Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Pertimbangan Memilih Tabungan Terbaik Sebelum Menabung

Pertimbangan memilih tabungan terbaik di bank
Memilih tabungan terbaik di Bank ilustrasi (cr pic: Alexander Mils/Unsplash)


Menabung atau memiliki tabungan adalah aktivitas yang wajib untuk kamu lakukan. Terlebih, sekarang ini ada banyak  jenis kegiatan transaksi yang memanfaatkan rekening. Oleh sebab itu, usahakan untuk segera memilih tabungan terbaik. Sebelum itu, pastikan memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu yaaa ;)


Pertimbangkan Hal ini Sebelum Memilih Tabungan Terbaik


Saat Kamu memutuskan untuk membuka rekening tabungan, maka umumnya mendapati kebingungan dalam memilih jenis tabungan mana yang terbaik. Itulah mengapa penting mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu agar nantinya tidak salah dalam memilih tabungan yang kamu butuhkan. Di bawah ini ulasan pertimbangan selengkapnya yang bisa kamu lalukan seperti:


1. Tentukan Tujuan Membuka Rekening


Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah dengan menentukan tujuan membuka rekening. Adapun tujuan tersebut dapat disesuaikan dengan pilihan tabungan. Terlebih lagi perusahaan perbankan sendiri umumnya akan menawarkan berbagai jenis produknya.

Contohnya saja seperti tabungan giro, umum, dan deposito. Apabila ingin memilih salah satu di antaranya, maka tentu pilih yang memberikan akses pembayaran serta dapat ditransfer. Hal ini berarti Anda perlu pilih tabungan umum. Jika menginginkan transaksi usaha dalam waktu cepat dan dana besar maka pilihlah giro.


2. Pertimbangkan Lokasi Cabang Bank

Perlu Kamu ketahui, bahwa bank konvensional sekarang ini masih melayani pembukaan rekening dengan cara mendatangi cabang bank secara langsung. Terlebih, lokasi bank sendiri umumnya tidak hanya berada di pusat kota saja. Akan tetapi juga sudah tersedia di pinggiran kota. Jadi, memang sudah banyak pilihan cabangnya.

Oleh karena itu, usahakan Kamu memilih bank dengan lokasi paling dekat dengan rumah atau tempat tinggal kamu yaašŸ‘ŒšŸ»

Bisa juga yang dekat kantormu bekerja juga. Tentu saja hal tersebut akan menjadikan aksesnya lebih cepat dan mudah. Terlebih, apabila nantinya memiliki urusan urgent yang mengharuskan kamu untuk langsung datang ke bank, jadi akan cukup dekat juga jarak tempuhnya. Lebih efisien untuk kamu yang sibuk juga.


3. Mempunyai Layanan Aplikasi Online

Selanjutnya, usahakan Kamu untuk memilih tabungan yang menawarkan layanan aplikasi online. Terlebih di zaman yang serba sat set sat set dalam perkembangan teknologinya. Aplikasi online ini sendiri tentunya dapat bermanfaat untuk melakukan beragam transaksi, seperti transfer dalam waktu singkat. Proses transaksi bahkan sudah tidak perlu melakukan konfirmasi. Pengguna tentunya juga bisa membayar tagihan dalam satu aplikasi.

Untuk tabungan yang bagus sendiri tentunya akan jarang mengalami gangguan. Kemudian jika terdapat maintenance, maka setiap nasabah biasanya akan mendapatkan pemberitahuan sehari sebelum pelaksanannya tersebut. Hal ini dilakukan agar nasabah dapat bersiap-siap dan menghindari melakukan aktivitas transaksinya karena pasti akan terganggu juga. Oleh sebab itu, pastikan produk tabungan yang dipilih olehmu sudah memiliki layanan aplikasi tersebut.


4. Perhatikan Setoran Awal Pembukaan

Hal yang wajar terjadi saat awal pembukaan rekening tabungan, Kamu mungkin masih kebingungan dalam memilih tabungan saat ingin menyimpan uang di bank. Dalam hal ini, usahakan untuk mempertimbangkan setoran awal pembukaan rekeningnya yaa, teman! 

Usahakan pilih tabungan yang memiliki persyaratan mudah. Contohnya, seperti dapat menyetor saldo dengan jumlah cukup sedikit, jadi kamu bisa menyetor dengan mudah tanpa memikirkan nilai setoran awal.

Tentu saja, keberadaan syarat tersebut menjadikan Kamu lebih cepat membuka rekening bank sesuai kebutuhan. Karena tidak harus menunggu sampai saldo setoran awal terkumpul. Tidak hanya itu saja, pastikan mempertimbangkan jumlah saldo paling minim apabila Kamu ingin menyetorkannya yaa.  Hal ini akan menjadikan kamu sebagai nasabah dapat lebih efektif menabung.


5. Dapat Mudah Dihubungi

Usahakan Kamu memilih tabungan yang memiliki layanan keamanan yang bagus. Contohnya, pilih bank  yang menyediakan berbagai cara untuk menghubungi bagian customer service-nya. Dengan begitu, dapat membantu setiap nasabah dalam menyelesaikan masalah dan kendala yang dihadapi.

Hal ini berarti tidak hanya tersedia layanan telepon saja. Akan tetapi, terdapat pula beberapa kontak media lainnya. Mulai dari SMS, email, hingga Whatsapp, dan sosial medianya. Usahakan juga untuk memilih yang pihak bank tersebut juga sangat responsif terhadap masalah yang Kamu miliki.


6. Akses Pembayaran Tabungan

Kamu juga perlu mencari tahu apakah kartu ATM pada rekening tabungan tersebut mendukung berbagai akses pembayaran. Pasalnya, hal ini tentu akan semakin memudahkan setiap penggunanya saat ingin membayar atau melalukan transaksi untuk berbagai hal. Dengan begitu, sudah tidak perlu lagi kerepotan membawa uang tunai.

Adapun contohnya adalah dapat dimanfaatkan untuk membayar di mall, minimarket, supermarket, tempat makan dan lainnya. Selain itu, apakah tabungan tersebut dapat memberikan fasilitas sehari-harinya juga. Misalnya saja untuk membayar tagihan listrik, membeli paket internet, membeli pulsa, hingga membayar tagihan yang ada di marketplace sekalipun.


7. Cek Biaya Adminnya

Poin terakhir yang tidak kalah penting, Anda dapat memilih tabungan dengan biaya administrasi yang lebih rendah. Dengan begitu, saldo yang ada di dalamnya tidak akan mudah terkuras saat ditabung. Jangan sampai niat kamu untuk menabung malahan berubah jadi kerugian yaa. Terlebih, umumnya pihak bank akan menawarkan berbagai produk dengan ketentuan biaya admin berbeda-beda.

Pastikan kamu untuk bijak memilihnya yaa, sebab nantinya biaya tersebut akan dipotong setiap bulannya dari tabungan Kamu secara otomatis. Apabila tidak bijak dalam mengeceknya, maka tentu saja uang di dalamnya lebih mudah terkuras. Untuk itu, pastikan membandingkan besaran biaya adminnya dahulu untuk setiap tabungannya. Hal ini juga bermanfaat untuk membuat kegiatan menabungmu jadi lebih menyenangkan!


Kesimpulan 

Setelah, mempertimbangkan beberapa hal di atas untuk memilih tabungan, jadi apakah Kamu sudah menemukan tabungan terbaik? Sekarang ini sudah ada banyak perusahaan perbankan yang menawarkan produk unggulannya. Tentu tidak ada salahnya memilih salah satu diantaranya, apalagi bila memang cocok dan sudah Kamu pertimbangkan dengan matang-matang.


Agar tidak salah dalam memilihnya, usahakan Anda mengunjungi dahulu halaman berikut https://www.cekaja.com/tabungan. Kemudian temukan tabungan sesuai dengan kebutuhan. Cekaja.com sendiri adalah platform terbaik untuk mendapatkan informasi sehingga langsung saja mengunjunginya yaaašŸ˜‰šŸ‘ŒšŸ»

17 komentar untuk "Beberapa Pertimbangan Memilih Tabungan Terbaik Sebelum Menabung"

  1. Perlu jeli memilih mau nabung di mana, ya. Terima kasih artikelnya sangat membantu.

    BalasHapus
  2. Saat ini memiliki tabungan adalah keharusan , apalagi disituasi pandemi yang boleh dibilang tak menentu. Kita sebagai calon nasabah juga harus mencari tabungan yang paling sesuai dengan kebutuhan kita dan mencari tahu dengan detil sebelum memutuskan

    BalasHapus
  3. Kesalahan saya tu pas buka buku tsbungan cari kantor cabangnya yg di pusat jadi pas ada masalah apa2 harus ke pusatnya ga bisa ke cabang lain. Hiks. Jadi jauh deh

    BalasHapus
  4. Sejak dulu memang wajib sekali mempunyai tabungan ya, Mbak. Dan sekarang tabungan sudah beragam, dan lebih modern. Jadi disesuaikan dengan kebutuhan.
    Dan memang, salah satu pertimbahan saya memilih tabungan itu, hharus sudah mobile. Jadi urusan perbankan cepat dan mudah.

    BalasHapus
  5. Setuju. Mengetahui lebih dulu berapa besar biaya administrasi itu sebuah pilihan yang bijak. Jangan sampai uang tabungan habis karena tergerus tiap bulan oleh biaya admin. Syukur syukur bisa dapet yg bebas biaya admin ya

    BalasHapus
  6. Biaya admin ini penting banget tahu dari awal. Biar urusan menabung gak mengagetkan, terlebih lagi pas cetak buku tabungan, nanti yang ada terkejut lagi hehe.

    Memang perlu sih pemikiran lebih dalam, menabung itu buat apa, biar bisa fokus dan tepat sasaran tujuannya

    BalasHapus
  7. Kalau aku biasanya yang utama memilih tabungan yang ada aplikasinya, soalnya aku tipe yang males keluar rumah apalagi ke bank kalau cuma untuk sekedar melakukan transaksi perbankan.

    BalasHapus
  8. Yess terima kasih masukannya, sekarang juga mulai bermunculan ya kak rekening online cocok buat yg sibuk males ke bank bisa langsung daftar online.
    Jaman sekarang semua serba di mudahkan dengan adanya jaringan internet (gusti yeni)

    BalasHapus
  9. Dulu buka tabungan karena ga pake riba. Tapi trus buka tabungan lagi karena banyak pemakainya jadi mudah transfer-transfer hehe....

    BalasHapus
  10. Aku juga masih belajar2 nih mba kayak gimana tabungan terbaik yang cocok untuk kehidupanku dan juga pendidikan anak. Skrg masih bertahan di 2 jenis tabungan aja hihihi

    BalasHapus
  11. Ah iya, saat akan memilih tabungan emang banyak yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu ya mbak
    Kalau aku emang pertama kali lihat biaya adminnya

    BalasHapus
  12. Betul banget nih Mbak. Sebelum menabung harus punya planning yang jelas dan pertimbangan yang super matang. Biar ke depannya tidak menyesal dan tidak banyak merepotkan keluarga hingga orang lain.

    BalasHapus
  13. sekarang buka tabungan makin gampang ya kak, udah bisa online dan gak perlu antre. setoran awalnya juga terjangkau

    BalasHapus
  14. Wahiyaa..
    Kalo uda kena biaya adm ini rasanya sedih yaa.. Mungkin terlihat kecil dari segi nominal, tapi kalau terus-terusan, jadi "kerasa" juga.
    Memilih tabungan juga kudu jeli dan menyesuaikan peruntukannya untuk apa yaa..

    BalasHapus
  15. Aku kalau buat nabung sekarang lebih memilih ke bank online yg enggak ada biaya admin bulanannya, heheh

    PuNya rekening di beberapa bank konvensional ya karena buat urusan pekerjaan

    BalasHapus
  16. aku juga lebih suka tabungan yang cepat, gak gampang trobel, dan ada layanan online nya mba. biar ngga ribet gituu kalau mau buka rekening baru atau ada keperluan tertentu

    BalasHapus
  17. aku dan suami juga cukup selektif soal tabungan ini mbak, apalagi kami ada pos2 yg besar juga. karena memang banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan ya, soalnya kan jangka panjang juga

    BalasHapus