Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Sinopsis Film The Pirates (해적) : Aksi Petualangan Seru Perompak & Bandit

 

review sinopsis film the pirates


Film The Pirates merupakan film Korea Selatan yang dirilis tahun 2014 lalu. Film The Pirates bercerita tentang aksi petualangan seru dari sekelompok bandit dan perompak yang mencari harta karun kerajaan. Meskipun film aksi petualangan, tapi dalam film The Pirates pun ada balutan komedi dalam pencarian harta karun kerjaan yang hilang. Filmnya bakalan menghibur apalagi akting pemerannya juga bagus semua. Pokoknya dua jam meluangkan waktu buat menonton enggak sia-sia deh.


Dalam rangka menyambut The Pirates 2 karena ada Bang Girin. Akhirnya aku kepengin nonton yang pertama dulu. Setelah berjuang nyari dan susah banget nemunya sekalipun di situs ilegal, alhamdulillah nemu juga ini film dan di situs legal. Film The Pirates ini tayang tahun 2014 lalu.  Pas tahu kalau ternyata film ini tuh adalah daftar tontonan film yang mau aku tonton karena ada Mamang Namgil. 


Kelompok perompak di film The Pirates



Profil Film The Pirates


Judul                   : The Pirates (해적: 바다로 간 산적)

Sutradara          : Lee Suk Hoon

Penulis               : Chun Sung Il, Lee Suk Hoon, Choi

                               Lee Young

Tanggal Rilis     : 6 Agustus 2014

Durasi                 : 130 menit

Genre                  : Aksi, Petualangan



Sinopsis Film The Pirates


Pada awal ditetapkannya periode Dinasti Joseon, para utusan Raja kehilangan stempel kerajaan yang jadi "harta karun" kerjaan karena paus raksasa. Sekelompok bandit yang dipimpin oleh Jang Sa Jung (Kim Nam Gil) kemudian bertemu dengan sekelompok perompak yang diketuai oleh Yeo Wol (Son Ye Jin). Kedua kelompok yang berbeda itu berjuang dengan tujuan yang sama, yaitu untuk merebut kembali harta karun kerajaan yang hilang. Apakah perjuangan kedua kelompok itu berhasil? Bagaimana serunya perjuangan kedua kelompok ini dalam pencariannya? Bisa teman-teman temukan jawabannya di filmnya ya!


Pokoknya film ini menghibur banget. Sambil menunggu The Pirates 2 bisa banget buat menonton ini dulu.


Pemain Film The Pirates

Inilah daftar pemain film The Pirates: 

pemain film The Pirates Kim Nam Gil Son Ye Jin

Lihat deh, bertabur bintang para aktor yang keren-keren!


Review Film The Pirates 

foto pemain film the pirates son ye jin sulli
Foto pemain The Pirates


Di dalam review film The Pirates ini kesanku setelah menonton filmnya, menurutku film The Pirates adalah film yang menarik karena menggabungkan 3 unsur yang berbeda. Ada selipan tentang kerajaan dan sejarah, terus cerita utamanya tentang kisah Perompak dan Bandit. 


Film The Pirates ini memiliki latar waktu pada masa awal periode pembentukan Kerajaan Joseon. Walaupun judulnya The Pirates, tapi alurnya enggak cuma fokus tentang Perompak dan perburuan harta karun saja, loh. Di dalam film The Pirates pun ada kritikan sosial juga tentang kesenjangan para petinggi dan bangsawan pada masa itu dengan rakyat jelata. Ini salah satu yang aku suka dari film-film Korea dengan latar masa lampau jaman kerjaaan. Selalu terselip kritikan soal kesenjangan sosial yang ada pada masa itu.


Oh iya, ada salah satu kutipan dari film The Pirates yang diucapkan oleh Yeo Wol saat lagi berbincang dengan Jang Sa Jung. Kalimat dia pun kayak masih related juga dengan zaman sekarang. Pada akhirnya mereka yang berkuasa selalu jadi "pemenang". Mereka bisa melakukan apa pun sesukanya sementara rakyat kecil kasarnya yaudah cuma bisa terima nasib aja. 


Di film The Pirates,  Yeo Wol sampe bilang kalimat di bawah ini soalnya bagi dia emang lebih baik melindungi orang yang dia cintai saja, daripada capek bela negara yang bahkan enggak menganggap rakyatnya sebagai manusia.


Kutipan paling ngena dari film The Pirates: 


"Apakah kita punya negara yang layak dihuni? Raja dan bangsawan kabur duluan ketika musuh menyerang. Mereka menawarkan anak-anak sebagai pelayan dan kasim. Mereka memeras rakyat dengan pajak tinggi. Daripada membela negara seperti itu... aku lebih memilih melindungi orang yang kucintai." (Yeo Wol-The Pirates)



Mamang Namgil jadi ketua bandit. Son Ye Jin jadi Kapten Perompak. Akting keduanya enggak perlu diragukan lagi ya. Bagus! 


Kalau soal tampilan film The Pirates ini ya walaupun keliatan banget efek CGI-nya enggak mulus, terlebih di bagian lautnya. Akhirnya bikin kesan "palsu"-nya terlihat, tapi tetap keren-keren saja buatku. Apalagi untuk ukuran film tahun 2014 yang mungkin saat itu masih belum secanggih sekarang untuk perkembangan CGI-nya. Kalau untuk kapal bajak lautnya aku kurang sadar sih ya, tapi sekilas lihat enggak terlalu kelihatan buatan efek gitu, bisa saja memang dibuat juga sama tim propertinya. Begitu pun dengan perahu kecil yang juga muncul. 


Oh iya, walaupun genre film The Pirates ini aksi petualangan, tapi film ini juga lucu. Ada beberapa adegan yang bikin aku ketawa. Belum lagi ya di film ini pun dimainkan oleh banyak aktor dan aktris kawakan pula. Pokoknya ada beberapa muka yang akan familiar dilihat. Apalagi kalau kamu penikmat drama-drama Korea. Pasti pernah lihat akting mereka di karyanya yang lain.


Selain mamang dan Ye Jin. Kujuga suka nonton ini karena ada Babang Gwenchana Lee Yi Kyung juga di sini. Terus Ahjussi Yu Hae Jin ini walaupun jadi pemeran pendukung, tapi lucu dan menghibur. Salah satu "bumbu" yang bikin film The Pirates ini jadi film yang menarik juga. Aku memang selalu terpikat sama tokoh-tokoh pendukung yang bikin satu film tuh jadi lengkap karena kehadirannya. Aku merasa kalau tanpa tokoh yang dimainkan Ahjussi Hae Jin, film The Pirates bakalan beras ada yang kurang. Memang itu ya kekuatan pemeran pendukung.


Oh iya, balik lagi ke mamang nih walau jujur mamang ini tampilannya buluk di film ini, ya apa yang mau diharapkan dari penampilan bandit kan? Hehehe, tapi asli mamang nih cakep juga jadi Bandit. Meskipun mamang sudah memerankan banyak tokoh, tapi kalau tampilannya hampir begini terus dari jaman jadi Bidam bertahun-tahun lalu, ya aku sih jadi melihat tokohnya ini sebagai Nam Gil. Saking melekat banget tokohnya setiap dibawakan sama mamang. Memang ini jadi penilaian subjektif aku soalnya aku sudah biasa banget lihat mamang buluk, tapi kalau soal akting enggak perlu diragukan lagi. Jadi, ndak apa-apa, Mang. Tetep cakep kok, suer! Enggak percaya? Coba lihat foto ini deh:


pemain film The Pirates Kim Nam Gil
Panah aku dengan pesonamu, Mang~♡



Terus konflik pencarian "harta karun"-nya yang bagi aku juga jadi plot twist wkwkwk. Dari baca sinopsisnya kirain kayak film bajak laut pada umumnya lah kalau sebatas pencarian harta karun doang. Jadi tuh kayak cuma nyari, serang-serangan karena perebutan harta, terus yaudah deh tamat. Taunya beda! Mana ada sisi yang bikin sedihnya juga. Emang lah, ciri khas film korea juga nih kudu banget ada selipan sedih-sedihnya. Kayak kalau enggak ada sedihnya berasa kurang afdol. :") 

Nah, sisi yang sedihnya memang cuma jadi selipan saja, kalau kebanyakan ini film bakalan jadi melodrama dong.


Aku suka juga menonton film ini pas adegan proses pencarian harta karunnya ini yang menghibur. Apalagi adanya tambahan bumbu-bumbu cerita lain termasuk komedi, aksi dan selipan kritikan sosial juga. Keren juga penyajian film The Pirates ini. Bagiku porsinya lengkap dan menghibur. Aku menonton film ini pun saat rehat setelah kerja. Otak berasa seger lagi abis menonton film ini.


Oh iya, film ini juga bikin aku makin yakin kalau Mamang Namgil nih cocok sama lawan mainnya siapa pun itu. Aku sudah menonton beberapa karya mamang dan semua lawan mainnya tuh selalu cocok dipasangkan sama mamang. Aku enggak sangka juga di film ini mamang beradu akting sama Son Ye Jin. Lebih enggak sangka juga liat Ye Jin jadi Kapten Bajak Laut. Imej dia nih cocoknya di film-film romansa, tapi dia jadi kapten perompak tuh keren juga woy! 

Coba deh lihat foto di bawah ini yang aku dapat dari IMDb. Ye Jin nih keren banget dia jadi kapten perompak.


Pemain film The pirates Son Yea Jin


Son yea jin berperan Yeo Wol di film The Pirates

Asli deh dua jam menonton ini enggak kerasa banget soalnya seru. Cuma sayangnya nih ya, dari pertengahan film ke ending bagiku jadi agak terburu-buru. Soalnya di awal alurnya tuh agak lambat buat sampai ke klimaks konfliknya. Sementara dari pertengahan ke endingnya ini mulai seru jadi kayak terburu-buru soalnya durasi filmnya mau abis XD 


Kelompok bandit di film the pirates



Sebenarnya ngarep ada yang jadi lanjutan film ini dengan pemain yang sama, tapi berhubung yang kedua sudah beda pemain ya pupuslah harapanku ini. Hahaha. Aku berusaha untuk merasa berpuas hati hanya bisa melihat mereka semua di satu film ini. Padahal para pemainnya itu ya... mau yang pemain utama atau pun pemain pendukungnya ini klop juga chemistery-nya. Berasa mau lihat mereka lagi dong. :")


Meskipun begitu, tapi aku jadi penasaran deh sama The Pirates 2. Apalagi dibanding 2014 lalu, harusnya versi terbaru lebih matang juga ya kan secara grafik gambar dan CGI-nya juga. Belum lagi set lokasinya juga nih pasti lebih diperbarui jadi lebih canggih dan bagus mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Alasan utamanya juga soalnya bakalan ada Bang Girin Lee Kwang Soo. Enggak sabar aku mau nonton yang keduanya. Rilisnya Januari 2022 nanti, loh! 

But, aku belum tau kapan tayang di Indonesia nih. Semoga enggak perlu menunggu lama juga ya.  Sementara lihat-lihat dulu trailernya deh....




Fakta menarik tentang Film The Pirates 


Oh iya, kesanku setelah menonton film The Pirates ini memang baik. Aku merasa film ini menarik, menghibur dan keren juga. Ternyata ada fakta menarik film ini yaitu film ini memenangkan beberapa penghargaan. 


Film The Pirates pernah tayang di Busan Internasional Film Festival Oktober 2014 serta memenangkan beberapa penghargaan di berbagai ajang penghargaan film. 


Penghargaan yang diterima film The Pirates pada kategori Best Supporting Actor (Yu Hae Jin) dalam ajang penghargaan "Baeksang Art Awards 2015", Best Technical Award dalam ajang penghargaan "Blue Dragon Film Awards 2014", dan dalam ajang penghargaan "Daejong Film Awards 2014" dengan memenangkan Best Actress (Son Ye Jin) dan Best Supporting Actor (Yu Hae Jin).



____

Referensi artikel: asianwiki

Foto yang aku masukan dalam postingan ini bersumber dari asianwiki dan IMBd. Sementara ada dua foto yang aku edit sendiri dari Canva.

Untuk video trailer bersumber dari youtube Lotte Entertaiment.Kim Nam Gil

Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

Posting Komentar untuk "Review Sinopsis Film The Pirates (해적) : Aksi Petualangan Seru Perompak & Bandit"