Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Lagu Berserah - Gamaliel dan Audrey

arti makna lagu berserah gamaliel audrey


Sebenernya Aku sering banget denger lagu ini dijadikan soundtrack ftv gitu, dari pertama kali denger pun aku sudah suka. Awalnya ya aku kira ini adalah lagu Tangga dengan judul "Cinta Tak Mungkin Berhenti", tapi setelah Aku denger musik dan liriknya baik-baik kok ternyata bukan ya? Haha salah deh aku. XDD
Terus aku coba inget-inget liriknya, terus yang aku inget cuma ada kata-kata “Berserah bukan berarti menyerah”

Dan aku akhirnya googling dengan keyword “Berserah bukan berarti menyerah” dan ketemu lah. Ternyata itu lagunya Gamaliel dan Audrey Tapiheru dengan judul Berserah.

Kemudian setelah denger keseluruhan lagunya Aku perhatkan kata-katanya bagus banget. Yaudah deh Aku coba penggal bait demi baik lirik lagunya dan mencoba menyelami arti makna lagu berserah ini.

Jadilah postingan ini ^^



Gamaliel & Audrey Tapiheru – Berserah 







Kapankah pelangi datang? 
Setelah redanya hujan

Pada kalimat diatas dapat diartikan adalah sebuah penantian. Pelangi bisa diartikan kebahagiaan dan hujan adalah kesedihan berarti secara keseluruhan arti kalimat itu adalah menanti sebuah kebahagiaan setelah kesedihan atau cobaan yang harus kita hadapi.


Begitupun gelap malam takan tetap takan diam akan pergi digantikan pagi

Bila dilihat, gelap malam bisa diartikan sebagai suatu cobaan sedangkan pagi adalah masa di mana kita telah melewati cobaan itu. Secara keseluruhan dapat kita artikan cobaan itu hanya bersifat sementara dan setelah melewati cobaan pastilah muncul suatu masa di mana kita telah berhasil melewati itu semua. Ada cahaya hangat kebahagiaan setelah cobaan yang kita hadapi.

Ada tangis, lalu ada tawa....

Kalimat d iatas menggunakan majas perbandingan (?), ketika ada kesedihan pastilah akan ada pula kebahagiaan. 

Ada manis, dibalik kecewa....

Manis disini mungkin dapat kita artikan sebagai suatu hikmah yang kita dapatkan setelah adanya suatu peristiwa yang memilukan dan membuat kita kecewa.

Begitulah biasanya, habis luka datang suka...

Masih ingat dengan kalimat  yang mengatakan habis gelap terbitlah terang?

Begitupun arti dalam kalimat itu yang berarti setelah kesedihaan dan luka yang harus kita alami pasti ada kebahagiaan yang menanti di depan mata kita.

setelah kegalauan pasti ada ke-move on-an #eaaaaa *abaikan*

Terimalah dengan hati yang rela...

Kalimat di atas bisa diartikan adalah sebuah keikhlasan. Iya, kita harus menerima semua yang terjadi dalam hidup kita dengan lapang dada.


Berserah pasrahkan semua, (pasrahkan semua) kepada Yang Kuasa....

Kalimat di atas berarti bentuk keikhlasan dan ketawakalan kita. Kayak semua hal yang sudah di luar kuasa kita, yaudah kita cuma bisa untuk melepaskan dan berserah diri kepada Sang Kuasa (Allah, Tuhan yang Maha Esa) atas apa pun takdir-Nya dan hal-hal yang terjadi dalam hidup kita. Kesedihan, kekecewaan, luka, pokoknya hal-hal yang tidak kita harapkan. Semua bagian dari cobaan hidup dari-Nya.

Beri yang terbaik sepenuh jiwa....

Kalimat di atas bisa diartikan sebagai bentuk tawakal kita. Lakukan yang terbaik dengan sungguh-sungguh dalam hal ini mungkin usaha dan doa.

Berserah bukan berarti menyerah, tapi tak henti percaya... bahwa kita pantas bahagia....

Kalimat di atas bisa diartikan kita ini memang sudah berserah. Namun, kita tuh bukannya menyerah. Ini bentuk ketakwaan kita juga pada Tuhan. Di dalam hati kita tetap percaya bahwa setiap manusia pasti mendapatkan kebahagiaannya masing-masing. Tuhan menciptakan semuanya berpasang-pasangan. Ada cobaan hidup, pasti ada pula kebahagiaan yang menyertai setelahnya.

***

Bahagia pasti bersama kita, bila jalani hidup dengan cinta

Kalimat di atas bisa diartikan bahagia sudah pasti mengiringi jika kita tetap menebar cinta dalam hati bukannya malah menyimpan dendam, kebencian, dan amarah. Cinta di sini tuh enggak harus identik sama pacar kok bisa ke orang tua, keluarga, sahabat, teman-teman dan semua orang.

Memberi dengan rela, terima dengan suka...

Kalimat di atas bisa diartikan memberi memang haruslah dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Memberi di sini bisa diartikan banyak hal :p
Kalau aku memaknai kalimat ini lebih kayak kita nih memberi maaf pada orang lain. Ikhlaskan semua yang sudah orang lain lakukan yang membuat hati kita terluka. 

Setia, sabar dan percaya....

Setia bisa diartikan juga konsisten.
Sabar bisa diartikan tabah, tegar.
dan percaya bisa diartikan kita teguh pada kepercayaan yang kita miliki.


Bisa aja ini kita harus sabar kalau diberi ujian hidup sama Yang Maha Kuasa, tapi kita harus terus setia berdoa dan memohon padanya. Di hati pun kita menyelipkan percaya kalau apa yang Allah berikan, segala ujian hidup itu tuh pasti enggak di luar batas kemampuan kita. Kalau kita diuji, Tuhan pasti yakin kalau kita pasti bisa menghadapi dan mengatasinya.

Mungkin itu arti makna lagu berserah yang aku perhatikan.

Arti dan maknanya cukup dalam kan?

Lagu ini memang identiknya sama lagu yang nyerempet-nyerempet soal percintaan dan patah hati abis itu move on tapi aku rasa liriknya begitu indah jika hanya dalam ruang lingkup itu saja. Karena makna dan artinya universal banget tentang bagaimana kita dapat bangkit dari suatu titik terburuk dalam hidup kita dan bagaimana kita berserah diri, ikhlas dan bersyukur atas nikmat apa saja yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Lagu yang cocok banget dijadikan salah satu motivasi. Dengan keindahan suara Gamaliel dan Audrey serta musik yang enak banget buat didenger dan liriknya pun begitu indah dengan pemilihan kata-kata yang terbilang sederhana namun ‘ngena’ banget maknanya.

Lagu ini memang muncul dan jadi lagu yang aku putar terus saat masa-masa suram aku. Galau karena abis putus cinta dan mengalami gelapnya masa-masa SMK. 


Sekian~ :3 

credit video from youtube 
Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

13 komentar untuk "Makna Lagu Berserah - Gamaliel dan Audrey "

  1. Indahnya lirik lagu itu ya :)
    selamat pagii......

    BalasHapus
  2. Uh, iya keren juga kalo dipikir" maknanya ya lagu gamaliel dan Audrey ini.. gak cuma galau tapi memberi semangat juga ye

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, mangkannya gue juga udah suka dari awal walaupun musiknya terdengar sedikit melow -_-

      Hapus
  3. oh lagunya gamaliel sama audrey ya ternyata, bagus lagunya.

    coverannya yang diyoutube juga keren-keren :D

    BalasHapus
  4. wew mantap, ini namanya bukan cuma mendengarkan lagu tapi ditelaah, liriknya pun ok, jadi kaya quote gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya haha biasanya di setiap lagu pasti ada maknanya dari segi lirik ataupun musik :D

      Hapus
  5. itu kan yang terkenal lewat video mereka di youtube kan?, hehe :D

    BalasHapus
  6. sejujurnya seingat saya belum pernah dengar lagunya.
    Tapi arti liriknya dalam.

    BalasHapus
  7. makasih banget ya yang udah ngepost makna lirik lagu ini, membantu banget untuk ngerjain tugasnya hehe:)

    BalasHapus