Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Google Analytics dan Google Search Console Bagi Blog

manfaat google analytics dan google search console bagi blog


Di dalam mengelola blog atau sebuah situs ternyata banyak faktor yang harus diperhatikan. Selain faktor kontennya yang harus dibenahi dan dimaksimalkan, faktor lainnya dengan lebih memperhatikan perfoma blog yang bisa dioptimasi dengan mengunakan audit tools. Tools ini berguna sebagai alat untuk mencatat dan melaporkan tentang performa blog. Kedua metriks itu adalah Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC). Baik GA maupun GSC memiliki persamaan, yaitu sebagai alat ukur yang mengukur performa blog maupun website yang kita miliki.

Aku sudah memiliki kedua tools audit itu sudah sejak lama, tapi aku belum benar-benar memahami dan mengenal tools ini dengan baik. Beruntung aku diberi kesempatan oleh BRT Network untuk mengikuti kelas SEO gratis di bulan Juni 2021 ini jadi belajar ilmu yang berguna bagi seorang blogger nih jadinya.

Di minggu ketiga ini, materi pembelajaraannya tentang audit web dan tools audit. Materi itu disampaikan oleh Mas Priyo Harjiyono pada saat webinar pada 19 Juni 2021, jam 19.00 WIB lalu. Secara garis besar materi malam itu membahas seputar Google Analytic dan Google Search Console.

 

Google Analytics

tampilan google analytics blog


Google Analytic adalah metriks atau tools audit yang digunakan untuk mengukur performa blog atau situs terhadap pengunjung sebuah situs. Di dalam Google Analytics ini temen-temen bisa menemukan laporan mengenai performa blog berdasarkan kategori-kategori yang ada pada tools ini. 


Kategori laporan yang ada dalam Google Analytics adalah sebagai berikut:

Real time

Laporan ini menunjukan ada berapa banyak pengunjung yang sedang mengakses blog atau situs kita di saat ini.

Audiens

Laporan ini menunjukan siapa-siapa saja orang yang datang berkunjung ke blog atau situs kita. Di dalam kategori ini pun terdapat bagian sesi yaitu koneksi yang dilakukan pengguna dalam mengakses halaman website dalam waktu tertentu. Untuk blog, menurut penuturan Mas Priyo itu belum ada patokan yang pasti, tapi kisaran 30 menit dihitung sebagai satu sesi.

Page view adalah jumlah tayangan halaman, jadi ada berapa banyak orang yang mengakses suatu halaman.

Kemudian ada ratio pantulan, artinya bagaimana audiens itu masuk kemudian keluar di halaman yang sama. Untuk mengatasinya biasanya setelah membuka atau komen di blog atau situs orang lain itu sebaiknya ngeklik juga internal link yang ada di halaman itu. Namun, hal itu akan sulit dilakukan karena kita tidak bisa memaksa orang lain untuk mengklik internal yang disediakan, kecuali mungkin memang ada yang menarik perhatian mereka.

Di dalam kategori Audiens juga ada minat dan lokasi, dengan laporan tentang kedua hal ini artikel konten yang dibuat dalam suatu blog atau website itu bisa memadukan niche dengan latar belakang pengunjung blog atau situs kita.

Akuisisi

Laporan ini menunjukan dari mana saja orang-orang ini datang hingga sampai ke blog atau situs kita. Biasanya pengunjung datang dari organic search, direct (ini biasanya saat kita bagikan di aplikasi pesan. Salah satunya saat ada program blog walking), ada juga yang dari sosial media.

Perilaku

Laporan ini menunjukan apa saja yang orang-orang ini lakukan. Seperti minat mereka, hobi mereka, kebiasaan mereka.

 

Konversi

Laporan ini menunjukan tentang sasaran yang ingin kita tuju. Jadi saat kita mengatur sasaran Url dalam situs kita. Biasanya ini berguna jika kita punya bisnis maka sasaran url yang dituju bisa link menuju ke e-commerce atau tempat di mana kita menjual produk tersebut. 

Google Search Console        

tampilan google search console blog


Google Serach Console adalah metriks atau  tools audit yang digunakan untuk mengukur performa blog atau situs di mata mesin pencari.

Memiliki Google Search Console sebagai tools untuk blog atau situs kita ini membantu dalam melihat bagaimana kinerja blog kita, seperti seberapa banyak orang yang telah mengklik blog kita. Kemudian kata-kata kunci apa yang dicari orang di mesin penelusuran dan kemudian ada kata kunci yang banyak dicari di blog kita dan seberapa cepat blog kita untuk terbuka dari desktop maupun dari mobile. Page speed itu ada LCP, CLS. Untuk mengecek kecepatan blog bisa menggunakan PageSpeed google.

 

Manfaat Google Analytics dan Google Search Console Bagi Blog

Google Analytics dan Google Search Console ternyata adalah tools yang penting untuk melihat seberapa jauh performa blog atau situs yang kita miliki. Melalui laporan dari kedua tools itu, jadi tahu apa saja yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan performa blog kita di mata pengunjug blog atau situs kita maupun di mata mesin pencarian.

Mempergunakan Google Analytics dan Google Search Console membantu kita dalam lebih mengenal siapa saja pengunjung blog atau situs kita, seperti apa latar belakang pengunjung, apa yang mereka butuhkan atau apa yang mereka suka, dan sasaran atau tujuan yang ingin kita capai dari postingan yang telah kita buat. Terlebih jika memang blog kita dipasang iklan. Setelah lebih mengenal pengunjung blog kita kemudian kita juga dapat memadukannya dengan mengoptimalkan blog dengan membuat konten berdasarkan kata kunci relevan dan banyak dicari oleh orang agar performa blog kita tidak hanya baik di mata pengunjung, tapi baik juga di mata mesin penelusuran.

Penutup

Last, but not leastAku bersyukur bisa diberi kesempatan mendapat materi tentang Audit Web & Cara Menggunakan Tools Audit yang disampaikan Mas Priyo sehingga aku bisa lebih ngeh lagi tentang Google Analytics dan Google Search Console. Aku juga jadi lebih tahu seberapa penting dan bermanfaatnya kedua tools itu bagi blogku.

Senang rasanya juga ikut kelas ini karena dari mulai minggu pertama mengikuti kelas, aku bisa belajar seputar Seo Off Page yang saat itu diisi oleh Mas Aldhi. Di minggu kedua membahas seputar Seo On Page yang diisi oleh Mas Pewe.

Mengikuti kelas BRT SEO Juni ini wawasanku jadi lebih terbuka mengenai blog dan bagaimana mengoptimasi blog agar memiliki performa yang baik. 

Aku sudah membuat blog mitaoktavia.com sejak lama, tapi ternyata banyak hal yang masih belum aku tahu tentang blogku sendiri. Apalagi memang niat awal aku membuat dan menulis blog dulu hanya sekadar tempat curhat, mengeluarkan pendapat, dan menyalurkan kesukaanku menulis. Walaupun hingga kini masih banyak sekali kekurangan dalam blogku, tapi semoga aku bisa pelan-pelan membenahinya.

Terima kasih kepada Kakak-kakak di BRT; Mbak Monica, Mas Pewe, Kak Gilang. Kemudian juga untuk para pengajar Mas Aldhi dan Mas Priyo, terima kasih juga.


Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

28 komentar untuk "Manfaat Google Analytics dan Google Search Console Bagi Blog"

  1. Trimks infonya gan. Luar biasa penjelasannya tentang Tool Google Analytics dan Google Search Console...lengkap.

    BalasHapus
  2. Aaakk, memang dua hal ini vital banget perannya untuk blog ya Mba
    setiap contet creator diharapkan bisa menguasai dan memanfaatkan Google Analytics dan Google Search Console.

    BalasHapus
  3. seneng ya mbak dapat kesempatan ikut kelas yang bener2 manfaat buat kita, apalagi gsc sama GA ini memang kaya patokan banget buat para blogger

    BalasHapus
  4. Aku udah lama enggak manfaatin google search console lagi. Ntar ngoprek, deh

    BalasHapus
  5. Bener banget nih, Google Analytics dan Google search console bagus banget untuk melihat perfoma blog kita. Aku sendiri udah pakai tools ini dari tahun 2015. -@Yudichu Apabedanya.com

    BalasHapus
  6. Wah kelasnya seru banget ya mba. Memang paham GA dan GSC itu penting banget ya apalagi untuk blogger

    BalasHapus
  7. sungguh ilmu yang berguna untuk terus meningkatkan performa blog jadi lebih baik dan berkualitas ya kak, kece bener

    BalasHapus
  8. Sempat gak peduli sama statisti2 gini. Ternyata berguna ya, untuk menentukan pola marketing tulisan kita ke depannya.

    BalasHapus
  9. Kebanyakan blogger hanya memiliki akun GSC dan GA tanpa memaksimalkan fungsi keduanya. Nggak perlu jauh-jauh mencari siapa orangnya. Kadang saya juga begitu. Sekedar punya aja. Duh, peer banget nih.

    BalasHapus
  10. Aku masih harus belajar banyak nih soal Google Analytics dan Google Search Console ini. Sering sih buka keduanya, tapi banyak nggak ngertinya....

    BalasHapus
  11. Semakin lama kita semakin tahu daleman blog kita ya kak. Apalagi kalau sudha utak atik GA dan GSC. Tapi kalau aku belum terlalu detail pemahamannya, masih yang dasar aja di kedua hal itu hehe

    BalasHapus
  12. Wah, sudah ada kelas lagi kok ga ada woro2 di grup, nih. Atau hanya kelas singkat alias webinar?
    Oh iya, saya sudah lama sekali bikin GSC untuk blog lama dan mau bikin blog baru kok lupa-lupa ingat caranya. Ntar coba kulik lagi aaah.
    Makasih remindernya.

    BalasHapus
  13. Banyak yang bisa diketahui dari kedua GSC dan GA ini ya, Saya sendiri pengguna dan memang banyak memberikan informasi penting tentang blog

    BalasHapus
  14. Terima kasih telah berbagi, saya nggak sempat ikutan acaranya. Namun lewat artikel super duper keren ini, saya jadi bertambah wawasan seputar GA dan GSC. Kedua tools ini penting banget untuk meningkatkan performa blog. yes i agree....

    BalasHapus
  15. Ilmu yang sangat bermanfaat tentang Google search console dan google analytic terbukti 2 tools ini saya kuasai hingga sekarang

    BalasHapus
  16. Ah iya, GSC itu penging banget ya mbak
    buat tahu bagaimana performa blog yang kita miliki

    BalasHapus
  17. Manfaat banget sih emang dua tool gratis ini. Apalagi ada fitur baru di Search Console untuk melihat insight per artikel dan kata kuncinya. Mudha-mudahan bisa dioptimasi lebih jauh untuk perkembangan blog kita ya kak.

    BalasHapus
  18. Ilmu yang penting dan berguna banget nih tertutama bagi para blogger, yaa itung2 bisa jadi blogger profesional yaa. Amiin.

    BalasHapus
  19. Asik bangeeetttt. Materinya tebal yummy ini.

    Memang sih, google analytic sama google search console ini banyak banget manfaatnya dalam menjalani kehidupan sebagai bloger.

    Termasuk disesuaikan juga sama medsos yang dipunya.

    BalasHapus
  20. Belajar mengenai SEO ini seru banget ya...
    Dan gak jarang materinya bikin berasap setelah belajar. Kudu sungguh-sungguh dan langsung di praktekkan.

    Barakallahu fiikum tim BRT dan kak Mita yang sudah menuliskannya.
    Jadi pembaca bisa ikut belajar.

    BalasHapus
  21. Dua tools ini memang harus dipahami sih fungsi dan manfaatnya agar bisa dimaksimalkan. Apalagi kan ini berhubungan dengan performa blog kita.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah ya mbak dapat kesempatan berharga ikutan kelasnya, jadi makin tau deh tentang GA dan GSC plus bisa berbagi ilmu pula buat blogger atau pemabaca lain yang ga ikutan di kelas SEOnya

    BalasHapus
  23. Saya masih jarang ngintip google search console nih, belum terlalu ngerti, hehe...

    BalasHapus
  24. Ini penting banget buat blogger ya mbak, tapi aku belum pinter utak atiknya sih sepanjang masihh mengamati mana yang paling rame. makasih sharingnya mbak mita

    BalasHapus
  25. Wah GSC ternyata lengkap ya fungsinya. Aku kira cuma buat indexing artikel aja. Ntar aq kulik2 lagi deh siapa tahu bisa jadi tulisan

    BalasHapus
  26. saya masih belum tahu benar isi Google Analytic ini, cuma tahu yang sering digunakan untuk saat laporan klien aja, padahal kalau kita udah tahu jelas pasti akan sangat bagus.
    sama nih dengan GSC juga, beruntung banget ya Mbak bisa ikut kelasnya :)

    BalasHapus
  27. Saya juga merasakan manfaat yang banyak dari google analytics dan google search console, kita jadi tahu performa blog kita setiap bulan. Trus juga dapat info artikel dan keyword apa yang paling banyak dibaca dan dicari di blog kita.

    BalasHapus
  28. Ya ampun..aku sudah lama gak perhatiin ini..terutama google console..untuk cek2 link rusak...,
    Dan lainnya..karena pengaruh banget dwngan peforma blog... makasih sudah mengingatkan..

    BalasHapus