Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stop Plagiarisme!




        Setelah mengetahui bahwa salah satu tulisan saya yang berjudul "Senyuman di Senja itu"  ternyata di copas oleh orang lain tanpa sepengetahuan saya. dan berkat dari blog Alkhoirot.net yang memberitahu tentang bagaimana kalau artikel di copas (copy paste) dan bagaimana menanggulangi serta menghentikannya. Saya pun mencoba melaporkan blog terkait kepada tim google..

     Saat beberapa hari yang lalu saya mencoba membuka kembali blog terkait yang dengan sengaja (atau tidak) meng-copas tulisan saya dan saya menemui hal yang mengejutkan kalau saya tak menemukan  artikelnya lagi. Saya pun mulai berspekulasi, apakah laporan saya kepada google tim berhasil ataukah dia tidak mempublish tulisan saya kemudian mengembalikannya ke draft-nya sehingga tulisan saya yang di copas dan di publish dia lenyap seketika. Saya penasaran dan mulai mengecek e-mail. Siapa tahu ada balasan atas laporan saya dari tim google. dan ternya benar. Tim google pun menanggapi laporan saya. Berikut e-mail balasan dari tim google




















Ya, sekali lagi saya tegaskan.. memang tulisan saya sekedar tulisan biasa saja.. lempeng-lempeng aja.. gak ada maknanya.. tapi tulisan itu berharga sekali buat saya.. Tulisan itu dibuat atas dasar inspirasi yang datang ketika saya mengunjungi sebuah danau di daerah ciapus, bogor.. 

Perumpamannya begini ; saat kamu punya sebuah permen. permen yang kamu dapatkan atas kerja kerasmu sendiri. tiba-tiba di rebut oleh orang lain. bagaimana perasaan kamu? 

Saya yakin pasti kamu akan sedih dan marah serta kecewa karena merasa "Karya saya tidak di hargai sedikitpun" 

Iya, saya tahu.. Ada yang bilang bahwa, "Ya, kalo gak mau di copas gak usah naro di internet" 

tapi apakah itu jawaban yang paling benar? tentu tidak! 

orang-orang yang malas hanya ingin serba instant. Memanfaatkan kemajuan jaman. Mentang-mentang merasa 'gampang' karena tinggal pencet ctrl + c kemudian ctrl + v sudah bisa menghasilkan tulisan/artikel yang di inginkan.. sekali lagi itu salah.. 
Memang dunia internet tak lepas dari segala hal yang bersifat serba instant seperti copy -paste.. tapi apa salahnya saling menghargai satu sama lain? 
apa susahnya mencantumkan sumber? apa susahnya meminta izin? 

Ya, intinya gitu aja-- 


 Mohon maaf bila ada kesalahan
Terima kasih 

Xoxo
Mita Oktavia

Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

10 komentar untuk "Stop Plagiarisme!"

  1. Aduh jgn smpe deh...puisiku bgs2 soalnya **gubraks hehe....
    Skt ati bgt mbk,nulis atw cr inspirasi itu g gmpang lo....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mereka yang gemar menulis pasti merasakan hal yang sama bahwa.. menulis dan mencari inspirasi tidak semudah itu..

      hati-hati mbak, semoga kejadian ini tak terulang lagi kepada yang lainnya..

      Hapus
  2. tapi mbaknya juga harus bertrima kasih loh, karena dia akhirnya punya postingan tegas :D.
    dan blog ini juga punya anti copas :D.

    alhamdulillah, jadi pengalaman buat makin baik lagi kan akhirnya karena 'sesuatu' ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih ya ada hikmah dalam setiap musibah tapi tetep aja kesel mah ada XD

      Hapus
  3. copas ini memang hal yg paling nyebelin di dunia maya. apalagi klo yg dicopas itu berupa karya tulis, bkn sekedar tips2... menyadari hal itu, dr awal blog ku ud lgs di protect ga bsa copas,, hihi... wlpn ternyata ada jg org kurang kerjaan yg menulis ulang di blognya -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang menyebalkan sekali.. pas awal-awal buat blog ini tahun 2011 saya masih gaptek gak ngerti gimana caranya buat memproteksi blog. lagipula pada waktu itu saya pun mikir ; memang apa yang mau di copas dari blog saya? isinya gak jelas eh ternyata kecolongan duluan.. saya baru proteksi blog ini pada tahun 2012 lalu..

      eh itu serius? niat banget deh orang kayak gitu .___.

      Hapus
  4. Jadi, gimana caranya supaya nggak di copas yaa? dulu pernah ada caranya tapi saya lupa. Kamu tau? kasih tau dong. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya sedang pakai script anti copy, saya lupa script-nya apa coba googling nanti akan banyak sekali website yang menyediakan scriptnya tinggal kamu copy terus paste kan ke blog kamu terus simpen. saran saya, jangan pakai script yang anti klik kanan soalnya itu masih tetep bisa di copy. kalau script anti copy yang saya pakai ga bisa nge-block konten dan ga bisa di copy.. setidaknya lebih memproteksi blog saya kini.. semoga membantu :))

      Hapus
  5. Klo gto, Blog ini saya Bookmark yah...
    Coz, I Like It! ^_^

    BalasHapus
  6. makasih infonya
    salam Kabar hoax official

    BalasHapus