Review Drama Korea The Fiery Priest : Petualangan Mencari Kebenaran yang Berbalut Komedi – Aksi Penuh Makna

03:32





Drama korea The Fiery Priest ini adalah salah satu drama yang berhasil dibawakan oleh Kim Namgil dengan apik. Karakter yang dia bawakan juga kuat. Drama ini pun membawa pulang banyak penghargaan dalam ajang bergengsi SBS Drama Award 2019.

 Awal nonton drama korea The Fiery Priest, aku enggak berekspektasi gimana-gimana. Berbekal pemikiran, "oke keabisan stok drama korea sementara lagi enggak banyak ngikutin drama korea yang lagi on going. Enaknya nonton apa lagi ya buat menemani kegiatan #dirumahaja?" Terus inget menjadikan drama ini masuk dalam list. Walau tak kunjung dilihat karena banyaknya drama korea on going 2019 dan 2020.

Terus punya feeling kalau drama korea "The Fiery Priest" ini nampaknya seru buat ditonton. Pemikiran itu pun enggak muncul begitu aja. Berawal dari Aku nonton SBS Drama Award 2019 di akhir tahun lalu, terus ngeliat beberapa pemainnya menyabet beberapa penghargaan dan liat ekspresi pemainnya kok keliatan pada kompak.

Belum lagi drama ini yang membuat Kim Nam Gil bawa pulang penghargaan Daesang (Anugerah Utama) 2019. Dan kalau gak salah dalam pidato kemenangannya Kim Nam Gil bilang, kekompakan antara pemainnya kerasa banget dalam drama ini.

Melihat itu memang memang terasa. Seakan-akan mereka itu bukan sekadar rekan kerja, tapi emang sudah jadi bagian dari keluarga.

Dalam ajang penghargaan itu, para pemain The Fiery Priest mendapat  tempat dua meja. Satu meja berisi sekitar lima orang. Setiap salah satu dari mereka ada yang mendapat penghargaan, semuanya otomatis berdiri menghampiri untuk memberikan selamat dan ikut berbahagia. Keliatan banget saling mendukungnya. Dan berasa hangat aja gitu melihat rasa kekeluargaan mereka.

Nah sejujurnya pas 2019 lalu drama ini pertama kali muncul Aku sempet enggak tertarik gitu. Abisan saat itu lagi males dan cape duluan liat drama yang episodenya panjang-panjang. Ini drama sebanyak 40 episode dengan durasi  tayang 30 menit per episode.

Anggap saja jadinya 20 episode sekali tayang karena umumnya drama korea tayang berdurasi satu jam. Jumlah episode segitu tuh bagi Aku sudah banyak. Belum lagi saat itu daftar drama korea tontonan Aku lagi banyak deh.

Setahun berlalu sudah sejak drama korea The Fiery Priest tayang. Berkat #diamdirumahaja akhirnya kesampaian juga nonton drama korea ini. Setelah Crash Landing on You tamat, enggak banyak drama korea on going yang Aku ikuti. Hanya beberapa drama, sebut saja The Crused Crush, Tell Me What You Saw, dan Hi, Bye Mama! . Paling dikombinasikan dengan tayangan variety show-nya saja. Semua drama itu pun sudah tamat, kecuali Hi, Bye Mama! yang masih on going.

Ada cara tersendiri menentukan drama yang ditonton apakah cocok atau tidak dengan seleraku. Cukup menonton lima episode awal dari drama yang ingin diikuti. Kalau memang cocok, pasti enggak susah buat langsung suka, bahkan langsung jatuh cinta. Cara ini juga lumayan efektif menurutku. Kok bisa menemukan cara ini? Sejujurnya Aku pun tidak tahu. Hahaha. Sepertinya cara ini akhirnya hadir sendiri seiring pengalamanku menjadi penyuka setia karya-karya drama dari Korea Selatan.

Menonton lima episode drama korea The Fiery Priest, Aku pun langsung cinta!

AKU SUKA BANGET SAMA INI DRAMA KOREA! Enggak paham lagi. Membekas banget pula dramanya buatku. Aku yang jarang banget bisa ketawa kalau nonton drama korea segimana orang-orang bilang itu lucu. Aku tetep lempeng datar aja pas nonton, sesekali doang ketawa (terjadi di drama Waikiki). Cuma ini drama doang yang bikin Aku ketawa. Dari kadar yang cuma "ehehehe" doang sampe "HAHAHA".

Entah karena drama korea ini beneran lucu atau karena kadar kerecehanku sudah balik lagi.  Entahlah. Tapi, aku sukaaaa cara drama ini diam-diam menyelinap masuk ke dalam hatiku. #eaaak

***

Profil Drama

Nama Drama       : The Fiery Priest (Judul Bahasa Inggris) / Hot Blooded Priest (Judul Literal)
Sutradara              : Lee Myung Woo
Penulis Naskah     : Park Jae Bum
Jaringan Tayang   : SBS
Jumlah Episode    : 40 Episode
Genre                   : Komedi – Aksi
Tanggal Rilis        : 15 Februari – 20 April 2019
Waktu Tayang      : Jumat & Sabtu




Sinopsis Drama Korea The Fiery Priest

Drama korea ini bercerita tentang seorang pastor bernama Kim Hae Il (Kim Nam Gil) yang walau pun jadi seorang pastor, tapi dia ini sulit banget buat mengendalikan amarahnya. Bukan tanpa sebab dia jadi begitu, tapi ada sebuah kejadian di masa lalunya yang mendasari dia jadi punya sifat dan karakter seperti itu.

(Yes, Aku enggak akan spoiler! Tenaaang ajaaa! :p)

Terlepas dari sifat pemarahnya, Pastor Kim ini juga bagai peri yang bisa membawa keajaiban bagi orang-orang di sekelilingnya. Setiap yang dia lakukan itu pasti berimbas ke orang lain.

Suatu hari ada kejadian di 'kampungnya', membuat dia kembali menemui Pastor senior yang sudah dianggap seperti bapak sendiri di Kota Gudam. Belum lama di sana, terjadi sebuah insiden berdarah yang memilukan. Pastor Lee Young Joon (Jong Dong Hwan) ditemukan tewas. Kematiannya menyisakan banyak misteri.

Tak berselang lama setelah kejadian itu, ada skandal yang terjadi dan membuat Gudam jadi gonjang-ganjing. Pastor Kim ini merasa curiga karena kematian Pastor Lee seperti banyak potongan teka-teki yang harus dipecahkan.

Di sisi lain ada Park Kyung Sun (Lee Ha Nee), seorang Jaksa yang pintar dan ambisius. Dia selalu ingin menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Semacam punya reputasi baik dan disegani. Jaksa ini juga jemaat Gereja di tempat Pastor Lee berada.

Pastor Kim yang penasaran pun menyelidiki kasus kematian Pastor Lee. Saat mulai menyelidiki, dia bertemu dengan bebearapa orang. Tentu dengan tujuan mencari tahu kejadian yang sebenarnya. Pastor Kim pun bertemu dengan Jaksa Park.

Selain bertemu Jaksa Park, ada juga ada Deketif Koo Dae Young (Kim Sung Kyun), Detektif Seo Seung A (Geum Sae Rok), dan detektif lain yang bertugas meyelidi kasus kematian Pastor Lee di kepolisian Gudam.

Semakin menyelidiki kasusnya, ada temuan serpihan kebenaran. Muncul banyak tokoh yang terlibat kayak Pastor Han Sung Kyu (Jeon Sung Woo), Suster Kim In Kyung (Baek Ji Won), Ssongsak (Ahn Chang Hwan), dan Oh Yo Han (Ko Kyu Pil).

Dimulailah sebuah petualangan  seru mencari tahu kebenaran atas kasus kematian Pastor Lee. Akan muncul banyak kejadian-kejadian menarik selama mereka berusaha menyelidiki kasus itu bersama-sama. 

Menarik, seru, penuh aksi, dan tidak ketinggalan ada unsur komedinya pun menghibur sekali!

     
     Pemeran Drama The Fiery Priest






(sumber gambar : tangkapan layar dari Asian Wiki)



Review Drama Korea "The Fiery Priest"

Ini drama tergolong punya banyak banget tokohnya. Tapiii, Aku merasa semua tokohnya punya porsi yang pas dan penting. Enggak cuma jadi pendukung aja, sekali pun memang pemeran pendukung. Kesannya tuh kehadiran mereka semua tetap penting dan menjalin benang merah keterikatan dari satu peristiwa ke peristiwa yang lain.

Biasanya formula dalam drama korea itu, misal nih ada 3 pemeran utama, yaudah dah tuh berkutat di situ-situ saja. Di mereka-mereka tokoh utama saja. Selebihnya kayak selewatan saja, jadi pemanis kisah tokoh utamanya. Esensi kehadiran mereka jadi samar.

Dalam drama korea "The Fiery Priest" ini, kesan berbeda berhasil kudapatkan. Semua pemerannya, mau pemeran utama atau pendukung sama-sama penting. Saat satu pemain aja enggak ada tuh kayak ada yang kurang. Istilahnya "enggak ada lo enggak rame!" 😂

Dari segi ceritanya tergolong segar. Sepanjang sejarah Aku menonton banyak drama korea berbagai genre dan cerita, baru kali ini nemu drama yang cukup unik dan beda. Baik dari segi tema, konsep, bahkan karakter tokoh para pemainnya.

Walau sudah ada beberapa drama korea yang menggabungkan cerita seorang tokoh agama dan detektif kayak dramanya Kim Jae Wook yang judulnya The Guest. Aku merasa drama korea ini tetap terasa beda dan segar. Mungkin karena unsur aksi dan komedinya yang menyenangkan.

Berdasarkan pengalamanku, kalau drama yang bersinggungan sama detektif yang komedinya banyak mah baru ini doang. *CMIIW, mungkin kamu ada rekomendasi drama dengan tema yang serupa. Please, kasih tahu aku, ya! ;)*.

***


Banyaknya komedi dalam drama The Fiery Priest ini, aku jadi mikit kalau cerita aksi dan misterinya cuma tempelan doang masa, sisanya mereka kayak lagi main sketsa komedi. Hahaha. Abisan masa sih lucu mulu, ya ampun!

Menonton drama korea ini, enggak sulit untuk membuatku jatuh hati pada para pemainnya. Kocak-kocak pula. Di beberapa episode Aku sampe ngakak yang bener-bener ngakak pas liat adegan komedinya. Belum lagi, setiap episodenya selalu bikin penasaran dan membuatku cepat merasa kangen. 

Nontonnya pun sudah lebih dari kayak minum obat. Soalnya sehari 3 kali aja tuh mana cukup! Hahaha. Makanya Aku maraton nonton drama korea ini dan menamatkannya hanya dalam waktu 5 hari. Berarti sehari tuh sekitar 3-4 episode yang Aku tonton. Soalnya Aku kombinasikan juga dengan menonton drama on going dan beberapa variety show.

Para karakter dan ceritanya yang ada dalam drama "The Fiery Priest" ini ter-Luv banget deh pokoknya! 💚 Walaupun para tokoh antagonisnya bikin sebel dan tampol-able banget, tapi tetap membuatku suka.

Karakter favorit Aku hampir semuanya sih. Please, jangan maksa aku pilih yang mana, ya! Asli, Aku bingung. Aku tidak bisa memilih SATU SAJA karena semua tokohnya bikin cinta! 

Beberapa tokoh dan alasan yang membuatku menyukai mereka, sebagai berikut:


Jang Ryong (Si Preman Rambut Bob)





Paling seneng banget sama si Preman dengan rambut bob, Jang Ryong (Eum Moon Suk). Asli nih orang main di drama lain jadi detektif divisi patroli, eh di sini kenapa kocak banget ya Allah. Semacam kebanting gitu imej dia. Untung Aku nonton ini belakangan, kalau enggak hancur sudah reputasi karakter dia dalam drama Tell Me What You Saw di mataku. Hahaha!

Dalam drama korea The Fiery Priest, Aku suka sama ekspresi dia. Kelakuan ajaibnya juga bikin ketawa dan senyum-senyum terus. Berasa pengin dikekeup dan dibawa pulanh jadi pajangan. #EH
Soalnya ADAAAA GITU YA PREMAN KAYAK DIAAA.
😂

Paling seneng juga saat adegan dia memeragakan gerakan Capoeira, menjahili Sseongsak, dan manggil Detektif Seo "Hip hop girls".

Karakter dia cukup kuat dan sangat susah dilupakan. Mana gaya berpakaian dia juga tidak kalah unik. Kemeja dengan corak ramai dan cenderung norak, belum lagi setelan jas-celana warna senada yang gonjreng. Ditutup rambut pendek bobnya dan gaya petakilannya.


Pastor Kim Hae II




Enggak hanya suka sama preman rambut bob, Aku juga suka sama Pastor Kim.

Ualala~ Kim Nam Gil yang yang Aku tau itu pas dia jadi Bi Dam di The Great Queen Seondeok. Di drama korea itu dia kocak, tapi tetep berwibawa. Kalau di The Fiery Priest ini dia tuh kayak jadi ilang wibawanya saking absurd-nya kelakuan dia.

Setelah bertahun-tahun lamanya, akhirnya aku kembali liat dia dalam drama TFP ini dan makin kocak saja dia. Setelah menonton drama ini, Aku semakin salut sama aktingnya doi, beneran deh!

Sebelumnya Aku pernah liat Kim Nam Gil di variety show All the Buttlers . Dalam acara itu, dia jadi sabeumnim-nya. Dia cerita kalau jadi banyak baca komik buat referensi karakter tokoh yang dia perankan. Dia memperhatikan ekspresi mimik muka, maupun tingkah karakter di komik yang dia baca.

Aku jadi teringat kembali, dan setelah menonton dramanya. Oh, aku bisa melihat keberhasilan dari usahanya itu. Aku merasa memang Pastor Kim ini macem tokoh komik. Main ekspresi banget. Ekspresinya pun berubah-ubah dan konyol gitu kayak tokoh komik. Belum lagi pas lihat akting action-nya, beugh! Enggak kalah bikin takjub. Keren abis!

Ada beberapa hal enggak realistis yang aku rasakan saat menonton drama ini. Sebenernya karakter Pastor Kim yang jadi salah satu alasan Aku bilang kalau drama korea ini jadi agak enggak realistis. Soalnya mana ada gitu kan seorang tokoh agama bisa seperti itu. Soalnya setahuku tokoh agama pasti kalem, berwibawa, dan bersahaja.

Ya, begitulah hebatnya karya fiksi. Menjadikan yang tidak mungkin jadi karya yang bagus dan banyak meninggalkan kesan tersendiri.


Jaksa Park Kyung Sun





Jaksa yang satu ini enggak kalah menariknya. Jaksa Park hadir sebagai karakter yang enggak ada anggun-anggunnya amat. Malah cenderung cuek dan konyol. Memang kalau lagi serius mah serius emang doi. Beda, kalau lagi ‘kumat’. Beugh! Bisa-bisa penonton lupa kalau dia adalah Jaksa. Hahaha. JAKSA SABLENG DIA DOANG KAYAKNYA! 😂

Si Duo Detektif!

Detektif Koo dan Seo! Kusuka juga sama kaliaaaan!

Detektif Koo kocak. Tingkah maupun cara ngomongnya. Terus yang bikin suka karena kalau berpendapat dia tuh banyak benernya! Berkat gaya dan cara ngomongnya, nih! Kita sebagai yang menonton pasti skeptis kalau dia bisa bijak juga. Taunya? Ya memang bisa bijak diaaa!

Kalau Detektif Seo, uwuw~ si Hip hop Girls! Gaya pakaiannya unik macam anak hip hop. Detektif ini jadi temen berantem abadinya si Preman Rambut Bob!

Aku tuh ya paling seneng kalau ada adegan mereka berdua. Berantem-berantemnya itu bikin lucu. Saling ledek gitu. Persis anak SD lagi berantem. Gemas maksimal!
Terus Detektif ini jago berantem pula.


Duo Sahabat Gudam

Yohan dan Sseongsak juga favoritku banget! Persahabatan mereka gemas sekaligus bikin iri.

Yohan sang kerja part time garis keras, sementara Sseongsak itu warga asing berasal dari Thailand, bekerja sebagai pengantar makanan. Suka banget pokoknya sama karakter mereka berdua. Ekspresi mereka. Terus scene yang menggambarkan persahabatan mereka. Gumaaassshhh maksimal akutuuuuh!

Karakter mereka berdua juga melekat sekali dalam ingatanku. Denger nama Yohan pasti langsung ingat kalau dia suka banget makan. Sementara kalau dengar nama Ssongsak, aku pasti langsung inget dia degan baju olahraganya, topi hitamnya, atau pun helm kuning andalannya kalau mengantar makanan.

Terus yaaaa Ssongsak ini bagus aktingnya jadi orang asing. Aku awalnya kira dia orang Thailand beneran, taunya bukan. Saking bagusnya dia memerankan karakter orang Thailand dengan Bahasa Koreanya yang kayak terbata-bata gitu.


Hwang Cheol Bum

Sang bos preman, Hwang Cheol Bum (Go Joon). Cheol Bum adalah bosnya si abang rambut bob. Dia itu direktur perusahaan, dan mantan preman (katanya). Jago banget tinju!

Ini sebenernya Aku sebel sih sama dia dari awal kemunculannya. Peran dia antagonis dan patut banget dibenci seluruh manusia di bumi. Jahatnyaaa dia, namun di pertengahan cerita menuju ending, Aku jadi suka sama dia dong. Karakter dia malah bikin Aku jadi simpatik dan respect gitu. Bikin Aku berkomentar OH ADAAA YA BOS PREMAN KAYAK GINI.


Suster Kim & Pastor Han

Terus Suster Kim dan Pastor Han juga favorit. Awal-awal mungkin biasa aja. Lama-kelamaan bikin senang. Terlebih saat masa lalu mereka berdua terungkap dan akhirnya mereka melakukan sesuatu yang menjadikan masa lalu mereka jadi kelebihan. Ada sisi kocaknya deh pokoknya. 😂


Geng Petinggi Gudam dan Komplotannya

Selain delapan orang yang sudah aku bahas di atas, ada pula tokoh lain. Aku menyebut mereka geng petinggi Kota Gudam; Walikota Gudam Jung Dong Ja (Jung Young Joo), Kepala Jaksa Kang Seok Tae (Kim Hyung Mook), Kepala Kepolisian Nam Suk Goo (Jung In Gi), dan Pejabat pemerintahan Park Woon Moo (Han Ki Joong). Dan tokoh komplotannya yang lain juga suka sama akting mereka yang bagus.

Kesan Nonton Drama Korea The Fiery Priest

Drama korea The Fiery Priest ini meninggalkan banyak kesan makna yang cukup mendalam bagiku. Di tengah suguhan adegan aksi dan komedinya yang sangat menghibur, Aku menangkap makna hikmah yang bisa didapat dari petualangan Pastor Kim dan tokoh lainnya.

Beberapa hal yang Aku dapat dari drama korea ini:
  • Setiap orang pun bisa berubah. Meskipun misalnya si orang ini tuh jahat banget, tapi asal dia menyadarinya dan tobat. Kemudian dia berubah jadi orang baik itu tuh mengangkat derajatnya gitu. Dia berperilaku sebagaimana manusia seharusnya. Kalau di sini sih si Pastor Kim mengistilahkan kalau perbuatan jahat itu adalah perbuatan iblis. 

  • Setiap manusia pasti punya pilihan. Tergantung dari sikap dia dalam mengambil keputusan. Apakah dia akhirnya memilih untuk menjadi baik dan berani megakui kesalahannya? Apakah dia akan terus memilih menjadi jahat? Apakah dia akan diam menghadapi ketidakadilan? Dalam setiap pilihan itu pasti ada resikonya. Saat dia memilih jadi jahat tentu saja hukuman yang dia dapat dan mungkin dosa juga atas perbuatannya. Sementara jika dia memilih menjadi baik ada rasa kelegaan hati dan bebas dari rasa bersalah.



  • Setiap perbuatan yang kita lakukan bakalan berbalik ke diri kita. Ini kejadian sama tokoh-tokohnya dalam drama korea ini. Sebagai penonton, kita diajak untuk merenungkan bahwa akan selalu ada konsekuensi atas perbuatan kita. Mau itu baik atau buruk, pasti kita akan menuai itu. Persis ungkapan "apa yang kau tabur, itulah yang kau tuai".



  • Siapa pun kamu, apa pun latar belakangmu, kamu tetap lah manusia. Kamu mungkin tidak sempurna, banyak celah dan kekurangan, namun bagaimana kamu bisa jadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Bagaimana caranya kamu bisa mengalahkan segala keterbatasan dan kekurangan yang kamu miliki. Kamu juga belajar untuk bisa mengendalikan diri, termasuk mengendalikan emosi dan berdamai dengan masa lalu.



  • Kita juga bisa belajar kalau jangan sembarangan menghakimi orang lain. Pun misalnya seseorang itu melakukan kesalahan, bukan berarti latar belakangnya yang harus dihakimi. Itu enggak adil. Karena enggak semua orang dengan latar belakang yang sama itu salah. Jadi enggak bisa dipukul sama rata.



  • Saat kamu melakukan kesalahan, maka beranilah untuk mengakui kesalahan itu dan berusaha berubah dengan memperbaiki diri jadi lebih baik. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, tapi semua orang juga berhak mendapatkan kesempatan kedua untuk menebus kesalahannya.



  • Setiap orang punya masa lalu. Baik atau pun buruk memang sudah tidak bisa diubah. Itu adalah kebenaran mutlak, tak terbantahkan. Perlu diingat juga setiap orang punya masa sekarang dan masa depan. Belum terlambat untuk melalukan hal-hal baik lagi bermanfaat di masa sekarang, agar kelak di masa depan tidak ada penyesalan yang dirasakan.




Alasan yang Membuat Drama The Fiery Priest Patut Dicintai

Seperti yang sudah aku bahas, dalam drama TFP ini mungkin ada beberapa adegan yang kayak enggak realistis (kalau kamu udah nonton, pasti paham. Hahaha. Aku enggak akan spoiler). Terlepas dari itu, dramanya tetap bagus!

Drama The Fiery Priest ini berkesan. Saking berkesannya, setelah menamatkan semua episodenya rasanya kangen, euy! Biasanya liat tingkah kelakuan mereka. Eh, sekarang sudah tamat. Rasanya itu mereka seperti ‘hidup’ saking memang berkesannya.

Original soundtrack-nya juga terekam banget di pikiranku, jadi tiap denger tuh bikin Aku inget sama ini drama. OSTnya juga biasanya muncul di beberapa adegan dan selalu muncul di akhir episode dan jadi ciri khas tertentu gitu.

Hasil kerjasama tim drama korea "The Fiery Priest" patut diacungi jempol! Keren!

Drama korea yang menghibur. Dengan banyak profesi tokohnya yang beragam. Dari pastor, suster, detektif kepolisian, jaksa, bahkan sampai pekerja part time, pengantar makanan, preman, bos preman, petinggi-petinggi gitu (ketua jaksa, kepala polsek, walikota).

***

Oh iya, banyaknya karakter dalam sebuah drama bikin pusing enggak sih? Kalau sudah terbiasa dengan (((skema))) per-drama korea-an. Tentu enggak akan pusing. Namun aku punya tips buat kamu yang suka pusing tiap melihat pemain drama korea kok kayak mukanya sama semua (?) Padahal mah beda.

Kuncinya kamu liat aja ciri khas mereka. Entah dari gaya rambut maupun pakaian. Kalau di drama ini aku rasa kamu enggak akan kesulitan untuk membedakan tokohnya. Masing-masing tokohnya punya karakter yang berbeda. Jadi, kamu bisa fokus untuk memperhatikan detail itu.

Trik lainnya rata-rata profesi tokoh di drama korea biasanya juga beda. Kecuali drama korea dengan tema tertentu, sebut saja drama tema hukum dan medis. Pasti kalau hukum profesi tokohnya kalau enggak Hakim, Jaksa, Pengacara, Detektif. Kalau medis pasti dokter dan perawat.

Kalau kamu enggak apal sama nama tokohnya yang mungkin bikin kepala pusing, mata berkunang-kunang, dan lidah kayak kepelitek, enggak apa-apa. Enggak masalah. Kamu enggak dosa. Kamu cukup panggil mereka sesukamu aja! Hahaha.  Contohnya aku manggil si Preman yang suka Capoeira dengan Preman Rambut Bob!

(Btw, aku manggil dia begitu karena suka aja. Hahaha)



Last But Not Least, Drama korea The Fiery Priest ini patut ditonton! Aku sangat merekomendasikan ini! Apalagi buat kamu yang lagi butuh banget dihibur. Soalnya nonton drama korea ini Aku merasa terhibur sekali.

Memang, berbicara perihal kadar komedi mungkin tiap orang akan berbeda pendapat, tapi Aku jamin ini drama memang sangat menghibur! Sepanjang episode Aku nyaman aja rasanya, dibawa mengikuti alurnya, menikmati adegan demi adegan, menikmati karakter para tokohnya. Dan utamanya enggak bikin mikir dan spot jantung kayak nonton drama kriminal Voice! Hahaha.



Penghargaan Diraih Drama Korea The Fiery Priest

Ini informasi tambahan. Saat mengulas sesuatu Aku pasti akan melakukannya dengan curhat panjang detail dan penuh totalitas. Maka, bagian penghargaan harus diulas juga.

Pada malam penganugerahan SBS DRAMA AWARDS 2019 yang diadakan akhir tahun lalu, beberapa pemainnya bisa dibilang hampir membawa pulang semua penghargaan. Jinjja Daebak!

Daftar penghargaan yang diraih Drama Korea The Fiery Priest sebagai berikut:


  • Aktor pendatang baru wanita terbaik: Geum Sae Rok




  • Aktor pendatang baru pria terbaik: Eum Moon Suk




  • Aktor pendukung terbaik: Go Joon




  • Tim pendukung terbaik: The Fiery Priest (Guardians of Gudam)

  •  Anugerah Wavve (Drama yang menerima jumlah penonton daring terbanyak) : The Fiery Priest

  • Anugerah Unggulan Terbaik kategori Drama Menengah (Pria) : Kim Sung Kyung




  • Anugerah Unggulan Terbaik kategori Drama Menengah (Wanita) : Lee Ha Nae




  • Daesang (Anugerah Utama) : Kim Nam Gil


***

Selesai menonton drama ini, Aku pun bisa menilai bahwa karya ini patut diapresiasi dan dapat penghargaan. Kerja keras tim mereka berhasil menjadikan drama korea The Fiery Priest ini bukan hanya bagus, tapi mengantarkan para aktornya meraih penghargaan. Berarti kehebatan mereka memang terbukti dan diakui.

Berkat nonton drama korea The Fiery Priest juga bikin Aku jadi mengulang-ulang nonton SBS Award 2019 saking belum bisa move on dari para pemerannya! Dan di acara itu mereka seru.

Mana di sesi kedua ternyata Abang Preman Rambut Bob nyanyi. DUILEEEH sura dan penampilannya kece! Dia bawain lagu "Swing Baby – Park Jin Young". Selain bernyanyi dan melakukan beberapa gerakan tarian, abang ini juga menampilkan sedikit aktingnya. Berasa nonton musikal enggak sih? Haha.

Aku agak menyesal karena telat banget menyadari! Saat pertama kali menonton penghargaan itu, banyak yang Aku skip karena belum menonton drama ini. Aku mengutamakan menonton bagian penghargaan yang didapatkan dari drama-drama Aku tonton di 2019 lalu. Sebut saja Vagabond dan VIP, yang juga dapat beberapa penghargaan dalam acara itu.

Eh, tahunya di April 2020 selesai nonton drama The Fiery Priest, Aku menonton ulang tayangan penganugerahannya. Demi bisa melihat mereka lagi dan bahan untuk konten postingan ini.  

Kesan berbeda memang. Selesai menonton ulang (berkali-kali) acara penghargaannya, Aku merasa bangga pada mereka. Padahal cuma penonton, tapi ikut sesenang itu pas melihat dan merasakan atmosfer hangatnya kebersamaan mereka.

Nampaknya selain Reply 1988, drama The Fiery Priest jadi favorit baru Aku. Drama yang akan selalu terkenang. Meski waktu datang dan berlalu sampai banyaknya drama on going yang tayang. XD


Waaah! Akhirnya sampai juga di akhir postingan review curhat panjang drama korea The Fiery Priest. Memang kadar “bagus atau tidaknya” sebuah drama korea bergantung dari selera penontonnya. Penghargaan yang didapat oleh drama ini dan tingginya ratting yang diraih bisa jadi sebagai  tolak ukur objektif. Drama ini memang patut dicintai dengan akting para pemerannya yang sudah terbukti kualitasnya.

Makanya, Kamu juga nonton The Fiery Priest, dong! Aku tuh pengin mengumpulkan orang-orang yang suka sama drama ini juga soalnya! Hahaha.

Sekalian kalau misalnya kamu punya rekomendasi drama yang seru atau pengin ada drama yang aku ulas juga bisa tinggalkan komen di bawah ini, ya! ^^


***

Referensi : Asianwiki

You Might Also Like

24 comments

  1. Halo kak mita,...saya baru aja nemu bloknya kak mita,...
    Btw trmksh udh me review slh satu dramanya KNG,krn dia adl salah satu aktor korea favorite saya selain Cha Seung Won & Jang Hyuk,..awalnya saya liat review tentang voice dl.dan msh banyak lg drama atau film mereka yg bisa di review lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Esa! Waaah terima kasih juga udah baca ya. :)

      Waaaa Jang Hyuk emang keren banget itu ahjussi. Aku udah nonton TLWYS, liat dia di situ tetep gak bisa lupain dia sebagai Detektif Moo masa. Hahaha.


      Iya aku nonton drakor banyak, tapi kadang berujung gak direview. Wkwk. Tapi gatau kenapa emang masih belum bisa move on dr drakor TFP ini masa. :(

      Aku gak begitu ikutin KNG, tapi di sini aku tau kalau dia emang aktor yang hebat dan berbakat. Semoga next dramanya juga gak kalah seru, ya! Cuma aku jadi nagih dia akting cem pastor kim lagi masa wkwk

      Delete
  2. Aku udah nonton ini tapi drop di episode kedua. Aku ngerasa sih kurang dapet dramanya. Tapi setelah baca review ini, aku jadi pengen nonton lagi hehehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua episode awal drama ini emang 'menantang', Mif. Agak membosankan memang, cuma gatau kenapa setelah lima episode malah nagih efeknya di aku. Wkwkwk. Mungkin mulai keluar sisi serunya. Abis itu malah aku gabisa berhenti.

      Delete
  3. Aslinya udah lama banget nggak ngikutin drama korea. Selain udah susah cari waktunya, begitu ada waktu dipakai buat kelarin baca quran. Jalan keluarnya ya baca ulasan dan sinopsisnya aja biar nggak kudet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kang. Gapapa. Memang susah nyari waktu ya di tengah kesibukan.

      Dengan baca sing penting tetap bisa apdet yes.

      Delete
  4. Wah Kyaknya bagus y. Apalagi, Waikiki ga ktawa, tapi fiery priest ketawa. Hmm perlu dicekidot nih dgn nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Hahaha. Dicoba aja, Kak. Barangkali cocok karena sesuai selera juga

      Delete
  5. Aku udah nonton ini secara on going. Awalnya gak tertarik karena profesinya yang Pastor. Tapi ternyata lawak banget. Aku suka model yang komedi action kaya gini. Semua pemain juga keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang profesi tokohnya menentukan juga ya mau lanjut nonton apa gak. Hahaha. Aku pernah juga tuh begitu. Saat itu lagi rame drama tema hukum, dan hampir semua drama tokohnya hakim, jaksa atau pengacara. Udah. Ada aja drama yang enggak aku lanjut.

      Action komedi lebih greget ya. Sebenernya aku suka juga yang Rocom, tapi gatau ya seringnya lebih banyak romancenya, jadi agak gimana gitu.


      Kalau yang lebih greget criminal action atau horor

      Delete
  6. Wah, yang main Bidam eh Kim Na Gil, to....
    Kangen juga padanya.
    DUlu tuh aktingnya mengharu biru. Bikin sakit sekaligus haru karena cintanya pada sang ratu.

    Kayaknya drakor ini harus saya tonton....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dulu dia aktingnya lebih ke serius dan banyak sedihnya, walau ada kocak-kocaknya. Tokoh Bidam emang memorable.

      Dicoba aja tonton, Bun. Semoga sesuai selera :)

      Delete
  7. Setuju banget.
    Drama Korea itu yang bagus memang asli bagus. Yang bikin jadi selera atau engga kan...pemerannya yaa..masuk gak mereka ke karakter yang diperankan.

    Aku belum nonton The Fiery Priest.
    Masih nonton drama lawas juga...yang bisa bikin mewek.
    Hihii...apa yaah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang pemerannya juga punya peran penting buat menentukan kualitas drama selain jalan ceritanya.

      Coba ditonton, Mbak. Kali aja cocok.

      Kalau drama sedih udah coba nonton 49 days? Reply 1988 juga bikin sedih sih buat aku.

      Delete
  8. Lengkap banget mbak ulasannya :D
    Kalu dramanya dapat penghargaan kyk gtu biasanya emang oke yaa, temanya gak biasa :D
    Btw banyak aktor Korea kyknya tu multitalenta ya bis akating ya nyanyi gtu keknya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Aku juga gak sadar pas bikin ini kok jadi panjang banget wkwkwk.


      Iya memang bagus aktor yang mulititalenta, Mbak. Cuma kalau di sana ada juga yang emang berawal dari aktor drama musikal. Jadi emang bisa akting sekaligus nyanyi.

      Tapi enggak tau juga ini kalo si preman rambut bob apa dari drama musikal juga, soalnya drama ini emang jadi drama debutnya dia.

      Delete
  9. peh aku jadi penasaran sama jaksa sablengnya. sesableng apa dia
    sama tokoh2 cowok utamanya kujadi pengen nontoooon

    btw keren banget sih drama ini, menyabet banyak penghargaan

    ReplyDelete
  10. Boleh ga sih drama korea ini di dubbing bahasa inggris aja ahahahahaha.... aku tuh pengen nonton drama korea. tapi aku ga sanggup kalau harus baca teks. karena kebiasaan buruk aku multitasking meskipun lagi nonton.
    ini kayanya lucu, pengen nonton. ada yang mau ngedubbingnin? (butuh hiburan tingkat tinggi)

    ReplyDelete
  11. Wah aku belum pernah nonton drama ini. Mau coba nonton ini juga ah nanti. Sepertinya seru.

    ReplyDelete
  12. Baca reviewnya memang gak salah kalau drakor The Fiery priest bisa meraih banyak penghargaan. Pemainnya juga yang banyak yang terkenal dengan kemampuannya

    ReplyDelete
  13. Aaak suka nih kalau yang penuh teka teki ginih. Ah bagian dia yang begitu pemarah namun bisa lovely karena di masa lalu, aku jadi penasaran. Kadang aku berpikir apakah hidup yang sekarang adalah karmaku di masa lalu? Dah aah nonton nih drama dulu :D

    ReplyDelete
  14. Aku udah lama banget enggak nonton drakor, dan seru banget baca cerita ini, baiklaaah.
    Mana lengkap pulaak ulasannya. ❤️❤️

    ReplyDelete
  15. Aku cuma nonton eps 1 nya aja, gak tau kenapa aku gak dapet feel sm drama ini. Malah ganti drama lain deh.
    Tapi memamg kocak sih ceritanya, komedinya dapet.

    ReplyDelete
  16. Aku baru tahu banyak penghargaan dari drakor ini.. Setuju kakak, kocak banget. Awal² juga agak ga yakin sih tertarik.. Tapi pas Detektif Koo diam² ngedukung Pastor, si Jaksa juga mulai keliatan kepincut ama Pastor, mulai seru dan tambah kocak.. Sering ketawa sampe bungkuk² :D
    Ini belum abis sih.. sayang kalau dihabisin, susah nyari yg kocak dan seru, jadi nyicil nontonnya huehehe..
    Reviewnya bagus kak ;)

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar yang relevan dengan isi postingan saya ya sebagai bentuk apresiasi agar saya tetap semangat menulis.
Sekali lagi terima kasih! ♡

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe