlihat perbedaannya juga kalau-kalau hal tidak diinginkan terjadi pada koper yang dibawa.

Keempat, lakukan pemotretan kondisi barang di dalam koper kamu

Mengabadikan barang bawaan dengan mengambil fotonya ternyata ini berguna sekali loh! Usahakan untuk selalu memfoto keadaan bagian dalam dan luar tas kamu ya, pokoknya jangan sampai lupa. Karena ini bisa jadi mudah untuk penanda, supaya jelas yang mana tas kamu kalau-kalau ada kejadian tertukar di kemudian hari. Apalagi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait barang yang ada di bagasi pesawat kamu.

Kelima, buang airline tag pesawat sebelumnya Saat Lakukan Penerbangan Lain

Seringkali perjalanan yang kamu lakukan tidak hanya dengan naik satu pesawat saja, Kamu bisa saja berganti maskapai penerbangan berbeda-beda. Misalnya saja kamu akan ke luar negeri sehingga harus transit dan berpindah ke penerbangan dengan maskapai lain.

Jangan lupa untuk membuang airline tag yang ada di bagasi pesawat kamu sebelum berganti pesawat.
Jika petugas keamanan tidak awas, bisa jadi barang bawaan kamu jadi tertukar ke maskapai penerbangan lainnya padahal kamu sudah berpindah menaiki pesawat lainnya.

Keenam, cukup membawa barang yang dibutuhkan

Jangan sampai barang yang tidak penting ikut terbawa dan menambah beban barang bawaan kamu ya. Pokoknya pilah-pilih dengan bijak mana barang bawaan yang penting sebelum melakukan penerbangan. Bagasi gratis yang biasanya disediakan oleh maskapai penerbangan, tapi kapasitasnya hanya ada antara 15 - 20 kg. Jadi bawa barang yang benar-benar kamu perlukan saja selama melakukan perjalanan.

Terakhir, siasati mengirim oleh-oleh tanpa perlu membawa ke bagasi pesawat

Banyak sekali pesanan oleh-oleh yang masuk dalam list chart kamu saat berpergian? Apalagi kalau tidak memungkinkan untuk membawanya di bagasi pesawat. Membingungkan enggak sih?

Supaya enggak bingung, coba deh perbandingkan antara membayar denda bagasi pesawat dengan mengirimkannya melalui jasa ekspedisi. 

Jika perbedaannya jauh lebih murah dengan mengirimkan oleh-oleh lewat ekspedisi, kenapa enggak coba dikirimkan saja lewat ekspedisi untuk menghemat biaya bagasi ya, kan?

Itulah beberapa cara agar koper temen-temen bisa tetap aman di bagasi pesawat ya.

 Semoga bermanfaat yaaaaaa, teman-teman! 😊

1 komentar untuk "Trik Koper Aman dalam Bagasi Pesawat"

  1. Tips yang berguna buat yang suka travelling. Makasi yah udah sharing :)

    Oh ya kalo keluar negeri sebaiknya pakai koper/gembok TSA biar lebih aman :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus