15-18 dari 366 : Perjumpaan Pertama Tak Selalu Menakutkan

23:01



   Rabu Malam, selepas jam 21.00 WIB aku tiba di Hotel Arya Duta. Lokasinya tak jauh dari Tugu Tani, Jakarta Pusat. Perjalanan dua jam yang lumayan melelahkan. Beruntung jalanan Jakarta sedang bersahabat. 

      Sebelum datang menghadiri acara Bank Indonesia Netizen Fest (Netifest) 2020. ini aku sempat dibuat penasaran dan menebak-nebak siapa yang akan jadi teman sekamarku. Akan seperti apa pula suasananya dan siapa saja yang akan kutemui. Menurut Carl Jung (Wilson, dkk, 1996 dalam Rich, 2003), individu introvert cenderung diam, pemalu, dan merasa tidak nyaman di situasi sosial. Aku memang merasakan hal itu di beberapa situasi yang belum begitu aku akrab bagiku. Terlebih acara ini akan dihadiri 175 orang finalis dari sekitar 1.700-an orang yang mengikuti vlog dan blog competition yang diadakan Bank Indonesia. Membuat degup jantungku makin berdebar tak terkendali. 

   Sampailah aku di depan pintu kamar 807. Begitu membuka pintu kamar aku terkejut dibuatnya. Kamarku terrnyata masih gelap dan kosong. 

  “Tidak ada orang? Lha? Ke mana ini teman sekamarku?” ucapku kaget. Padahal jelas-jelas sewaktu check in aku melihat data nama teman sekamarku yang tiba lebih dulu. Beruntung aku mengingat namanya. Tanpa banyak berpikir, aku langsung menghubunginya via WhatsApp setelah mencari nomernya dalam grup.

   “Kakak di kamar 807 juga bukan ya? Kok gak ada kak? Aku udah di kamar kak.”



      Dua belas menit berlalu... Sebuah balasan akhirnya muncul dalam ponselku.

        “Maaf kak. Aku lagi numpang. Aku ke situ ya.”
        “Numpang di mana, Kak?” balasku.
      “Di 820. Kirain gak ada temen tadi. Ayuk ke sini dulu.”
          “Ada siapa aja di situ?”
          “Ini bertiga”


       Lima menit kemudian, terdengar suara gaduh dari luar. Dan bel kamarku pun berbunyi. Begitu aku buka, tiga orang perempuan sudah tertawa heboh dengan wajah memerah. Ternyata Mereka adalah Mbak Ria, Restu, dan Mardiah—teman sekamarku.

     Ada kelegaan terselip dalam hatiku. Ternyata perjumpaan pertama tak selalu menakutkan. Dalam perjumpaan kami langsung ada rasa klik! tanpa perlu banyak waktu dan kata.



    Padahal kami berempat baru pertama kali bertemu. Ah benar, jelas saja, Aku dan ketiga teman baruku kan datang dari Kota yang berbeda. Aku dari Bogor, Mardiah dari Tangerang, Mbak Ria dari Bengkulu, dan Restu dari Yogyakarta.  

    Bersama peserta lain, Aku tergabung dalam Generasi Digital Bank Indonesia. Diharapkan ajang Netifest dapat menjadi jalan untuk saling bersinergi membuat dan menyajikan konten-konten yang positif dan dapat menumbuhkan kesadaran literasi finansial yang merambah digital. Salah satunya pembuatan konten berupa tulisan blog dan video blog mengenai Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai salah satu bentuk alternatif transaksi pembayaran digital.




    Mengikuti serangkaian kegiatan di kamis 16 Januari 2020 hingga selesai pada 18 Januari nanti diharapkan akan kian membuka dan memperkaya wawasanku.

    Perjumpaan pertama tak selalu menakutkan. Perjumpaan pertama malahan jadi gerbang awal mendapat pengalaman baru, ilmu baru, dan teman-teman baru. Perjumpaan awal pembuka pintu rezeki. 

       Senang sekaligus bersyukur. Doaku terkabul. Aku dipertemukan dengan orang-orang hebat. Terlebih para ahli di bidang Jurnalistik. Ada Mbak Jati dari Mediacom.id dan Mas Nurul dari Kompasiana. Tidak hanya itu, aku pun dipertemukan dengan orang-orang yang memang benar-benar peduli. Aku menyadari kalau kepedulian pun tak berbatas lamanya perkenalan. Kepedulian pun bisa dimulai dari keterbukaan. Keterbukaan menerima informasi baru. Keterbukaan dalam menerima lingkungan baru. Keterbukaan dalam menerima orang-orang baru. Keterbukaan pikiran dengan senantiasa berbaik sangka pada-Nya.

     Tuhan Maha Baik ya? Sekalipun mungkin kita merasa bukan hambanya yang baik, tapi Tuhan selalu bisa memberi jalan indah yang tak bisa kita terka.

                 



You Might Also Like

0 comments

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar yang relevan dengan isi postingan saya ya sebagai bentuk apresiasi agar saya tetap semangat menulis.
Sekali lagi terima kasih! ♡

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe