Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Tangsuyuk Ayam Jamur Pedas Asam yang Mudah Dibuat


Halo, Temans! Di postingan kali ini aku mau cerita sekaligus bakalan membagikan resep masakan yang cukup mudah dan simpel. Jadi, bisa kamu coba juga di rumah! Rencana aku akan membuat Tangsuyuk Jamur Pedas, supaya mendapatkan rasa asam yang segar dan natural, aku menggunakan nanas yang aku beli di Sayurbox yang jadi toko buah terdekat online langgananku.


Semua ini berawal dari saat rehat setelah bekerja, aku menonton salah satu variety show bertema makanan. Mataku enggak bisa lepas dari salah satu menu hidangan yang dimasak oleh para Backpacker chef yang ditantang membuat sebuah hidangan dalam jumlah porsi tertentu saat berkunjung ke satu daerah.


Nah, hidangan itu salah satunya ternyata Tangsuyuk! Salah satu menu masakan Tiongkok yang populer di Korea. Biasanya menu ini dijual di restoran Tiongkok bersama Jajangmyeon dan Jjampong.


Orang Korea biasanya memesan Tangsuyuk selain Jajangmyeon sebagai pelengkap menu. Berhubung di Indonesia aku belum pernah denger ada yang jual menu ini yang bisa aku komsumsi akhirnya aku buat sendiri saja di rumah.


Alhamdulillah, cara bikinnya ternyata cukup mudah, apalagi bisa belanja lengkap semua bahan di Sayurbox. Jadi, ndak perlu ke toko buah terdekat di sini. Apalagi kalau lagi butuh segera mungkin, Sayurbox paling aku andalkan untuk menyediakan kebutuhan bahan makanan untuk masakan atau pun kebutuhan harian.


Yuk, langsung aja simak resep Tangsuyuk Jamur Asam Pedas ala Korea yang bahan makanannya aku beli dari Sayurbox.



Resep Tangsuyuk Jamur Asam Pedas yang Mudah Dibuat dan Enak



Resep Tangsuyuk Ayam Jamur Pedas Asam yang enak dan mudah dibuat



Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak Tangsuyuk


Inilah bahan-bahan yang dipakai untuk membuat Tangsuyuk Ayam Jamur Pedas Asam yang hasilnya bisa untuk 3-6 orang. Berikut ini bahan-bahan yang digunakan dalam resep Tangsuyuk Ayam Jamur Pedas Asam ala mitaoktavia.com:


Belanja di Grocery Store dan Toko Buah Terdekat untuk Bahan-bahan tangsuyuk ayam jamur pedas asam yang mudah dibuat



■ 500 gr dada ayam๐Ÿ” fillet (ini bisa di sekip ya kalau misalnya kamu pengen bikin yang versi vegan)


■ 250 gr jamur tiram (ini optional, bisa dipakai bisa skip. Serta kalau kamu Vegan, bisa fokus di sini dengan memperbanyak bahan Jamur Tiramnya๐Ÿ‘Œ๐Ÿป)


■ 1 butir telur, cukup pakai putih telurnya saja 


■ 1 buah wortel ukuran besar, potong memanjang


■ 8 cabe rawit merah (bisa juga pakai paprika)


■ ½ butir bawang bombay atau bisa disesuaikan dengan jumlah porsinya ya๐Ÿ‘Œ๐Ÿป


■  150 gr jamur kuping


■ 1 buah timun jepang kyuri (bisa pakai timun biasa juga kok)


■ 4 batang daun bawang (atau secukupnya sesuai selera)


■ 1 buah nanas madu, potong dadu (ini juga optional, tapi bisa bikin rasa asam yang fresh)


■ 150 gr tepung maizena


■ 6 sdm tepung tapioka



Bumbu Masakan & Saus untuk Tangsuyuk Ayam Jamur Asam Pedas


■ Garam secukupnya, sesuaikan dengan selera


■ Lada bubuk putih secukupnya, sesuaikan dengan selera juga


■ Kecap Asin secukupnya


■ (optional) bila enggak ingin menggunakan buah nanas, bisa tambahkan bumbu saus asam manis kemasan. Berhubung aku sudah pakai buah nanas, jadi aku skip bumbu saus asam manis ini.




Cara membuat Tangsuyuk Asam Jamur Pedas Asam


● Siapkan semua bahan, mulai dari dada ayam hingga sayuran, buah nanas, dan bumbu. Cuci bersih ayam, sayuran, dan buah


● Campurkan 8 sdm tepung tapioka, kemudian campurkan air secukupnya. Kemudian, aduk tepung tapioka dan air hingga nggak ada lagi bagian tapioka yang menggumpal. Diamkan 15 menit hingga tapioka mengendap dan terpisah dari air. Setelah itu, bisa sisihkan airnya. Jadi, yang akan dipakai endapannya saja nanti.


● Siapkan satu wortel, satu timun, 250 gr jamur kuping, 4 batang daun bawang, 1/2 buah bawang bombay, 8 buah cabai rawit merah, dan satu buah nanas. Iris semua bahan ini.


● Potong dada ayam memanjang seukuran kira-kira 2 cm, atau satu suapan. Bisa juga dipotong dadu, tapi usahakan jangan terlalu besar potongannya. Setelah itu, lumuri ayam dengan garam dan lada bubuk putih hingga merata. Campurkan perlahan-lahan, lalu diamkan beberapa saat hingga garam dan lada meresap.


● Siapkan 4 sdm tepung maizena dan masukan ke wadah ayam yang telah dipotong dan dibumbui. Campurkan merata semuanya.

Langkah ini bisa diulang untuk adonan jamur tiram yaa


● Pisahkan putih telur dan kuning telur. Ambil putih telurnya saja, masukkan ke dalam endapan tepung tapioka. Campurkan semuanya.


● Masukkan ayam & jamur tiram yang telah dibalur tepung maizena ke campuran tapioka dan telur secara bergantian. Bisa juga tambahkan adonan tapioka kering bila adonan ayam & jamurnya masih terlalu basah.


● Setelah itu, siapkan wajah yang sudah dituang minyak, dan goreng adonan ayam dan jamur. Saat menggoreng bisa dilakukan satu persatu. Pertama bisa goreng ayamnya terlebih dahulu dalam minyak panas di api sedang hingga kecoklatan, angkat kemudian tiriskan. Lakukan hal yang sama pada jamur tiramnya.


Karena proses penggorengannya cukup lama karena ada 500 gr ayam + 250 gr jamur tiram. Aku memanfaatkan waktu dengan membuat saus Tangsuyuk di kompor sebelah. 


● Untuk saus tangsuyuk yang pedas, asam, dan sedikit manis. Pertama masukkan sedikit minyak, masak dalam api sedang. Setelah minyak panas, tumis bawang bombay hingga layu, dan berbau harum.


● Setelah bawang bombaynya layu, masukan kecap asin secukupnya. Kemudian masukkan wortel. Tambahkan air secukupnya. Lalu bumbui dengan garam, lada, penyedap rasa, dan gula secukupnya. Biarkan wortelnya dimasak sebentar sampai sedikit layu.


● Masukkan cabai, aduk-aduk sebentar, dan tambahkan jamur kuping dan timun yang telah dipotong. Aduk-aduk, lalu diamkan sebentar.


● Tambahkan tepung 2 sdm maizena yang telah dilarutkan dalam air matang, kemudian tambahkan ke dalam sayuran yang sedang dimasak. Aduk-aduk perlahan dan koreksi rasanya agar bisa ditambahkan bila masih kurang bumbunya.


● Bila semuanya sudah pas, masukkan potongan nanas madu aduk sebentar kemudian tambahkan daun bawang yang telah dipotong. Aduk sebentar dan saus Tangsuyuk telah siap dihidangkan.


● Masukkan ayam tepung yang telah matang ke piring saji kemudian siram saus sayuran di atasnya.


● Sajikan ayam tepung dan jamur tiram tepung ke piring lain, lalu atur di pinggir. Setelah itu bisa dituang saus dan sayuran di pinggirnya.


Tangsuyuk Ayam Jamur Pedas Asam yang enak mudah dibuat di rumah


● Selesai! Ada 2 piring Tangsuyuk Ayam Jamur Pedas Asam yang tersaji di meja makan. Sajikan dengan nasi  hangat dijamin lebih nikmat!๐Ÿ˜





Sayurbox Jadi Grocery Store dan Toko Buah Terdekat Online Andalan Keluarga 



Belanja dari Sayurbox toko buah dan grocery store online andalan keluarga



Sayurbox merupakan platform grocery store online yang menyajikan kebutuhan harian kita yang lengkap. Enggak cuma sayuran dan buah-buahan serta produk bahan segar. Di sana, ada pula produk-produk makanan kemasan juga. Apalagi sekarang di Sayurbox juga ada kebutuhan lain mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga, seperti sampo dan sabun hingga pewangi dan pelembut pakaian. Apalagi pilihan pembayaran di Sayurbox juga banyak, jadi bisa dipilih yang sesuai kebutuhan dan keinginan.


Fitur unggulan Sayurbox seperti Sayurtunai yang memungkinkan kamu membayar langsung setelah mengecek keadaan produk. Ada juga Sayurfluencer untuk kamu yang ingin lebih cuan cuma rebahan! Ada juga Sayurpoin yang bisa kamu kumpulkan setelah belanja lalu ditukarkan dengan voucher belanja!


Selain itu, Sayurbox juga memberikan pelayanan yang optimal. Dulu pengiriman akan membutuhkan waktu untuk sampai. Ada satu yang paling cepat pengiriman dari grocery store online Sayurbox ini di satu hari yang sama (same day). Namun, kini kamu bisa menikmati layanan Sayurkilat, yakni pengiriman super cepat! 

Satu jam pengiriman sampai sejak konfirmasi pembayaran!


Sejauh ini layanan ini memang baru menjangkau beberapa wilayah di Jabodetabek dan Surabaya, tapi mari doakan bersama semoga kedepannya Sayurbox bisa menjangkau hingga seluruh Indonesia.



Pengalaman Belanja SayurKilat dari Sayurbox yang cepat


Pengalaman Mencoba Sayurkilat dari Sayurbox


Mencoba berbelanja dengan Sayurkilat dari Sayurbox jadi pengalaman baru yang menarik. Layanan dari fitur unggulan Sayurkilat ini soal kecepatan dan ketepatan waktunya aku acungi jempol๐Ÿ‘๐Ÿป

Apalagi kualitas produknya pas sampai juga baik. Jadi, enggak mentang-mentang kilat, terus asal yang penting cepat sampai aja. Namun, ternyata kualitas produknya juga diperhatikan, seperti ayam yang aku beli dalam keadaan beku dan sayur-sayurannya masih dalam keadaan yang fresh!


Nah, untuk bisa menggunakan fitur Sayurkilat ini, kamu harus memperhatikan syaratnya juga yaa, seperti jam pemesanan, wilayah jangkauan, dan perhatikan juga icon produk yang ada di aplikasi atau website. Untuk bisa dibeli secara kilat ada tanda seperti icon petir (⚡) di produknya.


Untuk jam pemesanan dari Sayurkilat Sayurbox ada 2 kategori waktu berdasarkan wilayah, yaitu:


1. Untuk wilayah Tebet, Pejaten, dan Jakarta Barat bisa dilakukan dari jam 06.00 hingga 24.00 WIB.


2. Untuk wilayah di luar dari 3 wilayah di atas, termasuk Bogor, Depok, dan Bekasi bisa dilakukan dari jam 06.00 hingga 18.00 WIB.


Jadi, perhatikan baik-baik waktu pemesanannya yaa jangan sampai memesan di luar dari jam itu. Misalnya terlalu pagi atau malah mepet-mepet mendekati waktu tutup pelayanannya.


Nah, bila ternyata produk yang kamu pesan enggak ada, maka pengembalian dana berupa voucher belanja yang akan masuk dalam 3 x 24 jam yaa. Bila lebih dari itu, bisa langsung menghubungi layanan Customer Service dari Sayurbox untuk dibantu penanganan masalah pengembalian dananya.



Fitur baru nebus murah Sayurbox yang lebih murah dari toko buah terdekat

















Selain fitur unggulan Sayurkilat, di Sayurbox juga menawarkan keunggulan Tebus Murah buah-buahan, salah satunya kelengkeng yang bisa ditebus seharga seribuan saja. Rasanya lebih untung bila dibandingkan beli langsung di toko buah terdekat yang belum tentu selalu dapet harga promo. Periode tebus murah ini dari 15 - 17 Agustus kemarin ada Kelengkeng Import 250gr seharga Rp1.700 dari 10.900.


Tenang, teman-teman! Fitur ini masih ada periode selanjutnya yang berlangsung hingga 31 Agustus 2022 kok! 

Periode tebus murah periode kedua, ada Strawberry Sweetheart 123 gram yang bisa ditebus murah seharga Rp1.000 dari harga Rp23.800. Jangan sampai kelewatan yaaa, mulai 22 Agustus hingga 31 Agustus 2022! 


Pokoknya yaaa dengan minimal belanja Rp190.000 untuk wilayah Jabodetabek dan Rp200.000 untuk wilayah Surabaya, kamu sudah bisa membeli buah-buahan segar berkualitas dengan harga murah!


Yuk, langsung cobain fitur andalan dan beragam benefit menarik dari grocery store kepercayaan kita Sayurbox! Buat kamu yang jadi punya ide masak resep Tangsuyuk Ayam Jamur Pedas Asam juga, bisa nih langsung belanja bahan-bahannya di sayurbox.com dari website atau dari aplikasi Sayurbox aja!


38 komentar untuk "Resep Tangsuyuk Ayam Jamur Pedas Asam yang Mudah Dibuat"

  1. Ini kuliner beberapa kali aku liat di Drakor ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„. Kepeeengen sih tapi Krn kebanyakan pakai pork, malah ga jadi2 cari resep yg versi ayam. Eh skr malah ketemu resepnya ๐Ÿ˜„. Kebayang ini pasti seger Krn pake nenas ya mba. Mau aku cobain ah, buat resep rumah minggu depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang sering banget seliweran di tayangan Korea, Mbak. Ya daripada cum ngiler doang, tapi biangung belinya di mana. Apalagi iya gak semuanya bisa dimakan krn bahan2 tertentu, jadi mending bikin sendiri aja. Apalagi ternyata cukup mudah bikinnya. Iya, seger banget, apalagi nanasnya masih seger krn dimasukkannya terakhir jadi masih krenyes banget. Pun setelah diangetin pun rasa segernya masih enak banget. Apalagi ditambah rasa manis alami dari buah nanasnya. Beuh, makin enak

      Hapus
  2. Wah kalau daku datang dadakan ke kediamannya mbak Mita secara dadakan sepertinya bakal disediakan Tangsuyuk ayam jamur nih. Soalnya Mbak Mita ini punya andalan grocery yang gercep...
    Jadi gak bakalan kebingungan buat menghidangkan makanan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kak Fenni, gak bingung masak2 nih kalo ada grocery store online andalanku yg selalu siap sedia

      Hapus
  3. Wah jadi pengen coba nih Tangsuyuk Ayam. Baru dengar soalnya dan sepertinya enak ya karena bahan bahannya mudah dan murah juga. Beli di Sayurbox semua ada...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cobain, Mbak Amah. Apalagi di sayurbox semua tersedia. Jadi gak pusing mikirin bahan2nya nih tiap masak. Hihi

      Hapus
  4. Aku baru tahu tentang resep ini.. Kelihatannya enak ya Tangsuyuk... Tapi emang sih mau itu reality show maupun drama korea, semuanya kalau lagi acara makan-makan tuh suka bikin ngiler hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya juga juarak, Kak Diaz. *agak memuji masakan sendiri, gapapa lah ya* ๐Ÿ˜‚

      Iya bener acara2 yg kutonton tiap ada scene yg makan2nya tu enak banget bikin ngiler๐Ÿฅฒ

      Hapus
  5. Jadi penasaran pengen ikutan masak tangsuyuk ayam jamur pedas. Sumpah baru tahu namanya mbak. Berkat Sayurbox sekarang belanja kebutuhan makin mudah ya, bahkan makin cepat sampai. Kebutuhan yang dijual melalui Sayurbox pun juga fresh jadi gak khawatir mendapatkan barang yang kadaluwarna atau sayuran yang tidak segar ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cobain mbak dari resepku, bisa disesuaikan juga sih porsi dan bahannya apalagi bikinnya juga mudah. Iya mbak fresh bahan2nya. Jadi enak juga masaknya

      Hapus
  6. Bahaya nih, lihat masakan enak pas malam hari dan udah rebahan hahaha, perutnya berontak kaaak. Untung ya sekarang kalau mau masak cepet tapi males belanja, tinggal pesen di Sayurbox aja cepet kelaar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun, aku banget juga nih gak bisa liat foto2 makanan enak hihi apalagi udah malem. Boleh dicoba juga bikin sendiri kak pas hari libur nanti. Nah, apalagi belanjanya bisa sat set sat set di sayurbox

      Hapus
  7. Baru tau aku mbak makanan Tangsuyuk. Enak bgttt keliatannya. Nyontek resepnya ya mbaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget mbak. Selamat mencoba mbak๐Ÿ˜Š

      Hapus
  8. Wow bisa sampai 1k aja nebus murahnya mantap nih. Mana ada resep nih mbak mita..bisa di recook..anakku suka jamur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya loh, murah banget. Wah, senangnya. Iya boleh banget dicoba mbak untuk anaknya. Semoga suka dan cocok ya mbak

      Hapus
  9. Aku belum pernah nyobain makan tangsuyuk ini mbak
    Kok penasaran sama rasanya, kapan kapan mau recook resep ini ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu mbak boleh banget direcook nih resepnya. Nanti spill hasilnya ya mbak๐Ÿ˜Š

      Hapus
  10. waah ada tebus murah buah-buahan. Cocok nih buat keluargaku yang doyan buah. Mayan kalau dapet tebus murah hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, sobat yang demen buah pasti seneng banget nih sama tebus murahnyaaaaa

      Hapus
  11. Wah jadi penasaran sama Tangsuyuk ini gimana rasanya. Mudah dibuat dan bisa dipraktekin di rumah asal bahan2nya lengkap. Bisa nih pesen nanas di Sayurbox juga, lebih fresh pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak dicobaa, bahan2nya juga bisa disesuaikan dan bisa langsung pesen dan dianter sama sayurbox

      Hapus
  12. wah bahannya ada semua di sayur box jadi makin praktis deh buat masak ini itu kalau belanjanya praktis gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak seneng banget belanja kebutuhannya dapur jadi serba praktis

      Hapus
  13. Kayak pernah baca, ternyata menu di drakor nih hahaha pake sayurbox beli sayuran macem2 jadi lebih gampang dan cepet ya mbak, apalagi kalau masih fresh gitu, yg masak juga nggak stress

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada di beberapa drakor mbak. Biasanya mereka suka pesan antar gitu, tapi karena gak tau yg jual cus aja langsung bikin sendiri dan iya fresh bahan2nya mbak

      Hapus
  14. Resepnya baru kutemukan nih. Tangsuyuk jamur ayam pedas. Ayam kan favorit keluarga. Bisa nih resepnya buat varian masakan. Biar nggak bosan makan ayam melulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak bisa jadi menu andalan keluarga yg baru nih. Apalagi ada kreasi dari bahan2 lainnya juga. Semoga suka ya mbak kalo udah recook

      Hapus
  15. Mauu....
    Rasanya menikmati ayam segar yang belanja dari Sayurbox yang aku kira cuma ada bahan makanan sayur dan buah segar aja. Memasak menu Tangsuyuk Ayam Jamur Pedas Asam jadi lebih mudah dan nyaman kalau belanjarnya di Sayurbox.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, Teh Lendy dicoba. Apalagi bahan2nya seger bisa beli di sayurbox nih jadi nyaman banget masak juga

      Hapus
  16. Baru denger ada resep masakan ini mb. Apalagi ada sayur box yg lengkap, bantu banget yg belanja dari rumah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak. Sangat membantu aku, apalagi yang suka BM-an ama makanan ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  17. Kreasi resepnya boleh juga nih mba, pakai bahan-bahan segar dari Sayur box buat cita rasa masakan makin enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak boleh dicoba nih mbak. Rasanya juga enak๐Ÿ˜

      Hapus
  18. Asik banget dengan adanya sayurbox ini gak perlu cape-cape ke pasar cuma pengin makan nanas ajah. Soalnya aku kalau buah dan sayur ini lebih suka beli sedikit-sedikit supaya tetap segar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, sayurbox juga jadi tokoh buah terdekat andalan juga. Jadi gak cuma bisa beli sayur dan bahan masakan, tapi buah2an juga.
      Nah, cocok kalau gitu mbak bisa pesen di sayurbox krn kita bisa sesuaikan jumlah bahan yg dibutuhkan

      Hapus
  19. nama resepnya unik mbak, tangsuyuk, jujurly aku baru denger.
    sekarang terbantu banget sama Sayurbox, kalau ga sempet keluar rumah buat belanja, bisa langsung meluncur ke Sayurbox ya. Plus belanja sayur malah bisa dapet promo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang unik nih mbak. Aku juga kalo gak dari tayangan korea yg kutonton juga gak akan pernah tau soal nama Tangsuyuk ini.
      Yess betul banget mbak. Praktis dan dapet promo juga. Apa gak makin happy tuh yaa

      Hapus