Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Sinopsis Film Her Love Boils Bathwater: Mendalami Makna Berharganya Keluarga

 

review sinopsis film her love boils bathwater


Informasi Film


Judul: Her Love Boils Bathwater / Yu o Wakasu Hodo no Atsui Ai (湯を沸かすほどの熱い愛)


Sutradara: Ryota Nakano


Penulis: Ryota Nakano


Tanggal rilis : 29 Oktober 2016


Pemeran:

Pemeran film her love boils bathwater karya ryota nakano




Trailer Film Her Love Boils Bathwater


Inilah trailer film Her Love Boils Bathwater yang bakalan bikin pengin nonton banget:






Sinopsis Film Her Love Boils Bathwater


Film Her Love Boils Bathwater merupakan film Jepang bertema keluarga yang berkisah tentang Futaba Sachino, seorang Ibu yang tinggal berdua dengan Azumi--putrinya yang pemalu. Azumi sering membuat alasan untuk tidak pergi ke sekolah. Futaba terus berusaha membuat putrinya untuk tetap berangkat ke sekolah. Semua berjalan seperti biasa hingga satu kejadian membuat segalanya berubah. Futaba didiagnosis menderita kanker Pankreas yang sudah menyebar hingga ke otak. Dokter memberi vonis kalau hidupnya tidak akan lama lagi. 


Futaba hanya punya waktu 2 bulan sebelum dia meninggal. Dia berusaha untuk menyelesaikan satu persatu urusan dan masalahnya di dunia. Ada 3 misi utama yang perlu diselesaikan Futaba: 1) Menemukan  kembali suaminya yang pergi setahun lalu meninggalkan keluarganya. 2) Membuka kembali bisnis pemandian umum keluarganya. 3) Mengajarkan Azumi untuk menjadi anak yang Mandiri.

Dalam usaha keras Futaba untuk menyelesaikan misi hidupnya, Dia ingin mengembalikan dan menyatukan potongan puzzle hidup dia dan keluarga sesuai pada tempatnya. Dia juga ingin menikmati hidupnya yang berharga di sisa waktunya yang singkat.


Review Film Her Love Boils Bathwater


Film berdurasi 125 menit karya Ryota Nakano ini memiliki visual yang bagus dengan tone hangat dan terasa dekat dengan penonton. Ada saja adegan-adegan yang pasti related sama penonton. Alurnya yang ringan juga nyaman untuk dinikmati perlahan-lahan.


Berbicara tentang tokoh di dalam film keluarga Her Love Boils Bathwater, menurutku Futaba ini tokoh sentral yang menarik. Dia hadir sebagai sosok ibu yang tegas dan hangat. Aku suka bagaimana cara Futaba mendampingi dan mengajarkan putrinya untuk berani menghadapi masalahnya bukannya malah melarikan diri dari masalah yang dihadapinya. Futaba juga berusaha berdamai dengan masa lalunya juga dan menghadapi kenangan pahit yang dia simpan rapat selama ini juga. Kebesaran hatinya untuk memaafkan dan membawa kembali suaminya demi keutuhan keluarganya ini meninggalkan kesan yang dalam dan kuat juga. Secara tidak mudah berdamai dengan masa lalu dan memaafkan.


Di luar dari ekspektasi, aku pikir aku akan menangis sepanjang film Her Love Boils Bathwater ini berlangsung. Ternyata dugaanku salah. Dibanding menangis, aku malah banyak tersenyum saat menonton film Her Love Boils Bathwater ini. Memang ada beberapa adegan yang bikin terharu dan membuatku menangis. Cuma anehnya, dibanding larut dalam haru dan cuma menangis, aku justru merasa hangat dan lega. Apalagi di film Her Love Boils Bathwater aku lihat tidak hanya fokus pada kesedihan melulu, tapi ada selipan humor yang bikin ketawa juga. Ini hal pertama yang kubilang terasa dekat. Film ini aku melihat seperti penggambaran tentang hidup. Tidak semua hal membuatmu bahagia, tapi tidak semua kesedihan akan kamu rasakan terus-terusan juga.


film jepang tema keluarga her love boils bathwater




Sebagai penonton, aku diajak pelan-pelan untuk melihat dan menyelami kisah hidup Futaba dan keluarganya serta berbagai makna yang ada di dalam film Her Love Boils Bathwater. 


Aku kagum sekali dengan usaha yang dilakukan Futaba untuk menyelesaikan puzzle demi puzzle masalah yang ada di hidupnya sampai ke potongan terakhir. Aku kagum bagaimana Futaba bisa berperan penting bagi hidup banyak orang di sekelilingnya. Futaba meninggalkan pesan dan kesan yang kuat dan akan jadi kenangan yang indah untuk dikenang keluarga dan orang-orang terdekat yang menyayanginya. Futaba hadir tidak hanya untuk mendukung, tapi untuk menguatkan orang-orang di sekitarnya. I love her so much!


Aku kagum juga pada usaha Azumi untuk menghadapi masalah yang dia hadapi. Aku senang melihat tokoh Azumi ini berkembang. Aku kagum juga pada usaha suaminya Futaba yang awalnya aku kira cuma seorang manusia yang tidak berguna, tapi ternyata dia bisa berguna juga kalau berusaha lebih keras lagi.


Film Her Love Boils Bathwater ini mengalir apa adanya. Mungkin buat kamu yang kurang sabar dan suka pace yang serba cepat dan menegangkan bakalan merasa bosan di awal. Namun, tenang saja, teman-teman. Hal itu tidak akan bertahan lama. Pada akhirnya akan hadir beragam kejutan yang akan membuatmu merasa kalau film ini menarik untuk ditonton sampai menit terakhir. Tidak ada yang namanya membuang waktu sia-sia setelah menyelesaikan film Her Love Boils Bathwater.


Terus terang, Aku sampai dibuat bengong karena aku sama sekali tidak menebak kejutan-kejutan itu bakalan ada. Pemikiran awalku tuh paling film jepang ini akan sama seperti film keluarga pada umumnya yang mudah ditebak jalan ceritanya. Isinya pasti tentang yang sedih-sedih semuanya. Oh, tidak, aku salah! Film Her Love Boils Bathwater berbeda. Apalagi ternyata kejutan yang aku rasakan itu tuh berkaitan satu sama lain. Misalnya ada adegan A, tapi ternyata ini tuh bakalan nyambung sama adegan C yang ternyata juga ada kaitannya sama adegan B.


Akhir film Her Love Boils Bathwater ini pun bener-bener tidak terduga buatku. Aku bengong sambil berucap, "Lah? Kok? Ternyata...."


Aku sampai mengulang bagian akhir filmnya dua kali untuk meyakinkan apa yang aku lihat itu tidak salah. Setelah itu, aku membatin, "parah ini film bagus. Cerdas sekali!"




Kesan Menonton Film Her Love Boils Bathwater


Sebelum membahas kesan menonton film Her Love Boils Bathwater, terus terang aku tidak banyak mengikuti karya-karya dari sineas Jepang. Bisa dihitung jari jumlah film dan drama Jepang yang pernah kutonton. Bisa dibilang aku lebih banyak menonton anime dibanding film dan dorama. Jadi aku bakalan lebih gampang menyebutkan judul anime dibanding judul film dan dorama Jepang. XD


Kalau beberapa tahun ke belakang, film anime dari Jepang yang aku bisa nikmati itu buatan studio Ghibli. Semuanya favorit! Mulai dari gambar dan ceritanya.


Oh, iya, aku hampir lupa. Selain buatan Studio Ghibli, Aku juga menikmati film-film karya Makoto Shinkai. Jadi bisa dibilang aku clueless banget kalau ditanya soal film Jepang. Hehehe. Namun, saat ketemu dan menonton film Her Love Boils Bathwater ini di Japanese Film Festival Online 2022 membuatku bersyukur sekaligus excited

Film Her Love Boils Bathwater ini jadi membuka wawasanku juga sih. Oh, ternyata ada juga loh film Jepang yang bagus dan menarik untuk dinikmati. Tinggal akunya aja yang mesti rajin buat mencari. Hihihi.


Di film Her Love Boils Bathwater aku menemukan paket yang komplit. Aku suka sama tema, alur, plot cerita, tokoh, dan akting para pemerannya.


Aku suka karakter Futaba dan akting pemerannya. Apalagi Futaba disampaikan dengan sangat apik. Futaba sosok ibu lembut, tapi tangguh.


Futaba penggambaran orang tua yang ingin mendukung anaknya dengan caranya. Ibaratnya ya dia tuh bakalan memberi kail dibanding cuma sekadar memberi mereka ikan.


Aku juga suka sosok Azumi. Tokoh tertutup dan pemalunya ini bisa dibawakan dengan baik. Akting pemerannya juga bagus.


Pemeran Ayuko juga tidak kalah keren sih aktingnya. Apa ya sosok ini tuh anak kecil, tapi dewasa gitu pola pikirnya. Cuma sisi kepolosan dia sebagai gadis kecil tuh tidak hilang. Pokoknya keren deh buat dilihat.


Aku melihat juga di film ini menonjolkan sisi kekuatan perempuan dalam menghadapi masalah hidupnya. Mulai dari Futaba, Azumi sampai Ayuko.


Pokoknya ya, bagiku keseluruhan pemerannya ini punya porsinya masing-masing yang pas dan membuat film Her Love Boils Bathwater ini jadi makin menarik. Selain itu, aku juga tidak menyangka kalau tradisi mandi bersama di Jepang bisa sebegitu dalam maknanya dikisahkan oleh film Her Love Boils Bathwater ini. 3 poin utama dari tradisi mandi bersama di Jepang yang berhasil digambarkan dengan baik di dalam film ini: kedekatan, penyembuhan, dan penyucian.


Aku juga suka cara Sang Sutradara dalam mendewasakan para tokoh-tokohnya dalam film Her Love Boils Bathwater ini. Jadi bakalan kerasa hangat karena dari awal sampai akhir filmnya, para tokohnya ini tuh jadi berbeda dan bertumbuh. Baik itu dari segi pikirannya, sifatnya, maupun cara mereka untuk bisa berdamai dengan masalah dalam hidupnya. 

Ah iya, aku juga suka cara sutradaranya dalam menyampaikan karakter Futaba. Alih-alih jadi tokoh sentral yang layaknya wonder women dengan "kekuatan supernya" untuk membantu sekelilingnya dalam menyelesaikan masalah. Futaba justru hadir dengan sisi manusiawinya juga. Futaba punya harapan kecil bertemu dengan sosok yang dia rindukan sejak lama dan ketakutannya soal dia tidak ingin mati, dia ingin hidup bahagia bersama keluarganya juga. Sisi ini mengharukan sekali. Terasa banget frustasinya dia tentang harapannya ini. :")

Film Her Love Boils Bathwater ini meninggalkan kesan tentang betapa berharganya sebuah keluarga. Di mana di sana tempatmu berbagi kedekatan dan berbagai rasa. Di sana pula tempatmu untuk saling menguatkan dan mengandalkan satu sama lain.

Btw, saat aku mencari tahu informasi tentang seluruh pemerannya, ternyata mereka sangat aktif mengambil proyek film dan drama. Daftar film dan drama yang pernah mereka bintangi selain film Her Love Boils Bathwater pun banyak juga. Jadi aku menyimpulkan kalau mereka semua memang aktor kawakan. Pantesan akting mereka semua itu bagus dan matang dalam film Her Love Boils Bathwater sehingga meninggalkan kesan yang tidak akan bisa aku lupakan.


Penghargaan yang Diterima Film Her Love Boils Bathwater


Sudah aku tuliskan kalau film Her Love Boils Bathwater ini memang menarik dan bagus. Banyak faktor yang menjadi penilaian seperti yang sudah aku bahas di paragraf sebelumnya. Bagusnya film Her Love Boils Bathwater ini ternyata dibuktikan juga dengan penghargaan yang diraih oleh film ini. Inilah daftar penghargaan yang diterima film Her Love Boils Bathwater:



penghargaan film her love boils bathwater


Hana sugisaki pemeran film her love boils bathwater


Penghargaan film her love boils bathwater



Rie Miyazawa pemeran film her love boils bathwater




Penutup


Film Her Love Boils Bathwater ini film ringan tentang keluarga yang kaya makna dan menyajikan paket tontonan yang lengkap. Kamu akan mendapat hiburan sekaligus kesan mendalam hingga di menit terakhir film Her Love Boils Bathwater ini. Aku merekomendasikan sekali film ini untuk ditonton. Selamat menonton ya, Teman-teman!


_____

*credit foto

Semua foto yang digunakan berasal dari ImDb dan Asianwiki meski ada beberapa yang aku edit sendiri juga.

Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

Posting Komentar untuk "Review Sinopsis Film Her Love Boils Bathwater: Mendalami Makna Berharganya Keluarga"