Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang secara Online di KaryaKarsa

cara menghasilkan uang secara online
Cara menghasilkan uang online (pic cr from @standsome/unsplash)


Ada banyak cara untuk mendapatkan tambahan pendapatan loh, guys. Beberapa orang memilih menjadi reseller, guru les, atau freelancer. Jika kamu adalah seorang kreator, kamu mungkin akan berpikir untuk menjadi kreator KaryaKarsa. Platform ini adalah alternatif untuk menjual karyamu bahkan yang masih dalam proses pengerjaan, loh!


Jadi, bagaimana mendapatkan pendapatan dari karya yang belum selesai? Nah, di artikel ini akan membahas step-by-step-nya nih , mulai dari cara daftar KaryaKarsa, menjual karya, sampai melakukan withdrawal. Siap? Simak dan catat baik-baik ya ges ya.


Cara Daftar KaryaKarsa


Menjadi kreator KaryaKarsa sangat mudah! Cukup dengan dua langkah pendaftaran, kamu sudah bisa memiliki akun dalam platform ini dan mulai mempromosikan karyamu. Hal yang penting adalah kamu tentu punya kreativitas dan produk kreatif yang akan dijual.


Cara Daftar KaryaKarsa



Langkah pertama, kamu harus masuk ke laman www.karyakarsa.com yang bisa diakses melalui web maupun aplikasi KaryaKarsa. Setelah itu, klik tombol merah bertuliskan ‘DAFTAR SEBAGAI KREATOR’. Laman selanjutnya akan menampilkan form yang harus kamu lengkapi. Kamu hanya perlu memilih kategori produk kreatifmu dan melakukan pendaftaran nama pengguna (username) yang diinginkan.


Username ini berguna sebagai link promosi untuk disematkan di berbagai media sosialmu. Gunakan username yang unik tetapi menggambarkan identitas kreator, baik nama maupun produknya. Juga, jangan gunakan spasi, ya!




Setelah form pertama lengkap dan username bisa didaftarkan, kamu akan beralih ke laman kedua. Pada laman ini kamu baru akan mengisikan data dirimu. Data yang dibutuhkan antara lain Nama Lengkap, Alamat E-mail, Nomor Telepon, dan Kata Sandi untuk akun kreator. Pastikan seluruh data terisi dengan benar. Kamu sudah terdaftar setelah menyelesaikan tahap ini namun akunmu masih memerlukan aktivasi.


Sebagaimana aktivasi akun dalam platform lain, kamu juga tinggal menuju email yang kamu daftarkan di KaryaKarsa. Temukan email aktivasi yang dikirimkan pihak KaryaKarsa dan klik link aktivasi tersebut. Selanjutnya, kamu hanya tinggal perlu login ulang dan Voila! Akunmu sudah siap untuk digunakan.


Kreativitas Yang Dijual di KaryaKarsa


Sebelum menjadi kreator KaryaKarsa, mungkin kamu juga bertanya produk apa saja yang bisa dijual lewat platform ini. Jangan risau! KaryaKarsa memfasilitasi beragam kategori karya yang bisa dijual. Berlaku juga untuk produk yang jarang mendapatkan kategorisasi di situs penjualan produk kreatif lain.


Dalam situsnya, KaryaKarsa menyebutkan beberapa kelompok koleksi karya berdasarkan profesinya. Penulis dan fotografer menjadi urutan paling awal yang disebutkan sebagai contoh kreator. Kamu juga bisa menemukan kelompok kreator atau kategorisasi produk mereka, seperti komik, audio, desain, YouTubers, edukasi, gaming, Podcasters, musisi, streamer, video, developer, 3D artist, animator, non-profit, arsitek, crafter, dan masih banyak lagi.


Jika produk yang kamu buat mungkin tidak termasuk dalam beberapa kelompok di atas, kamu tetap dapat menjualnya di KaryaKarsa. Di sini masih terdapat kelompok ‘Lainnya’ yang memfasilitasi produk kreatif di luar kategori mainstream tadi. Tentunya selama produk ini tidak melanggar ketentuan bersama.


Salah satu contoh ketentuan yang disebutkan dalam laman FAQ itu sendiri adalah konten Not Safe For Work (NSFW). Konten seperti ini termasuk dalam kelompok konten yang melanggar ketentuan perundangan atau peraturan lain yang berlaku di Indonesia. KaryaKarsa tidak mendukung penjualan produk kreatif dalam kategorisasi tersebut di dalam platformnya.


Besaran Pendapatan Kreator


Seperti yang disebutkan, KaryaKarsa adalah platform untuk jual-beli karya. Artinya kamu akan dibayar pada setiap karya yang kamu buat. KaryaKarsa mengklaim bahwa kreator mendapatkan 90% dari uang penjualan karya mereka.


Lalu ketika membahas nominal, tentunya nominal pendapatan ini bergantung pada penjualan karya itu sendiri. Semakin banyak karya yang terjual, tentunya pendapatan kreator menjadi lebih besar. Cara untuk meningkatkan penjualan karya itu sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara yang bisa dilakukan secara bersamaan.


Rekomendasi pertama tentunya adalah keaktifan berkarya. Kreator harus konsisten mengunggah konten baru yang akan dijual. Semakin banyak jumlah konten yang jual, semakin tinggi peluang kreator mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Ini karena produk yang ditawarkan semakin beragam dan fans memiliki lebih banyak opsi untuk dipertimbangkan.


Kedua, bagikan voucher gratis. Kreator bisa membagikan voucher potongan harga sebagai bentuk promosi atas karya atau konten baru yang mereka unggah. Voucher seperti ini cukup efektif untuk menarik minat beli dari fans sehingga tingkat penjualan konten menjadi lebih tinggi. Pada akhirnya, penghasilan kreator juga bisa meningkat.


Rekomendasi selanjutnya yang tidak kalah efektif tentunya adalah dengan menaikkan jumlah followers atau pengikut. Mungkin beberapa kreator masih bertanya ‘Mengapa jumlah follower menjadi penting ketika KaryaKarsa mengunggulkan aturan jumlah follower tidak menjadi syarat kreator bisa menghasilkan uang dari platform ini?’ Penjelasannya cukup sederhana.


Jumlah follower di sini bukan sebagai syarat agar kreator bisa menjual karya. Rekomendasi ini diberikan agar kreator memiliki audiens-nya sendiri dan follower jadi lebih sering terpapar konten dari kreator tersebut. Semakin tinggi paparan update konten dari kreator, semakin tinggi kemungkinan follower atau fans tersebut akan membeli karya yang ditawarkan. Apalagi dalam konteks konsumen Indonesia, paparan berulang produk pada konsumen akan meningkatkan minat beli konsumen.


Bagi pekerja kreatif, cara menghasilkan uang online dari KaryaKarsa ini dapat menjadi alternatif menjual produk. Sebagai blogger yang sudah pasti senang menulis jadi makin banyak pilihan nih untuk menghasilkan uang secara online selain dari job review di blog. Apalagi kita bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan kreatif yang selama ini dicintai. Wah, pasti makin menyenangkan dan mendatangkan cuan!


Jadi gimana nih? Apakah kamu sudah memahami proses mendapatkan uang dari karya kreatifmu lewat KaryaKarsa? Sebaiknya kamu tidak menunggu lama lagi untuk mendaftarkan diri di sini karena mungkin para fans-mu sedang menunggu karya-karyamu di platform yang sama.


Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang secara Online di KaryaKarsa"