6 Fitur dalam 1 Perangkat: Mudahnya Transaksi Pembayaran dengan Mesin EDC Gopay SPOTS

22:49



Di masa sekarang jajan sudah enak sekali rasanya. Semuanya sudah serba tanpa tunai. Saya memang menganggarkan tersendiri kebutuhan jajan karena ya memang dasarnya doyan jajan. Ehehehe... Biasanya sih ada dana yang disimpan di dompet digital, seperti Gopay. Sementara sisanya saya biarkan ada di kartu debit. Sekarang saya memang sengaja jarang membawa tunai. Paling hanya sekian persen saja yang disisakan di dompet. Tidak banyak, seperlunya.

Pengalaman jajan saya banyak, tapi yang menarik itu ketika saya mencoba datang ke tempat baru yang tak jauh dari kantor. Mengincar menu yang masih ada nasinya. Saya memesan menu Ayam Woku-woku. Selesai memesan dan saat akan membayarnya, saya  sempat terdiam sesaat mengetahui saldo Gopay saya ternyata hanya tersisa sepuluh ribu rupiah. Hiks. Pelupa kadang kala membuat saya berada di situasi yang tak diharapkan. Harusnya saya mengecek dulu saldonya sebelum memesan makanan bukan malah pas mau membayar. Dasar saya!





Ragu-ragu, saya tanya ke Mbak kasirnya, "Mbak, mesin EDC ini bisa pakai debit enggak ya?"

Lalu dengan semringahnya Mbaknya menjawab, "Oh iya kak. Di kami, mesin EDC gopay-nya sudah bisa support debit".

Ah~ Saya mengembuskan napas lega. Syukurlah....

"Oh iya mbak, saya mau transaksi pembayaran di Mesin EDC dengan Kartu Debit saya saja ya Mbak." ucapku tak kalah semringah.

Transaksi pembayaran pun terjadi. Cara Menggunakan Mesin EDC itu prosesnya ternyata sederhana dan mudah. Pertama, Mbaknya memasukan pilihan menu pesanan saya. Setelah itu, muncul totalan pembayaran yang harus saya bayarkan sesuai dengan jumlah pesanan. Selanjutnya masuk ke memilih metode pembayaran. Dalam proses transaksi saya saat itu menggunakan kartu debit BCA. Saya menyerahkan kartu debit saya, Mbaknya pun menggesek kartu debit saya pada mesin EDC. Kemudian saya memasukan PIN persis seperti biasanya transaksi pembayaran di kasir swalayan dan walaa~ pembayaran pun berhasil diselesaikan. Resi pun tercetak. Prosesnya terbilang cepat dan mudah sekali.





Beberapa menit kemudian pesanan makanan saya tiba, saya pun mulai menikmatinya. Tak lama kemudian, datang seorang Mamang driver Gojek. Sepertinya sedang mengambil pesanan GoFood dari konsumen. Mamangnya memberitahukan pesanan pada Mbak Kasir. Mereka berdua pun asyik bertransaksi sambil bercakap-cakap sebentar.  Kemudian Mbaknya memberikan pesanan dan Mamangnya pun pergi membawa pesanan. Kuperkirakan prosesnya cepat, tidak sampai sepuluh menit.




Saya penasaran sekali kenapa proses transaksinya kok bisa cepat, lalu saya mengingat-ingat tadi nama mesin EDC-nya apa ya? Aha! Saya ingat. Mesin EDC (Electronic Data Capture) itu namanya SPOTS. Mesin ini menawarkan layanan aplikasi kasir sekaligus untuk mesin pembayaran. Biasanya kan kalau di kasir itu membutuhkan dua mesin terpisah yang berbeda untuk penghitungan total harga dan pembayaran, namun kini dalam satu perangkat mesin SPOTS semuanya bisa langsung teratasi. Mudah, efektif, dan efisien. Saking mudah dan cepat proses transaksinya ya saya sampai dua kali melakukan transaksi pesanan dan pembayaran karena ada makanan tambahan yang diinginkan. Biasanya sih saya lebih milih enggak jadi nambah pesanan karena malas dengan prosesnya yang lama.

Mengenal SPOTS Lebih Jauh

Berkat ke-kepo-an yang maksimal, saya pun mencari-cari tahu tentang SPOTS  di spots.co.id dan instagramnya https://instagram.com/spots.id. Nah, didapatkan banyak sekali informasi lengkap tentang mesin EDC SPOTS ini.

SPOTS ini adalah mesin aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan sekaligus mencetak struk pesanan. Semua proses transaksi pembayaran hanya dalam satu perangkat. SPOTS merupakan layanan mesin kasir dari Gojek. Jadi ketika kamu memesan menu, diinputnya langsung di mesin SPOTS. Produk ini ditujukan untuk para penggiat UMKM hingga pemilik franchise di Indonesia yang memudahkan dalam kegiatan transaksi mereka. 

Mesin EDC gopay ini yang sebelumnya hanya mengandalkan pembayaran menggunakan  metode pembayaran Go-Pay, kini sudah mendukung pembayaran dengan kartu debit juga loh! Malahan, beberapa waktu ke depan  akan mendukung juga pembayaran dengan kartu kredit. Walaaa... Makin banyak saja ya pilihan yang ditawarkan pada kita yang makin mempermudah melakukan pembayaran. SPOTS ini bakalan jadi mesin EDC pertama yang memiliki 3 opsi dalam melakukan pembayaran. Go-Pay sudah pasti bisa, eh ditambah bisa dengan kartu Debit dan Kredit pula. Mantab betul!

6 Fitur Kece SPOTS 

Oh iya... Mesin EDC Gopay SPOTS sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada berbagai fitur yang ditawarkan dari mesin EDC gopay SPOTS, di antaranya:

·         Mengatur menu


Sumber foto: Spots/Website


Kamu bisa memasukan menu secara manual atau mengimpor menu GoFood pada mesin EDC Gopay ini. Kamu juga bisa dengan leluasa mengatur kategori menu yang ada di restoranmu, jumlah menu, foto, dan harga sesuai kebutuhan.

·         Terima Pesanan Go-Food


Sumber foto: Spots/Website


Ada notifikasi realtime setiap pesanan GoFood yang masuk dalam mesin EDC Gopay ini jika kamu sudah mendaftar sebagai patner GoFood. Jadi lebih menghemat waktu sehingga pesanan dapat dipersiapkan sebelum driver tiba. Jadi konsumen tidak perlu menunggu waktu lama untuk setiap pesanan yang dipesan.

·         Terima Pembayaran Go-Pay dan Kartu Debit


Sumber foto: Spots/Website

Beragam pilihan metode pembayaran ditawarkan. Konsumen bisa bebas memilih untuk melakukan pembayaran dengan Gopay maupun kartu debit. Jika menggunakan Gopay, konsumen hanya perlu memindai Kode QR dan dana akan langsung masuk ke akun Gopay pemilik usaha. 





Sementara jika menggunakan kartu debit  hanya perlu dengan menggesek atau memasukan kartu milik konsumen setelah itu konsumen memasukan PIN kartunya dan pembayaran pun selesai dilakukan.

·         Mencatat ragam tipe pembayaran

Sumber foto: Spots/Website

Mesin EDC Gopay ini dapat mencatat dan mengetahui tipe pembayaran yang sering digunakan oleh pelanggan. Kian memudahkan sehingga proses transaksi pembayaran bisa lebih cepat.

·         Cetak Resi Instan



Pada perangkat mesin EDC Gopay SPOTS sudah dilengkapi dengan printer. Jadi bisa langsung mencetak resi transaksi pembayaran tanpa perlu mesin tambahan.

·         Dapatkan Laporan Harian

Sumber foto: Spots/Website


Pemilik usaha dapat memonitor perkembangan omzet lewat rekap yang dapat dipantau melalui mesin EDC Gopay ini atau email yang dikirim setiap hari.


Manfaat Penggunaan SPOTS

Beragam fitus sudah dibahas, sekarang ada manfaat dari penggunaan SPOTS bagi transaksi pembayaran. 3 Manfaat yang dapat diperoleh dala penggunaan SPOTS adalah sebagai berikut:

1.      Kenyamanan Memonitor Usaha

Tanpa perlu banyak mesin. Hanya perlu satu perangkat mesin EDC gopay SPOTS ini, wirausahawan dapat melihat  pesanan dari konsumen dengan mudah. Baik itu pesanan yang masuk dari GoFood maupun yang memesan di tempat.

2.      Mudah dan aman menerima pembayaran

Dalam satu mesin EDC Gopay ini tidak hanya menerima pembayaran dengan metode GoPay, tetapi juga dengan metode pembayaran lainnya. Salah satunya dengan kartu debit. Benar-benar anti ribet!

3.      Tidak perlu melakukan perhitungan manual

Perhitungan pada transaksi pembayaran yang ada pada mesin EDC Gopay ini sudah otomatis. Lebih praktis untuk memantau  omzet dan merekap transaksi yang dikirim setiap hari.


Harga SPOTS

Setelah mengetahui informasi seputar SPOTS termasuk beragam fitur yang integratif dan berkualitas beserta manfaat dari penggunaan layanan ini, teman-teman juga pasti ingin mengetahui informasi harganya kan? Nah, Kamu tidak perlu khawatir karena harganya sangat terjangkau, lho! Cukup membayar Rp490.000 untuk biaya pendaftaran awal.  Biaya ini sudah termasuk perangkat kasirnya, jadi kamu tidak perlu membeli tablet dan printer secara terpisah lagi. Selanjutnya, setelah aktif dan digunakan, kamu hanya perlu membayar Rp4.900 perhari. 

Kesimpulannya, jika ada 6 fitur keren yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau dalam 1 perangkat mesin EDC saja, sudah pasti saya lebih memilih SPOTS. Kamu juga kan? :)

You Might Also Like

24 comments

  1. Semoga makin banyak ya merchant2 di kota2 kecil yg memakai Spots. Jadi gak perlu repot bawa2 uang tunai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kak. Aku juga berharap hal yang sama karena SPOTS memang memudahkan transaksi pembayaran. :)

      Delete
  2. Ngebantu banget sih ini ๐Ÿ˜. Ngebantu baik untuk pelaku usaha ataupun konsumennya. Semoga lebih banyak lagi yg pake spots, jadi transaksi lebih gampang dan ga ribet sama tunai ๐Ÿ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sangat membantu. Aamiin. Semoga makin banyak usaha yang pakai spots biar transaksi jadi lebih gampang ๐Ÿ˜Š

      Delete
  3. Makasih info nya,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Senang jika info spots ini bisa bermanfaat ya, Mas๐Ÿ˜Š

      Delete
  4. Canggih juga SPOTS ini, memudahkan customer melakukan pembayaran untuk apa pun. Terima kasih sudah berbagi informasi tentang ini,Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, Mbak. Senang jika informasi spots dapat bermanfaat. Aamiin. Semoga semakin banyak konsumen yang merasakan manfaatnya.๐Ÿ˜Š

      Delete
  5. Satu hal yang harus diperhatikan kalau pakai mesin macam ini, sinyal di storenya biar gak offline yaaa kak, akupun senang banget sama mesin macam ini, jadi lebih mudah hidup heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya betul, Kak. Moga sinyalnya selalu stand by. Aku pun senang kak. Memudahkan banget sih spots tuh.๐Ÿ˜Š

      Delete
  6. Wah ngga worry nih kalau saldo gopay ternyata tinggal dikit yah, bisa pakai kartu juga jadi cashless makin gampang ya kak. Fiturnya keren2 juga untuk mesin sekecil itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, Kak. Udah gak worry lagi. Sebagai generasi cashless bermanfaat banget sih dengan hadirnya spots ini๐Ÿ˜Š

      Delete
  7. SPOT tidak hanya memermudah penjual, tapi juga mas gojek, ya. Benar juga sih. Kebanyakan kan dana ngojek mereka dibayar secara virtual, belum lagi prosesnya cepet kalau pakai SPOT.
    Semua diuntungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, Mbak. Memudahkan semuanya. Konsumen dan mas gojek juga. Semua jadi merasa lebih diuntungkan dengan hadirnya spots๐Ÿ˜Š

      Delete
  8. Sepertinya di beberapa gerai yang sering aku kunjungin udah ada mesin spots ini mbak. Kalau buat penjualnya lebih memudahkan dalam menghitung keuntungan, kalau buat pelanggan kyknya lebih mempermudah proses transaksi gtu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak di Jabodetabek udah mulai banyak yang pakai Mbak, tinggal menunggu merata menyeluruh di berbagai daerah. Biar pengusaha dan pelanggan merasakan manfaat penggunaan spotsnya kak๐Ÿ˜Š

      Delete
  9. Spots ini cocok untuk yg jualan ya. Praktis gitu. Paling suka sama fitur cetak transaksinya. Kalau belanja biasanya suka lupa harganya berapa. Dg adanya struk bisa dilihat kembali untuk mengetahui uang yg dihabiskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak. Aku pun tim yang suka ngumpulin struk dan liat-liat lagi setelah selesai belanja. Iya kak cocok untuk jualan dan juga konsumennnya๐Ÿ˜Š

      Delete
  10. kemudahan bertransaksi membuat orang senang berbelanja. EDC sekarang sudah bertransformasi dengan lebih mudah dan kaya fitur. Bye bye uang tunai, cukup dengan gesek atau tempel maka semuanya akan beres

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak. Sekarang makin mudah dan kaya fitur. Dan satu mesin edc spots sudah bisa untuk berbagai metode pembayaran. Lebih mudah dan praktis.๐Ÿ˜Š

      Delete
  11. Beberapa kali pernah nih ketemu tempat makan yang menggunakan SPOTS dan prosesnya tuh simpel banget dan tidak ribet sama sekali kita pun yang bayar cukup scan aja dengan aplikasi GoJek, pastikan ada isinya ya saldo gopaynya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak sekarang juga sudah bisa selain gopay kak. Kalau saldo gopay habis, tinggal bayar pakai debit. Kayak aku๐Ÿคญ

      Delete
  12. Seru banget yaa...kalau jalan-jalan zaman sekarang uda gaperlu lagi bingung cari pinjeman temen buat bayarin. Cukup pakai GoPay dan ada mesin SPOTS yang canggih membantu para customer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul kak. Bisa pakai gopay dan debit yang kita miliki. Jadi tanpa perlu uang tunai apalagi minjem temen udah bisa deh bertransaksi dengan lancar๐Ÿ˜Š

      Delete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar yang relevan dengan isi postingan saya ya sebagai bentuk apresiasi agar saya tetap semangat menulis.
Sekali lagi terima kasih! ♡

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe