Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sampai Jumpa Lagi, Lee Kwang Soo!

 

sampai jumpa lee kwang soo
Lee Kwang Soo dalam mode normal XD

Beberapa orang mungkin tau seberapa besar rasa sedihnya aku sejak mendengar kabar kalau Bang Girin a.k.a Jerapah a.k.a Lee Kwang Soo memutuskan untuk meninggalkan Runningan--acara variety show Korea Selatan yang sudah 11 tahun dia bintangi. Dia lulus dari Running Man di Episode 599. Kwang Soo memulai Running Man di usia 20an, dan sekarang usianya menjelang akhir 30an. Secara enggak langsung Kwang soo tumbuh bersama Running Man. Secara dia sudah bergabung sejak Running Man pertama kali tayang sebelas tahun lalu.


Sekilas Tentang Running Man


Logo Running Man Semua Anggota
Member Running Man (credit: wikipedia)


Running Man adalah acara variety show korea selatan yang pertama kali tayang pada 11 Juli 2010 lalu. Running Man mempunyai konsep melakukan misi permainan dan tantangan. Dulu permainan unggulannya yaitu mengejar satu sama lain untuk merobek name tag yang ada di punggung masing-masing member. Hal menarik lain juga permainannya selalu membutuhkan kekuatan fisik dan ditutup dengan ada hukuman bagi yang kalah dalam permainan atau misi di tiap episodenya.


Hal menarik lain tentang Running Man itu selalu ada member yang beruntung dan yang paling sial dalam permainan dan misi. Member yang selalu beruntung tuh Ji Hyo sama Joong Kook. Sementara yang paling sial itu Jae Suk, Seok Jin, dan yang paling sial di antara mereka Kwang Soo! Enggak paham deh itu kenapa dia selalu sial dan langganan kena hukuman terus.


Selama sebelas tahun mengudara di layar televisi korea, Running Man telah berganti member beberapa kali. Kalau posisi Kwang Soo digantikan oleh member lain bakalan jadi ke lima kalinya pergantian formasi member Running Man.


Member running man di episode 1


Pertama, member awal itu dipandu oleh 5 member pria (Jae Suk, Seok Jin, Joong Kook, Haha, Kang Gary, Kwang Soo, dan Joong Ki). Kalau liat video mereka di episode pertama ini tuh mereka masih lucu banget deh, baru pertama ketemu, saling enggak kenal, dan canggung gitu.

Kemudian Ji Hyo masuk bergabung di Running Man sejak di epsidode 6 setelah sebelumnya jadi bintang tamu di episode 2-5 Running Man. Setelah itu ada Lizzy After School yang sempat bergabung bersama ke member awal menemani Ji Hyo yang jadi satu-satunya member wanita di Running Man. Setelah Lizzy menjadi bintang tamu di episode 13 dan 14. Namun, Lizzy tidak lama bergabung baru 10 episode, dia memutuskan mundur dari Running Man. Setelah itu, Song Joong Ki menjadi maknae di antara member Running Man yang lain. Sayangnya, Joong Ki tidak lama bergabung menjadi member karena pada episode 41 dia memutuskan untuk keluar karena alasan ingin fokus pada karier aktingnya. Namun, beberapa kali Joong Ki datang sebagai bintang tamu di Running Man dalam episode 66 dan 283. Member Running Man cukup lama bertahan dengan posisi tetap bertujuh orang.


Posisi ketujuh member tetap bertahan cukup lama, tapi sayangnya di episode 324, Kang Gary memutuskan keluar karena alasan ingin fokus pada karier bermusiknya. Tidak lama setelah itu, Jeon So Min dan Yang Se Chan yang sebelumnya menjadi bintang tamu di Running Man bergabung menjadi member tetap pada April 2017 di episode 346. Sebelumnya So Min menjadi bintang tamu di Running Man pada episode 224 dan 343 dan Yang Se Chan menjadi bintang tamu di episode 321-323. Setelah keduanya bergabung menjadi member tetap, formasi Running Man bertahan dengan delapan anggota tetap hingga akhirnya Kwang Soo memutuskan untu keluar dari acara yang selama ini menjadi rumahnya selama 11 tahun.


Bisa dilihat 11 tahun bersama itu mereka seperti bertumbuh dewasa bersama. Awal mula canggung, saling enggak kenal hingga seperti sekarang. Para member Running Man terlihat seperti keluarga, kompak, sangat dekat, chemistry-nya mereka juga jempolan banget. Beberapa member berubah keadaannya kayak ada yang nambah anak, menikah kemudian punya anak, ada juga yang akhirnya kencan. Sementara beberapa lainnya tetap sama.


Memang ya, 11 tahun itu benar-benar bukan waktu yang sebentar. 11 tahun berlari bersama, 11 tahun merasakan suka dan duka bareng-bareng. Pergi ke mana pun bareng, menjelajahi berbagai tempat bareng, ketawa, nangis bareng, ah pokoknya tuh 11 tahun itu waktu yang cukup untuk menjadi satu keluarga yang utuh. Yup, keluarga Running Man.


Sampai Jumpa Lagi, Lee Kwang Soo


Sampai jumpa lagi Kwang Soo
Sampai jumpa lagi, Lee Kwang Soo! (credit: Shandyclaws)


Setelah menguatkan hati, akhirnya postingan ini berhasil aku rampungkan. Rasanya kayak dejavu deh, teringat rasa sedihnya persis kayak waktu ditinggal Daehan, Minguk, Manse saat keluarga Song memutuskan keluar dari The Returns of Superman. Malahan rasa sedih ditinggal Kwang Soo ini tuh jauh lebih sedih dari pada itu. Kebersamaan bareng Kwang Soo jauh lebih lama dan memorable juga.


Nangis kejer aku lihat Episode terakhir Kwang Soo. Enggak kuat banget saat lihat Kwang Soo berlinang air mata saat membacakan surat dari para member Running man dan juga surat yang dia tulis sendiri. Berkali-kali dia meminta maaf karena tidak bekerja dengan baik, dia juga mengucapkan terima kasih. Kayaknya aku enggak pernah lihat Kwang Soo sesedih itu sampe nangis sesegukan. Biasanya kalau lihat Kwang Soo antara dua aja: aneh atau heboh sendiri.


Aku memang enggak mengikuti Running Man (RM) dari 11 tahun yang lalu, tapi aku sudah lumayan lama juga mengikuti perjalanan Running Man, tepatnya dari jaman aku kuliah dulu. Mungkin sekitar tujuh tahun yang lalu. Dulu, RM dan Kwang Soo pasti jadi topik obrolan seru yang enggak pernah ngebosenin. Ngebahas Bang Girin tuh enggak pernah ada habisnya. 


Aku dan Enur pasti selalu membicarakan soal Kwang Soo entah saat mengobrol langsung atau pun via chat di wa. Pokoknya Kwang Soo selalu jadi topik obrolan terhangat. Dari Enur aku makin kenal RM, dan sejak pertama lihat, entah gimana pokoknya tuh aku udah jatuh cinta banget sama Kwang Soo.  Rasanya kayak cinta pada pandangan pertama ini tuh. 


Si pria jangkung kesayanganku ini unik dan menarik. Selalu ada aja kelakuannya yang ajaib, pokoknya jauh banget dari visual dia yang tinggi dan termasuk good looking juga. Ya, gimana ya biasanya kan cowok-cowok tinggi tuh kayak suka jaim gitu. Kayak "aduh, gue cakep nih".

Nah, beda cerita sama Kwang Soo. Jauh-jauh deh kesan pria jangkung tampan, anggun, rupawan kalau memang melihat Kwang Soo di Running Man mah. 



sampai jumpa lee kwang soo
Kwang Soo mode riasan penuh totalitas 



Kwang Soo is Kwang Soo. Kelakuannya penuh keajaiban karena dia se-totalitas itu sebagai entertainer. Dia selalu jadi penghibur, dia selalu berdandan apaan aja, dia selalu jadi bulan-bulanan. Selalu akting segimana aja juga dilakukan. Enggak jarang dia dibilang pengkhianat dan si sial karena selalu kena hukuman terus. 


Walau rasanya berat dan sulit menerima kabar keluarnya Kwang Soo, tapi aku mencoba untuk mengerti. Apalagi Kwang Soo memutuskan keluar dari Running Man dengan alasan ingin memulihkan kesehatannya. Pada Febuari 2020 lalu Kwang Soo pernah kecelakaan mobil dan ternyata proses pemulihannya enggak sebentar. Kwang Soo harus menjalani rehabilitasi karena patah tulang di bagian pergelangan kakinya akibat kecelakaan mobil yang dialaminya.


Selain pernyataan resmi itu, beberapa waktu ke belakang sebelum kabar dia mau keluar santer terdengar, aku sempat peka dan menangkap ada yang beda dari Kwang Soo di Running Man. Wajah Kwang Soo terlihat sekali dia lesu dan lelah banget, dan dia enggak seceria biasanya dan seperti terlihat memaksakan diri untuk ceria demi profesionalitas. Walau tertawa dan berusaha cerita, tapi aku melihat Kwang Soo kelihatan enggak bahagia. Mungkin juga dia merasa enggak bisa semaksimal seperti sebelumnya akibat cedera yang dialami.


Aku sudah menangkap sinyal itu, tapi tetep kaget karena tiba-tiba dihantam kabar dia BENERAN mau keluar dari Running Man. Kayak jadi bener yaaa dia emang keliatan beda di beberapa episode yang lalu sebelum kabar itu berembus ke publik. 


Mendengar kabar Kwang Soo memutuskan keluar benar-benar bikin aku sedih. Rasanya patah hati banget. Rasanya kayak lagi sayang-sayangnya, tapi kok ditinggal pergi.💔😭

Namun, di sisi lain entah kenapa aku merasa lega juga. Kwang Soo berhak bahagia. Kwang Soo berhak memulihkan dirinya. Kwangsoo adalah Kwangsoo. Dia juga manusia biasa juga. Walau sering dibilang mesin pembuat tawa. Kwang Soo tetap manusia, mungkin dia sudah mencapai titiknya. Jadi ya cukup. Kwang Soo sudah sangat bekerja keras selama ini. 


Sejujurnya setiap minggu, aku selalu nonton Running Man untuk dapat penghiburan. Enggak jarang kelakuan Kwang Soo bisa bikin aku ngakak sampe nangis dan sakit perut karena ngetawain tingkah dan lawakan dia. Benar-benar Kwang Soo is My Mood booster banget, enggak paham lagi. Saking totalnya Kwang Soo di dunia acara ragam, dia pernah membawa penghargaan di tahun 2016.


Lee Kwang Soo Won
The real entertainer uri Kwang soo




Asli, nonton epsidode Kwangsoo terakhir aku sempat gak kuat. Sejak episode 599 rilis, aku tunda-tunda terus sampai hampir seminggu karena segak kuat itu berpisah sama Kwangsoo. Pas di ending pun, aku nangis dong. Kwang Soo emang kayak enggak nyata ya, sosoknya kayak susah digapai, tapi setiap liat dia tiap minggunya berasa deket banget. Sekarang setiap minggunya udah gak lagi sama karena udah gak ada Kwang Soo yang bisa dilihat. 


Terus juga sedih karena kan belum pernah nonton Running Man Fan meeting secara langsung, belum ketemu Kwang Soo langsung loh aku tuh. 💔 


Sebagai penonton aja rasanya sedih banget, bener-bener enggak kebayang bagaimana perasaan para member Running Man yang lain ya? Mereka pasti jauh lebih sedih. Walau masih bisa ketemu di luar acara, tapi tetap saja ada rasa yang hilang. Selama 11 tahun, setiap Senin selalu syuting bareng. Sudah banyak momen bareng-bareng. Tur ke mana-mana bareng. Belum lagi sosok Kwang Soo memang tak kan terganti.


Di balik julukan pengkhianat yang disematkan kepadanya, Kwang Soo tuh orang baik banget. Ke yang lebih tua tuh Kwang Soo perhatian banget banget, mannernya baik juga. Terus ke member yang lebih muda dari dia, Kwangsoo bisa merangkul mereka dan membuat mereka bisa nyaman masuk ke member-member yang lebih tua. Ibaratnya Kwangsoo ini ada di tengah-tengah, sebagai jembatan bagai para member. 


Sekarang kalau kangen Kwang Soo paling nonton ulang episode-episode Running Man yang dulu-dulu. Huhuhu.



Tuh, liat deh kelakuannya. Lee Kwang Soo posting di instagram pribadinya, dia masih bisa-bisanya begini. Ini tuh aku enggak tau mesti ngakak atau sedih pas liatnya. 😭😭😭 





Thank You, Lee Kwang Soo



Kwang Soo, terima kasih, selama 11 tahun kamu sudah bekerja keras dan melakukan yang terbaik. Kwang Soo, terima kasih atas 7 tahunnya yang sangat menyenangkan. Terima kasih selama ini menghibur dan jadi alasanku untuk kembali merasa lebih baik saat rasanya lagi merasa lelah sama hidup dan segala rutinitas yang ada. Bang Girin makasih atas semuanya.


Semoga lekas membaik, semoga proses rehabilitasimu lancar dan kamu bisa kembali ke acara ragam. Kamu entertainer sejati, selalu totalitas dalam pekerjaan (khusunya di Running Man. Banyak juga staf yang memuji profesionalitasmu selama 11 tahun di RM).


Lee Kwang Soo, aku dukung apa pun yang membuatmu bahagia. Kamu sudah bekerja keras selama ini, terima kasih banyak, Lee Kwang Soo. Aku pasti merindukanmu. Semoga aku tetap bisa melihatmu entah di mana pun itu (drama, film atau variety show yang lain, dan masih ngarep kalau suatu saat kamu balik ke RM lagi 😢). Semoga sehat selalu dan bahagia di mana pun kamu berada.

Terima kasih Lee Kwang Soo
  • Credit: Shandyclaws


Saranghaeyo, Lee Kwang Soo.

Sampai jumpa lagi, Kwang Soo, our beloved Asia Prince! :")


***


Credit: Semua foto Lee Kwang Soo bersumber dari instagram resmi Running Man dan aku edit di Canva.


Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

2 komentar untuk "Sampai Jumpa Lagi, Lee Kwang Soo!"

  1. Mba Kwang Soo ini yg pas adegan running man naik gondola di pantai timang yogyakarta kan yaa?. Kalo bener, duuuh aku suka banget yg adegan itu :D. Sampe bener2 harus ke pantai timang nyobain gondolanya. Seru banget pas liat dia syuting di sana. Beneran ketakutan :D.

    Sayang juga kluar Dr running man yaa... Tp kalo memang demi kebaikannya, ya sudahlah. Semoga cepet pulih dari cedera dan bisa main serial lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak, dia yang di Pantai Timang itu.

      Asli sih itu salah 1 episode favoritku juga.

      Dia tuh dibilang masuk tim pengecut karena emang banyak takutnya, tapi herannya dia selalu dapet jatah yang ekstrem2 terus. Kasian sih, tapi dia tuh totalitas banget ih. Bener-bener dia lakuin dan segimana caranya dia selalu menghibur orang-orang. Salut dan sayang banget sama Kwangsoo :")
      Iya, mbak. Patah hatiku di tahun ini, tapi aku ikhlas aja apalagi dia keluar demi memulihkan kesehatannya mbak.

      Hapus