Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masa Depan?

Hallo, hallo~~ Selamat tahun baru 2015 yaa... Semoga semua yang baik-baik selalu menyertai kita semuanya. Aamiin :)


Sebenernya, hal ini lumayan bikin aku merenung sih dan pengen banget segera aku tulis dan aku ceritakan kepada kalian disini. Ya, buat jadi bahan pembelajaran bersama aja sih.

Beberapa hari yang lalu, aku nemenin Mama belanja ke Pasar. Sekalian mampir dulu ke suatu tempat karena aku ada urusan sedikit. Tidak ada yang spesial, tapi tunggu dulu! Ada hal menarik yang akhirnya bikin aku mikir. 

Saat melihat para penjual di Pasar aku jadi teringat sesuatu. Kios jualan mereka saling berdekatan bahkan tak sedikit yang menjual dagangan yang sama. Mereka saling promosi, setiap ada yang lewat pasti mereka menawarkan produk mereka agar dilirik pembeli. Kios-kios itu pasti ada pengujungnya, semua seakan rata dan tentu setiap kios memiliki rezekinya masing-masing.

Saat menyaksikan hal itu, tiba-tiba perasaan aneh muncul dalam hatiku. Kemudian muncul lah sebuah pertanyaan dalam pikiranku, "APA MEREKA TAU YA BAGAIMANA MASA DEPAN MEREKA? DAN AKAN SEPERTI APA HARI ESOK MEREKA?"


Kemudian aku tersenyum kecil, bagian lain dari diriku berkata, "Mereka tentu sama halnya denganku, dengan yang lainnya. Kita--manusia tidak tau akan seperti apa masa depan kita. Bahkan kita tidak akan pernah tau seperti apa hari esok. Semua adalah misteri takdir dari Tuhan.

Mereka hanya bisa melakukan yang terbaik untuk hari ini. Mereka berusaha keras agar apa yang mereka jual bisa laku, agar entah esok atau seterusnya mereka tetap bisa berjualan demi tetap melanjutkan hidup mereka. Mereka tidak terlihat takut. Di wajahnya tersiat sebuah harapan seakan percaya bahwa rezeki sudah ada yang mengaturnya. Tuhan sudah menyiapkan rezeki masing-masing bagi hamba-hambaNya.

Tentang keresahan akan masa depan
(cr. Javier Allegue Barros/unsplash)



Yup, mungkin bukan hanya aku yang takut akan seperti apa masa depan yang akan kujalani nanti. Terlalu memikirkan masa depan pun bisa membuatku lupa apa yang seharusnya aku jalani dan syukuri. Masa sekarang, masa di mana aku harusnya melakukan apapun hal terbaik yang bisa aku lakukan saat ini. Melakukan hal terbaik di masa sekarang bukan berarti aku abai akan masa depan, tapi bukan berarti aku harus merasa takut berlebih akan masa depan. 

Apa pun yang kupilih nanti, apa pun yang akan kujalani nanti biarlah itu tetap menjadi misteri. Aku hanya perlu tetap terus berjalan dan melakukan apa pun hal terbaik yang bisa kulakukan di masa sekarang ini. :)

Jangan biarkan ketakutan itu malahan jadi penghambat untuk kamu melakukan hal yang terbaik di masa sekarang. Serta menghambat kamu untuk meraih masa depan yang gemilang. Tuhan itu sudah mengatur rezeki umat-Nya masing-masing. Tinggal bagaimana dirimu; aejauh mana usahamu itu di masa sekarang yang tentu akan menentukan masa depanmu! :)

Ah, terima kasih, Allah--Tuhanku yang telah memberiku sesuatu yang berharga lewat para penjual yang kulihat di Pasar. Semoga rezeki mereka selalu lancar. 


Bagi kalian--siapapun yang merasakan hal sama denganku, masihkah kau takut dengan masa depanmu?

Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

8 komentar untuk "Masa Depan? "

  1. Bagaimana kita dimasa depan tergantung bagaimana kita mempersiapkan masa depan itu. Eh, tapi benar, jangan terlalu jadi beban juga. Hehe...

    Nikmati saja masa kini. Tapi tentu dengan tidak melupakan masa depan yang akan datang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Nur. Mempersiapkan dan jangan takut untuk melangkah maju ke depan. Makasih udah mampir ya :)

      Hapus
  2. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    BalasHapus
  3. Tentu tidak takut, kalo gue, menekuni kemampuan dulu agar dapat melihat sejauh mana masa depan itu terlihat cerah dengan berkarya sebanyak mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mempersiapkan, dan berusaha melakukan yang terbaik. :D

      Hapus
  4. blognya bagus, terutama artikelnya dan selalu update. aku suka mampir di sini. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, makasih ya udah berkunjung. Semoga betah :))

      Hapus