Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sampai Jumpa Lagi Daehan, Minguk, Manse! I'll Miss You!

Sejak beredar kabar Appa Song Il kook akan terlibat menjadi aktor di dalam drama kolosal terbarunya yaitu Jang Young sil (sekarang udah tayang) saya jadi agak sedikit cemas. Gimana ya, rasanya campur aduk antara senang sekaligus sedih. Di sisi lain, Appa udah lama sekali hiatus dari drama dan jujur saja saya baru ngeuh dia main di Jumong setelah banyak ngekepoin keluarga Song gara-gara The Return Of Superman. Saya begitu mencintai keluarga Song Il kook ini, terlebih Si kembar tiga yang unyu banget! Daehan Minguk Manse. Hal tersedihnya adalah jika Appa mulai sibuk dengan dramanya itu berarti dia nggak akan ada waktu lagi untuk syuting TROS ini. Terus semakin hari semakin santer terdengar kabar yang bilang bahwa keluarga Song Ilkook ini akan keluar dari TROS, saya sudah merasa sedih dan patah hati sekali sejak kabar ini berembus. Meski sempat dibantah, ternyata kabar itu semakin keliatan kebenarannya! Ah, hati saya semakin hancur!

Pada tanggal 7 Febuari 2016 di Episode The Return Of Superman yang ke 116 adalah pertemuan terakhir para penggemar setia dengan keluaga Song ini. Tentu saja, penggemar keluarga ini terlebih penggemar Daehan, Minguk, Manse akan sedih berjamaah. Hahahaha. 

Meskipun saya telat mengikuti acara ini tapi sedikit banyak saya jadi mulai diam-diam memperhatikan dan ngekepoin keluarga ini dan tidak butuh waktu lama untuk saya jatuh cinta pada keluarga ini, terlebih pada Daehan Minguk dan Manse. Karena ada banyak alasan kenapa keluarga ini layak dikagumi. 

Lewat The Return Of Superman, sebuah tayangan reality show asal korea selatan yang menampilkan para ayah dari berbagai latar belakang keluarga yang akan bersama dengan anak-anaknya selama 48 jam tanpa ibunya, di mana ayah-ayah itu harus mengurus anak-anak mereka, bermain bersama mereka, ya pokoknya melakukan kegiatan bareng anak-anak mereka. Ayah-ayah yang ada di TROS dari berbagai latar belakang keluarga dan profesi. Appa Ilkook sendiri adalah aktor, ada juga Bapaknya Cho Sarang yang seorang petarung, waktu dulu sih ada Tablo bapaknya Haru yang seorang rapper dan para ayah yang lainnya. Soalnya saya enggak terlalu ngikutin keluarga yang lain. Cuma taunya tiga keluarga aja. XD

Daehan Minguk Manse ketika masih kecil~ uuuu unyuuunya~ kepalanya mbulet-mbulet kayak ciloook. Hahahaha.








Secara tidak langsung, mereka sudah menemani hari-hari saya, meskipun kembar, mereka itu nggak kembar identik, tapi tetap saja pada awalnya saya kesulitan membedakan mana yang Daehan, mana yang Minguk dan mana yang Manse, lambat laun saya berhasil membedakan mereka juga. Saya semakin tau gimana karakter mereka dan saya jadi semakin jatuh hati. Terkadang saya bela-belain nyempetin buka Instagram meski lagi sibuk hanya untuk mencari akun-akun yang menyediakan video-video singkat tentang mereka. Dari satu video ke video lain. Kadang saya membicarakan mereka dengan Enur. Makin hari saya semakin cinta, ikatan batin saya dengan si kembar semacam udah mulai terjaut. *Halah lebay XD*

Intinya, saya merasa si kembar ini sudah seperti anak sendiri. Melihat perkembangan dan pertumbuhan mereka dari kecil banget sampai sekarang. Dari mereka yang masih malu-malu dan nakal banget, sampe mereka jadi sekarang. 

Dari mulai daehan yang awalnya pemalu dan nggak banyak ngomong dibandingkan adek-adeknya, perlahan daehan bertumbuh jadi kakak yang dewasa. Sekarang aja daehan udah mulai banyak ngomong dan tetep cool. Minguk yang tadinya juga diem aja mulai makin lama keliatan sikap ramah, cerdas dan menyenangkannya. Manse yang tadinya nakal banget sampai bikin Appa kewalahan juga tumbuh jadi anak yang ceria dan selalu punya energi yang lebih. Pokoknya Manse ini yang paling antimainstream lah, mana kerjaannya tebar pesona ke anak-anak cewek pula. Duh, Dek. kamu gedenya mau jadi apaaaaah hahahaha. Appa Ilkook yang ya ampuuuuuuuuuun ayah dan suami idaman banget! 


Dari The Return Of Superman saya banyak belajar dari keluarga Song Ilkook. Pokoknya mereka ini menginspirasi banget lah! Saya jadi mikir, entar nih kalau udah berkeluarga terus udah punya anak pokoknya saya pengin mendokumentasikan segala hal tentang anak saya. Pokoknya semacam jadi kenang-kenangan ketika mengikuti tumbuh kembang si anak. Ketika kelak mereka udah dewasa, saya punya video dokumenter tentang mereka gitu, dari mereka baru lahir sampai mereka TK lah. 

Soalnya momen-momen berharga kayak gitu nggak bakal bisa keulang lagi pasti. Appa Ilkook aja suka ngerasa sedih tiap sadar kalau makin hari daehan minguk manse ini semakin tumbuh dan dewasa. Di rumah keluarga ini sama sekali nggak ada tv di ruang keluarga mereka. Paling triplet dikasih mainan sama pemutar musik gitu jadi kalau mereka pengen dengerin musik anak-anak ya mereka pasti minta itu diputer. 

Lagu-lagu kesukaan mereka lagu korea tentang tiga beruang kecil gitu. Mangkannya mereka itu apal banget lagunya. Bagaimana kehangatan keluarga Song Ilkook ini. Mereka itu kalau pergi ke luar rumah selalu gandengan tangan dan pasti daehan yang disuruh gandeng adek-adeknya. Pokoknya daehan lah yang paling bisa diandalkan oleh Appa buat jagain adek-adeknya. Kalau dulu itu triplet suka berhamburan ke sana-sini appa jadi bingung ngejarnya, akhirnya Appa ngiket tali di tas mereka terus dipegangin gitu talinya. Hahahaha kocak. XD

Bagaimana Appa mendidik anak-anak mereka yang kembar ini, kadang kewalahan banget, tapi lama-kelamaan Appa menikmati. Bahkan Appa sendiri menyadari perubahan diri dia. Appa ini setipe dengan daehan. Dia itu tipikal orang pendiem yang emang nggak banyak ngomong dan interaksi sama orang, tapi begitu memiliki anak katanya Appa mulai berubah. Setiap ketemu sama orang yang juga membawa anak, akhirnya dia suka nanya dan ngobrol tentang anak-anak dan perkembangannya. Yang bikin panutan juga adalah cara mendidik dari Appa ilkook yang keren banget! 


Ini nih Thinking chair salah satu metode didikannya Appa Ilkook:




Appa ilkook nggak pernah marahin anak-anaknya, meski kadang Appa terlihat kesel sendiri sama tingkah anak-anaknya, tapi Appa nggak pernah ngebentak anak-anaknya. Lucunya kalau Appa lagi kesel dan gregetan sendiri logat marahnya lucu. Anaknya bukan takut malah tambah ngocol yang akhirnya bikin Appa nggak bisa marah ke mereka. Hahahaha. Terus ketika memberikan hukuman pun Appa ilkook membuat hukuman yang beda yaitu ketika anak-anaknya salah mereka harus mengambil sebuah kursi membawanya ke dekat tembok, mengarahkan kursi itu ke arah tembok dan bilang ke anak-anaknya untuk merenungkan kesalahannya. Meski hukuman yang nggak biasa dan nggak ada kekerasan, tapi ya namanya anak-anak, triplet ini tetep aja sedih kalau menerima hukuman ini. Hahaha. Setelah beberapa menit berlalu, hukuman itu pun selesai dan Appa ilkook datang dan langsung memeluk anaknya.



Appa juga ngajarin ke anak-anaknya buat gantian. Misal ketika mereka pengin mainan suruh gantian dengan menghitung 1-10, setelah 10 mereka harus kasih giliran ke yang lain. Begitu seterusnya. Mungkin karena itu juga jadi mereka nggak pernah saling berebutan mainan lagi.

Oh iya, cara Appa berinteraksi sama Triplet juga keren di mana Appa selalu mengajak anak-anaknya berdiskusi dan menanyai gimana pendapat mereka. Jadi nggak maksain kehendak gitu. Meski kadang Appa harus terpaksa bertindak tegas ketika anaknya lagi ngeyelan, tapi ujung-ujungnya Appa ill kook juga nggak segan-segan minta maaf ke anak-anaknya ketika dia berbuat salah. Menandakan bahwa orangtua juga bisa salah, tapi nggak ada salahnya buat minta maaf dan nggak perlu gengsi. Padahal Appa Ilkook katanya pengin banget punya anak cewek, mangkannya dia seneng kalau lihat anak cewek, terus pernah suatu ketika triplet didandanin pake wig jadi kayak anak cewek gitu masa. Hahaha, tapi toh, nggak bikin Appa ilkook nggak sayang sama si kembar. 

Sewaktu istrinya mengandung si kembar, istrinya sempet melewati masa-masa yang sulit sewaktu mengandung triplet. Pas lahir juga Minguk rada bermasalah sama kulitnya, dulunya itu dia kena Autopi jadi kulitnya itu ada bercak merah-merah gitu mangkannya Appa sama istrinya begadang buat nungguin minguk soalnya dia suka ngegarukin kulitnya gitu dan juga lingkar kepalanya minguk yang agak besar dibandingkan saudara-saudaranya. Manse yang bermasalah dengan berat badan karena pas lahir dia yang paling kecil dibandingkan yang lain. Daehan yang katanya pas kehamilan dia ada di posisi yang paling nggak enak yaitu paling bawah di mana dia kayak ngelindungin adek-adeknya gitu pas di rahim, mangkannya Appa dan istrinya memutuskan bahwa Daehan-lah yang akhirnya dipilih menjadi kakak. Dan ternyata emang mereka nggak salah pilih kakak.

Seiring berjalannya waktu Daehan, Minguk dan Manse tumbuh dengan baik. Daehan yang makin tinggi, Minguk yang makin enduut, manse yang juga berat badannya udah normal dan sama kayak yang lain. Triplet tumbuh dan berkembang menjadi kebanggaan bagi orangtua dan juga penggemarnya lewat TROS. Banyak, loh penggemar yang mengidamkan anak kayak Daehan, Minguk, Manse ini. Hahahaha. Bahkan banyak yang kepengin punya anak kembar tiga. Abis kayaknya seru, tapi ya tetep aja kalau prakteknya pasti susah. Mangkannya banyak yang menaruh kagum juga pada keluarga Song ini. Hahaha.

Selain itu di TROS juga banyak sekali kelucuan-kelucuan, tingkah polos Daehan Minguk Manse yang selalu bikin saya senyum-senyum sendiri. Appa Ilkook suami dan ayah idaman karena dia itu laki-laki yang gentle, sweet banget, sayang istri dan keluarganya, penuh kesabaran pula, Appa juga orangnya kreatif karena ada aja caranya biar bisa mendokumentasikan perkembangan anak-anaknya ini. Oh iya, pernah juga tuh di satu episode, triplet pengin buat pasport kan pasti ada foto kan tuh. Nah Appa sendiri yang fotoin mereka, mana susah, ya namanya anak kecil masih susah buat diatur, mereka lari ke sana, lari ke sini. Akhirnya Appa punya cara tersendiri buat bikin mereka diem sejenak pas di foto. Pokoknya Appa bikin semacam alat di mana kamera ditaro di deket sama tayangan kartun gitu jadi mereka kan fokus ke depan liat kartun padahal mereka juga lagi di foto. Daehan, Minguk, Manse pun anak idaman karena mereka itu manis, penuh keceriaan, dan penurut banget. 







Di episode terakhir, untungnya jadi episode perpisahan yang manis. Di mana Eomma triplet yang katanya hakim ini memang nggak boleh wara-wiri di TV dan biasanya cuma keliatan sekelebat aja dan sebentar di beberapa episode, di episode terakhir ini dia lumayan lama disorot dan sempet berinteraksi gitu sama Appa. Ya, lumayanlah ya mengobati rasa penasaran para penggemar keluarga Song ini. Banyak yang bilang kalau kecerdasan Minguk ini nurun dari ibunya, soalnya ibunya ini emang pinter bangeeeeet.






Di episode pertama mereka hadir, Appa Ilkook memangku ketiga anak kembarnya, Daehan, Minguk, Manse. Triplet masih pake baju kembaran yang ada sayapnya itu yang kayaknya jadi baju favorit mereka. Appa Memperkenalkan diri gitu, sambil memperkenalkan anak-anaknya masing-masing. Terus hal yang paling nggak terlupakan itu adalah ketika Appa masih mengenalkan kedua putranya, lalu tiba-tiba si Manse nyeletuk, "Mandde." Sambil ketawa gitu, uuuuuuu unyuuu bangeeeet! Di episode terakhir nggak beda jauh. Appa Ilkook hadir bertiga, tapi terlihat beda karena triplet udah pada keliatan gede, makin cakep, dan keliatan seger buger banget (makan mulu sih mereka XD wkwk di tiap episode aja hampir isinya makan mulu. Hahaha. Appa aja jadi endut gara-gara gagal diet kali itu ya. Hahaha). Dan momen yang terjadi itu pas si appa nanya gitu sedih apa nggak terus dijawab sama manse "nggak sedih, karena kalau sedih uncle dino (mereka manggil para kameramen dengan sebutan uncle dino) juga akan sedih." Ah, Manse-yaaa~


Satu tahun lebih pengemar melewati hari-hari bareng Appa dan triplet. Bukan waktu yang sebentar, saya aja yang belum lama suka sama mereka dan ngikutin mereka baru 6 bulan ini juga merasa kalau triplet ini bikin hari-hari saya jadi lebih berwarna lagi. Meski hanya menyaksikan di layar komputer atau di layar hp aja, tapi saya suka mereka bahkan jatuh hati. Kalau ditanya episode mana yang paling terbaik dan paling saya sukai. Hmm susah juga ya buat milih. Soalnya semuanya ituuuu berkesan banget! Di tiap episode kayaknya ada aja gitu ceritanya tersendiri nih dari Appa sama triplet. Saya juga suka momen kalau pas Appa Ilkook lagi ketawa tiap liat tingkah anaknya, tawanya ituloooh renyah banget. Terus kalau Appa lagi kesel sama anak-anaknya, pasti selalu bilang "YA!" itu juga saya suka liatnya hahahaha. Oh, terus pas mereka makan-makan, berasa kenyang banget lihat si kembar makan dengan lahap. Jangan lupakan juga sepeda legendaris mereka. Pokoknya semua episode, semua interaksi mereka tuh bikin sayang semuanya.


Kalau rindu pasti ya, saya juga kayaknya bakalan susah move on dari mereka. Entahlah, soalnya mereka itu sulit tergantikan meskipun acara TROS bakalan tetep masih ada, tapi nggak ada Appa Ilkook sama Daehan, Minguk, Manse kok ya pasti bakalan kerasa hambar~





Ini salah satu episode yang saya suka. Mereka kabur berhamburan ketika melihat 'badut' dinosaurus. Ini saya ngakak liatnya. Hahahaha. Triplet ini kan suka banget sama dinosaurus, eh pas ketemu aslinya, tapi malah takut dan kabur. Gemas banget sama polosnya mereka itu. Hahahaha.



Ada momen waktu daehan lagi bawel-bawelnya. Banyak ngomong sama nyanyi. Lucu banget lah ya~ ada momen Minguk dan Manse juga nyanyi.






Meski berat melepaskan mereka pergi dan meninggalkan acara The Return Of Superman, saya tetep aja nggak mau mengucapkan selamat tinggal. Saya hanya akan mengucapkan, "sampai jumpa lagi daehan, minguk, manse, I'll Miss you" karena di lubuk hati saya yang paling terdalam masih tersimpan harapan bahwa meski entah kapan itu dan entah bagaimana pun caranya, saya akan bisa melihat mereka lagi. Meski bukan di acara The Return Of Superman lagi. :')


 



____

Postingan ini disunting kembali pada 24 Desember 2021.

Aku seneng banget deh masih bisa melihat update kabar terbaru Daehan Minguk Manse yang terkenal juga sebagai Song Triplets. Bahagia sekarang melihat mereka sudah besar dan makin cakep. :")
Memang biasanya cukup puas melihat kabar terbaru mereka dari instagramnya Appa Ilkook, tapi jarang banget juga posting. Eh, tau-tau dapet kabar kalau mereka tampil memberi video ucapan untuk ulang tahun TROS. Aku menulis ini sambil terharu. Alhamdulillah doaku terkabul. Aku masih bisa melihat Daehan Minguk Manse walau bukan di TROS lagi.

Aku selalu kangen berat sama mereka. Daehan Minguk Manse sudah besar padahal dulu melihat masa-masa bayi dan kecilnya. Daehan masih tetap pendiem dan kalem, Minguk dan Manse yang jago ngomong. Aaaak aku sayang kalian banget! Sehat-sehat selalu ya, Daehan Minguk Manse. Kalau aku umur panjang dan suatu saat kalian semua atau salah satu dari kalian terjun ke dunia peran mengikuti jejak Appa Ilkook, aku bakalan menantikan banget debut karyanya. Many many Saranghae♡♡♡♡





Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

5 komentar untuk "Sampai Jumpa Lagi Daehan, Minguk, Manse! I'll Miss You!"

  1. Akhirnya selesai juga bacanya. Panjang banget tulisannya, Mita, hahaha

    Aku ga ngikutin TROS tiap episodenya sih, tapi nonton potongan2an aja. Dulu aku tuh suka sama keluarga Tablo, Haru ngegemesin banget, pinter juga! Suka nonton potongan video Daehan, Minguk, Manse juga dan siapa sih yg ga jatuh cinta sama si kembar 3 ini? Mereka lucunya ampun banget. Selalu aja ada tingkah yang bikin senyum dan ketawa. Banyak banget ini yang patah hati karena triple song keluar dari TROS tapi mau gimana lagi? Semoga secepetnya mereka tampil di acara lain lagi ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya hahahaha aku kalo udah ngetik suka nggak kerasa XD

      Aku juga nggak terlalu ngikutin yg lain. Cuman emang waktu itu sempet download full episodenya eh ternyata yg bagian keluarga Song Ilkooknya gak beda jauh sama potongan video yang aku liat di IG. XD
      Iya ya mereka tuh lucuuuu bangeeeeeeet. Iya aku salah satunya yang patah hati, cuma ya gitu kubisa apa hahahaha Aamiin semoga bisa liat mereka lagi di acara yang lain.

      Hapus
  2. End?

    Waaahhh

    sayang juga ya padahal baru mulai nonton
    Duh nyesel deh selama ini nyimak Kpop doang

    BalasHapus

  3. Iya sama saya malah habisin tisu dikamar. terlanjur cinta sama mereka nggak bermaksud lebay Tapi emang gini kenyataannya. mata bengkak hidung tersumbat pas nonton terakhirnya, mudah2han mereka ikut acara lain lagi. miss triplet.

    BalasHapus
  4. Sekarang mereka udah gede gede yaaaa :')))
    Masih pada lucu lucu kok yaaaa

    BalasHapus