Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nostalgia Bersama Game


Bermain game bukan kegiatan hobi baru bagiku. Game dan diriku sudah saling mengenal sejak bertahun-tahun lalu. Bermain game membuatku sering bernostalgia. Game menyelipkan bahagia, tawa kehangatan bersama orang-orang yang aku sayang. Bermain bersama, tertawa bersama, saling berkompetisi jadi perasaan yang paling menarik saat dulu.


Aku mulai bermain game sejak masih di Sekolah Dasar, mungkin saat itu sekitar sembilan tahun usiaku. Saat itu Om Ipay--Omku bekerja sebagai penjaga rental PS (Play Station). Selain suka musik, Om ku suka bermain game. Omku memiliki satu unit PS di rumah yang dibelinya dari seorang temannya yang sedang membutuhkan uang.


Nostalgia bersama game




Setiap berlibur di rumah eyang saat liburan sekolah dulu adalah hal yang  paling aku suka. Di sana aku bisa puas bermain game. Aku paling suka bermain Pepsi Man, Tony Hawk Pro Skater, CTR-Crash Tim Racing, Crash Bandicoot, Harvest Moon: Back to Nature, game memancing (ini lupa namanya apa, ada dua game berbeda) hingga Guitar Hero  yang menjadi game-game yang sering aku mainkan. Game Harvest Moon jadi game favoritku sepanjang masa bahkan hingga kini aku telah dewasa. 


Selepas berhenti bekerja menjadi penjaga di rental PS, Om Ipay membuka usaha rental PS sendiri di rumah eyang. Tak mau ketinggalan, Mama Eyang ikut membuka rental juga. Akhirnya mereka berdua membuka bisnis penyewaan PS bersama. Ada enam unit PS yang dilengkapi dengan stik dan monitor TV. Dua milik Om Ipay, sementara sisanya milik Mama Eyang. Saat itu usaha penyewaan PS sangat berjaya. Dimulai dari menyewakan PS1 hingga PS3.


Jika mengenang momen di masa itu, aku masih bisa merasakan perasaan bahwa bermain game sangat menyenangkan. Biasanya aku bermain game bersama Om Ipay, Mama Eyang, dan sepupu yang lain. Permainan favorit kami untuk bertanding biasanya CTR dan Guitar Hero. Kami akan saling bersaing meraih posisi pertama jika itu game dengan konsep pertandingan. Atau berusaha membuka petunjuk dan saling memberi tau petunjuk saat itu game tentang strategi.



Tidak hanya suka bermain PS, mama eyang juga dulu punya Nitendo. Pernah sesekali kami memainkan bersama, tapi jarang dimainkan kembali sejak kemunculan PS1. Sudah terlalu lama disimpan, mamaku yang pernah mencoba bermain game Battle City akhirnya tertarik membeli Nitendo dari Mama Eyang. Buat punya-punya, biar ada hiburan dirumah--begitu kata mama padaku.


Dua permainan Nitendo yang jadi favorit mama adalah Battle City dan Bomberman.  Sementara aku suka juga memainkan game Super Mario Bros, Boomberman, Circus Charlie, Ice Climber, ExciteBike, Ballon Fight, Adventure Island, dan Road Fighter. Biasanya aku dan mama memainkan Battle City bersama. Kita akan heboh berdua di depan layar sambil tertawa bersama.



Sejak punya Nitendo di rumah, aku selalu betah di rumah dan memainkan game bersama mama. Biasanya aku bermain sepulang sekolah, dengan catatan tidak ada Pekerjaan Rumah (PR) yang aku bawa dari sekolah. Bermain game tidak lagi harus menunggu liburan sekolah tiba karena biasanya hanya bisa dilakukan di rumah eyang. Walaupun tetap setiap liburan agenda bermain game bersama tidak pernah absen dari daftar kegiatan wajib di rumah eyang.



Satu tahun kemudian, Stik Nitendo yang ada rusak dan sangat sulit mencari penggantinya yang baru. Akhirnya aku berhenti bermain game untuk sementara waktu. Aku kembali bermain game lagi sejak adik aku membeli satu unit PS2 dari uang saku yang dia dapatkan setelah sunatan.


Aku kembali bisa memainkan game yang aku suka. Saat itu aku senang memainkan game Haverst Moon: A Wonderful Life, Tenchu 2, DownHills, dan Resident Evil. Hampir setiap hari aku selalu memaikan game-game itu secara bergantian setiap sepulang sekolah. Kadang bermain sendirian, kadang bermain dengan adik aku, dan Mamaku.


Cukup lama aku memainkan PS2 sampai stik PS2 yang ada rusak. Sejak saat itu, aku berhenti bermain game di PS2. Aku kembali menemukan game saat menjelang akhir masa SMP. Saat itu pertama kalinya aku mengenal internet. Beberapa kali aku main ke warung internet untuk bermain game online di sebuah situs. Gamenya lengkap sekali. Jujur ya lupa namanya apa soalnya emang sudah lama sekali tidak pernah bermain di sana.


Kemudian aku berhenti datang ke warnet saat memiliki Personal Computer (PC) pertamaku dan modem. Ada dua game yang diintall pada waktu itu yaitu Zuma dan Pizza Frenzy. Zuma jadi game favorit mamaku. Kalau PC sedang tidak digunakan olehku untuk mengerjakan tugas pelajaran produktif dari sekolah, Mama pasti bermain Zuma setelah selesai mengerjakan pekerjaan di rumah. Mama bisa menghabiskan dua jam bermain dan aku paling suka melihat mama bermain. Wajahnya terlihat semringah dan kebahagiaan pun sangat terpancar dari Mama. Games jadi pelepas stres dan penat setelah bekerja mengurus rumah dan keluarga.


Aku jarang bermain game di PC, hanya Pizza Frenzy yang aku mainkan dan jadi salah satu game favoritku. Aku juga bermain game online Criminal Case di Facebook. Aku baru berhenti bermain game saat menjelang kelulusan SMK karena kesibukan di sekolah dengan jadwal dan kegiatan yang padat untuk mempersiapkan diri mengikuti Ujian Sekolah dan Ujian Kompetisi. Jadi tidak ada waktu untuk bermain game.



Bertahun-tahun tidak memainkan game apa pun kadang kala aku merasa rindu. Setiap terkenang, aku selalu rindu saat-saat bermain game di masa kecilku dulu. Seru, puas, dan bahagianya itu tuh masih terasa hingga aku dewasa. Bermain game meninggalkan kesan mendalam bagiku.


Tahun 2020 lalu aku bertemu lagi dengan game, tepatnya mobile game. Akibat Pandemi, aku merasa ruang gerakku terbatas. Tidak bisa pergi ke luar rumah dengan bebas. Sebisa mungkin menghindari kontak dengan orang lain.  Bahkan hingga ada aturan untuk hanya berdiam diri di rumah jika memang tidak ada hal penting dan mendesak. Bosan sekali rasanya, stres juga. Aku butuh pengalihan dari rasa enggak nyaman karena situasi yang serba kacau dan tidak terduga akhirnya aku kembali bermain game. 

Game yang aku mainkan itu State of Survival (SoS). Kemudian dari seorang teman aliansiku di SoS mengenalkanku pada game MMORPG Adventure Quest 3D (AQ3D). Satu lagi aplikasi yang isinya game, game favoritku Adu Domba. Aku biasanya memainkan itu bersama pasanganku. Kami akan tertawa bersama karena bisa menggunakan suara. Aku berhenti bermain di aplikasi itu karena memori hpku penuh. Sementara hanya dua game tersisa yang aku mainkan hingga saat ini.


Dua game itu mempertemukanku dengan pemain lain dari berbagai negara. Membuatku menjalin pertemanan yang tidak terbatas jarak. Aku juga bisa melatih kemampuan bahasa inggris ku dari game. Berusaha berkomunikasi dengan temanku dengan bahasa inggris, walau sering juga aku harus berkali-kali menggunakan aplikasi atau website penerjemah.

Pada awal September 2021 aku sedang bosan dengan dua mobile game yang ada di handphone-ku. Sudah lebih dari setahun aku memainkan dua game yang sama berulang menghadirkan kejenuhan yang kurasakan. Kemudian aku menemukan sebuah situs bermain game online. Namanya https://plays.org



Di dalam situs Plays ada ratusan game beragam kategori, tema, karakter, dan tampilan yang bisa jadi pilihan untuk bermain game. Keuntungan lain yang aku rasakan adalah karena aku bermain game di situsnya langsung jadi tidak memakan memori di handphoneku yang mulai terbatas ruang kosongnya nih. Hiks. :"(


Selain itu, situs ini bisa dimainkan di device mana pun. Tidak berbatas spefikikasi, asalkan terhubung dengan koneksi internet dan aku sudah membuka laman situsnya.




Game yang Aku Suka Dari Plays


Setelah menjelajahi situs Plays dan mencoba berbagai game yang ada di dalamnya, ada beberapa game yang aku suka dari Plays. Yuk, simak, apa aja sih game yang bikin aku seneng sampai-sampai jadi game favoritku.


1. Molly of Denali Veggiezilla


Game Veggiezilla by Plays


Game Veggiezilla merupakan game tema farming, tapi penyajian gamenya lebih kayak story telling. Kita sebagai salah satu karakter utama yang membantu menanam dan merawat tanamanan untuk diikutkan dalam kontes. Tanaman ini harus tetap kita jaga, jangan sampai ada masalah.


Bermain game Veggiezilla ini menyenangkan deh, kita juga bisa belajar menanam dan mengenal tanaman. Selain itu, kita juga belajar untuk melihat berbagai masalah dalam bercocok tanam. Dalam game ini juga diperlihatkan cara menghadapi masalah-masalah yang biasa terjadi, seperti resiko kekeringan karena kekurangan air atau diganggu oleh hewan lain, kayak kelinci liar, serangga perusak, hingga Siput yang bisa menganggu pertumbuhan tanaman kita. Ada langkah-langkah solutif yang dapat kita lakukan untuk menjaga tanaman yang kita tanam supaya berkembang dengan baik hingga panen dan ditimbang untuk memenangkan kontes.


Veggiezilla game by Plays
Salah satu "solusi" yang ada untuk mengatasi masalah dalam game Veggiezilla



Tampilan veggiezilla game by Plays
Tampilan game veggiezilla



Gamenya super sederhana. Walau begitu grafiknya bagus nih. Cara bermainnya mudah kita tinggal mengikuti intsruksi suara maupun tulisan yang ada dalam game. Tinggal klik atau sentuh doang.


Game yang bisa dimainkan dengan santai untuk hiburan, tapi juga edukatif karena aku jadi tahu cara-cara menjaga tanaman dari serangan hama.
Aku enggak bisa berhenti main game Veggiezilla ini. Semua tanaman sudah selesai aku tanam dan panen mulai dari Cabbage, Squash, Radish, Cauliflower sampai tamat di Pumpkin.


Game ini mengingatkanku pada Harvest Moon. Walau berbeda, tapi konsep bermainnya untuk menanam tanaman dan merawatnya hingga panen itu sama.
Sayangnya kurang banyak nih tanamanannya, padahal betah banget main game ini soalnya suka!!


Saranku bisa ditambahkan untuk level tanamannya jangan berhenti di Pumkin. Please, game ini seru! Bisa juga dibuatkan series keduanya yang dapat melengkapi Veggiezilla yang pertama.



2. Nick Racing Stars


Nick Racing Stars game by Plays


Game balapan yang super cute ini bikin seneng banget liatnya. Apalagi pemain bisa memilih karakter-karakter dari kartun yang disukai dari Nickelodeon. Ada Spongebob Squardpants dan Patrick, Tommy dari Rugards, serta ada Timmy & Chloe dari Fairy Odd Parents.


Nick Racing Stars game by Plays
Tampilan NRS saat pemilihan karakter



Game NRS ini cukup sederhana untuk dimainkan. Kompetibel juga di handphone, tinggal tap atau geser gitu. Kita bertanding dengan lawan yang ada untuk memperebutkan posisi pertama. Selain bisa memilih karakter favorit kita, kita juga bisa menyesuaikan kendaraan dan gear yang kita inginkan di mobil balap kita. Sangat seru dimainkan. Selain itu, pemain juga dapat memilih tingkat kesulitan dari game, mulai dari mudah, normal, sampai ke susah.


Nick Racing Stars game by Plays
Tampilan game Nick Racing Stars



Bermain game NRS ini melatih semangat juang kita untuk berusaha dan berjuang melewati berbagai rintangan  sampai ke tujuan dan meraih apa yang kita inginkan. Game ini juga melatih kita untuk berpikir kalau akan selalu ada kalah dan menang dalam perlombaan serta tidak semua apa yang kita inginkan dapat tercapai. Ada kalanya kekalahan mengajarkan kita untuk menyadari kekurangan atau kesalahan apa yang kita lakukan sehingga dapat memperbaikinya dan menjadi pemenang di kemudian hari.


Berkat genrenya yang perlombaan balapan, game NRS ini mengingatkanku pada game CTR di masa dulu.
Salah satu game balapan yang aku suka saat kecil. I'm so happy menemukan game ini :")


3. Tank Wars


Tank Wars game by Plays
Tampilan awal Tank Wars game


Di dalam game Tank Wars ini pemain berperan sebagai tank yang harus melindungi "kotanya". Game ini mengingatkanku pada game Battle City yang pernah aku dan Mama mainkan di Nitendo dulu. Gamenya sederhana dan mudah dimainkan. Di dalam game Tank Wars ada berbagai pilihan tingkat kesulitan yang dapat dipilih, seperti mudah, normal, hingga sulit.



Tank Wars game by Plays
Tampilan Tank Wars saat mulai permainan



Game Tank Wars ini melatih pikiran kita dalam membuat strategi  untuk menghindari musuh, tapi bikin kita berpikir cara melawan musuh sambil melindungi kota kita supaya tidak tertembak musuh dan kalah.


4. Pac-Rat


Pac-rat game by Plays
Tampilan awal Pac-Rat sebelum mulai permainan


Gamenya cute banget! Game yang terinspirasi dari Pac Man ini seru banget dimainkan. Selain seru, tapi juga membuatku bernostalgia saat bermain game Pac Man dulu.


Cara bermain game Pac-Rat ini sebenernya cukup sederhana. Kita hanya perlu memakan bola-bola kecil yang ada di lintasan sambil menghindari lawan. Jika kita tertangkap, kita akan dimakan lawan dan nyawa kita berkurang satu.


Pac-rat game by Plays
Tampilan Pac-Rat saat permainan berlangsung



Di dalam lintasan tidak hanya ada bola kecil, tapi ada beberapa bola besar yang bisa kita makan dan membuat musuh lari menghindari kita karena kita dapat memakan mereka. Game selesai dan kita menang jika kita dapat memakan seluruh bola tanpa tertangkap oleh musuh.


Meskipun terlihat sederhana, game Pac-Rat ini melatih strategi kita untuk memikirkan cara untuk menghindari musuh dan menyelesaikan permainan dengan baik untuk naik naik ke level berikutnya.


5. The Sorcerer


The sorcerer game by Plays
Tampilan awal The sorcerer game sebelum mulai permainan


Game ini memang terinspirasi dari Zuma, makanya konsep permainannya memang sama. Kita menembaki bola ke arah barisan bola sesuai warnanya. Deretan bola ini akan berjalan terus sehingga menuntut kecepatan dan ketepatan kita. 


The sorcerer game by Plays
Tampilan game The Sorcerer saat dimainkan



Kita hanya perlu menghabiskan bola dan memastikan jika deretan bola jangan sampai terdorong masuk ke dalam lubang. Jika kita salah menembaki bola, deretan bola ini akan semakin banyak dan membuat kita akan kalah dalam permainan karena bolanya terdorong masuk ke dalam lubang.




Honest Review Pengalaman Bermain di Plays


Aku sudah mencoba bermain di situs Plays.org dari handphone dan PC, tapi untuk pengalaman paling baik memang lebih nyaman memainkan game tipe flash player ini melalui PC. Walaupun di situs Plays semua game support di semua device sehingga bisa dibuka dari HP juga, tapi ada beberapa game yang mengharuskan menggunakan tombol navigasi dan tombol huruf dari keyboard untuk bisa bermain.


Logo plays org



Dari segi tampilan sitenya sendiri aku suka. Plays ini punya tampilan yang simpel, didominasi warna gelap untuk latar tengahnya jadi tidak menyilaukan mata. Sementara untuk latar belakangnya Plays menggunakan desain gambar simbol segitiga, lingkaran, kotak, dan X yang memang seperti tombol pengaturan yang ada di Stik pemain dalam console game.



Loading setiap gamenya pun terbilang cepat dan tidak berat bahkan saat aku coba buka dari HP. Setiap kita membuka game yang akan kita mainkan juga ada intruksi dan informasi tentang game. Jadi kita sebagai pemain tidak akan merasa kesulitan untuk memahami tema gamenya atau apa yang harus kita lakukan untuk memainkan game. Di beberapa game juga ada screen shoot isi gamenya yang memudahkan pemain untuk melihat seperti apa sih isi dalam gamenya, apa aja yang akan kita lakukan saat bermain game.


Design grafik game yang ada di Plays juga bagus. Apalagi kalau game yang mengedepankan cerita dan karakter. Seneng deh liatnya, cute banget! 


Game yang ada di Plays ada berbagai genre pilihan game seperti  adventure, RPG, puzzle, trivia, jumping, running, racing, hidden object hingga simulasi. Lengkap! Plays menyediakan gamenya ini untuk semua umur, baik anak-anak maupun dewasa dapat memainkannya. Namun, ada juga game-game edukatif yang memang diperuntukan khusus untuk anak-anak. Aku menemukan satu dan sempat mencobanya juga yaitu game tentang Origami. Bagus!
Gamenya juga bisa dimainkan sendiri atau pun bersama teman dan keluarga. Bagi para orang tua juga bisa ikut bermain game di Plays bersama anak-anak.


Situs Plays menggunakan bahasa inggris, tapi bukan bahasa inggris dengan kosa kata yang rumit menurutku. Jadi masih mudah untuk dipahami. Meski sudah dituliskan informasi tentang cara bermain, di beberapa game saat kita menekan tombol "▶️" akan ada juga instruksi yang ditampilkan sebelum kita memulai bermain.


Ada beberapa game yang punya konsep cerita yang dinarasikan oleh suara seperti game Veggiezilla. Ini bisa dimanfaatkan untuk melatih kemampuan listening dalam bahasa Inggris untuk memahami narasi yang diceritakan atau instruksi yang diberikan. Sementara seluruh informasi yang ada di situs ini ditulis dalam bahasa Inggris. Ini bisa melatih kemampuan kita dalam Reading dalam Bahasa Inggris.


Konsep yang diusung oleh Plays sebagai situs yang  memyediakan game secara gratis ini benar-benar harus mendapatkan apresiasi.👍🏻
Menurutku pengembang berhasil membawa sebuah platform penyedia ratusan game yang membawa banyak orang untuk sekaligus bernostalgia dengan game di masa kecil. Sekaligus bisa menghabiskan waktu bersama anak atau pun teman dan keluarga dengan bermain game sama.


Oh iya, aku juga sempat meminta temanku dari Turki (teman bermainku di game AQ3D) untuk mencoba situs ini dan saat dia mencoba bermain di Plays ini dia juga mengalami pengalaman yang menyenangkan.


Teman turkiku bilang, "I try playing Endless Siege. In my opinion backgorund compitable, a simple eye-catching site. There is have one problem, their voice is too loud."



Secara keseluruhan Plays ini sudah baik. Hanya ada dua saranku untuk Plays mungkin bisa dimasukan juga terjemahan berbagai bahasa. Jadi bisa lebih memudahkan pemain. Apalagi bagi anak-anak, selain itu juga supaya dapat menjangkau lebih banyak pemain dari berbagai negara. Apalagi ada beberapa orang yang memang mungkin agak kesulitan untuk memahami bahasa Inggris ya karena bahasa utama mereka bukan bahasa inggris. Saran lainnya semoga ada game yang mirip Harvest Moon di Plays soalnya aku tuh kangen berat. Pengin main game dengan genre semacam itu lagi :")


Itu saja satu saranku, dan tambahan satu saran dari temanku katanya volum gamenya terlalu keras. Awalnya kupikir apa volume bawaan dari device kita. Temanku bilang, "no, that is from website". Setelah aku perhatikan juga memang bukan bawaan dari perangkatku, tapi memang dari gamesnya. Mungkin harus diatur untuk beberapa game supaya volumenya tidak terlalu keras.


Selebihnya, tidak ada saran apa-apa lagi. Menurutku, Plays ini situs yang keren banget. Gamenya bener-bener ratusan. Ini pun aku belum semuanya selesai mencoba karena banyak banget pilihan gamenya. Jadi baru mencoba lima game yang aku sukai aja. Aku sampai cape mencet previous page mereka di kategori new game saking banyaknya gamenya. Hahaha.


Aku senang mengetahui tentang Plays. Situs ini membawa kenangan masa kecil sekaligus memberikan kebahagiaan bagi orang yang memainkan game di situs mereka. Menurutku ini benar-benar misi yang mulia. Tidak ada iklan yang menganggu juga, tampilan websitenya benar-benar bersih dan nyaman digunakan. Kita sebagai pemain jadi bisa lebih fokus bermain game. 

Aku berharap Plays akan berumur panjang dan sukses selalu! Supaya aku bisa bermain game bersama anakku nanti dan membuat kenangan indah bersama. Persis seperti kenangan indah masa kecil yang aku alami bersama keluargaku.


Terima kasih, plays.org atas situsnya yang menyenangkan!





Manfaat Bermain Game


Perasaanku saat bermain game
My mood be like this



Sebagai pemain game yang cukup aktif sejak kecil hingga dewasa (walau sempat ada masa di mana aku berhenti bermain game) bagiku bermain game lebih banyak membawa manfaat positif. Bermain game dapat menurunkan resiko gejala depresi dan memberi banyak dampak positif loh bagi pemainnya, khususnya dari sisi mood dan perasaan.


Ini bahkan ada riset yang dilakukan pada tahun 2019 lalu oleh National Institute of Health dan Jurnal Games of Health seperti yang dilansir dari Kompas.com. Dari seluruh studi yang mengevaluasi tentang stres dan mood dikatakan bahwa terjadi peningkatan signifikan dari bermain game dibandingkan saat sedang beristirahat atau melakukan hal lain seperti rekreasi atau browsing.


Game juga bermanfaat bagi orang dewasa karena kita dapat sedikit mengistirahatkan diri dan membuat diri kita menjadi lebih rileks, saat bermain pun kita akan fokus pada permainan yang sedang kita mainkan, dan bisa membuat diri menjadi lebih bahagia. Makanya enggak heran ya aku tuh selalu suka bermain game kayak setelah main game tuh jadi lebih seneng dan jauh lebih rileks aja gitu yang dirasakan. Apalagi abis berinteraksi dengan sesama pemain terus mengobrol tentang game maupun topik obrolan ringan lainnya kayak soal makanan khas, budaya, atau tempat menarik di negara asal  teman-temanku.



Game tidak hanya tentang bermain, tapi juga membawa tawa dan kedekatan bersama orang-orang yang aku sayang atau pun yang memiliki minat sama denganku. Game juga mengajarkanku untuk berjuang untuk terus berusaha meraih apa yang aku inginkan, game juga mengajarkanku untuk tidak menyerah saat menghadapi kegagalan. Game juga mengajarkan untuk berbesar hati menerima kekalahan dan tidak berpuas hati memperoleh kemenangan. Memberi kesenangan, tapi juga harus berbesar hati menerima kekalahan.


Game benar-benar meninggalkan kesan mendalam bagiku. Bagi siapa pun pencipta game, aku berterima kasih sekali! Berkat game aku punya kenangan indah yang terus aku bawa hingga dewasa.

Penutup


Bermain game ternyata banyak sekali manfaat dan sisi positif yang dapat dirasakan oleh pemainnya. Selain menghadirkan kenangan yang indah di masa kecil. Bermain game juga dapat menumbuhkan kedekatan kita dengan orang tua, teman, keluarga, atau anak-anak kita. Bermain game berbahasa asing juga dapat melatih kemampuan komunikasi kita dalam memahami bahasa asing. Serta bermain game juga menjadi alternatif untuk meredakan stress. Namun, tetap kita harus bisa mengontrol diri ya dengan bermain secukupnya karena sesuatu yang berlebihan apa pun itu tidak baik bagi diri kita.

Selamat Bernostalgia bersama game. Have Fun With Your Plays, guys!

17 komentar untuk "Nostalgia Bersama Game"

  1. Udah bbrpa kali baca review games di play org ini, dan aku udah kepengin coba juga mbaaaa. Apalagi gamesnya memang rata2 ngingetin bangetttt Ama games zaman dulu Yaa kan :D. Aku jujurnya ga terlalu ngikutin games yg zaman skr, kayak Roblox, Minecraft dll, ga ngerti puyeng hahahaha. Tapi aku sukaaa dengan games yg dulu sering aku mainin, Mario Bros, tetris, Pacman.. seru kalo udh main itu. Makanya pas tau play org ada jenis2 games yg aku suka, langsung pengen deh :D.

    Bagus juga kalo ga perlu install. JD ga ngabisin memory.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak. Aku juga gak begitu banyak ngikutin game2 jaman sekarang. Kenal dua game mobile jaman now jg satunya dari iklan dan satunya lagi rekomendasi temen gameku. Sepakat sih, Kak. Game² jaman dulu tuh seru sekaligus ngangenin banget.

      Hapus
  2. Main game itu tidak hanya ajang refreshing, tapi juga banyak manfaat lain ya, Mbak. Kalau saya dulu awla main game dari gimbot. Walau tidak punya, bisa sewa di abang-abang hahaha. Lalu main sega di rumah teman. lanjut beli game tetris.
    Baru pas kerja, adik saya beli nitendo. lalu PS 1 dan sekarang masih ada, Sesekali saya dan krucil ke pasar main PS2. Cukup sejam 5000 hehehe.

    BalasHapus
  3. Main games itu emang seru ya mbak, apalagi kalau bosen atau lagi menunggu gitu. The Sorcerer itu mirip zuma ya mbak kalau dilihat-lihat

    BalasHapus
  4. Tiap ada game jadul yang muncul sekarang kaya berasa kembali ke masa lalu. Seneng banget. Bikin happy

    BalasHapus
  5. Aku juga suka main di situs game online Plays.org ini loh mbak. Banyak game jadul dan edukasi yang bisa kami mainkan. sukanya game di sini rata-rata ramah anak-anak jadi anakku juga dapet kebagian jatah untuk main game di situs ini.

    BalasHapus
  6. akkk seru yaa di plays.org ada banyak banget games nya yang bisa dicoba, kaya tak terbatas bangettt, bisa maen sepuasnyaa

    BalasHapus
  7. Ya ampun baca ini jadi ingett sama game jadul zaman dlu mulai pacman pinball sampai zuma yang mainnya sampe gantian sama kakak dan adek hahah. Bisa maen onlinenya yah skrg, asyikk dong

    BalasHapus
  8. Akhirnya ada juga ya website yang menyediakan berbagai genre games. Soalnya kan selama ini kalau main games harus instal aplikasi dan itu berat banget buat handphone.

    BalasHapus
  9. Makasih rekomendasi gamenya kak. Buat anakku, mereka jg seneng main game kalo abis sekolah daring atau abis ngerjain tugas

    BalasHapus
  10. Daku waktu main Crash Bandicoot di rumahnya temen tanteku, haha. Bolak balik aja ke sana.

    Dan sekarang senengnya bisa main di Plays ya, jadi via web dari ponsel pun udah bisa menyegarkan pikiran

    BalasHapus
  11. Penasaran banget akutu sama Plays.org
    Ada yang gak ada gak sih?
    Kok kayanya games legendaris tuh ada semua. Kan jadi gak bisa nolak buat me time di plays.org..

    Sst, aku kemarin main pacman doonk...malem-malem dan perasaan aku setelahnya, Super Happy. Persis kaya aku dulu kecil...abis main langsung senyum-senyum penuh kemenangan. Hahaha...padahal ya terakhirnya kalah sih..

    BalasHapus
  12. Beberapa waktu lalu, adikku kayaknya masih sering meminta uang untuk bermain ke rental PS. Nggak lama. Kadang hanya sejam atau dua jam gitu.

    Eh sekarang malah sudah banyak game online. Apalagi ada yang nggak pake install kayak plays.org. Kan tambah bikin happy. Hehehehe

    BalasHapus
  13. Aku udah cobain juga main game di play org itu. Banyak banget pilihan gamenya ya. Ketagihan mainnya deh sampe hampir lupa waktu

    BalasHapus
  14. Ternyata sangat mengasyikkan sekali ya main di Plays ini. Jadi kita tak perlu install aplikasi di ponsel untuk bermain. Apalagi ukuran file aplikasi game selalu gede. Bisa2 kita keabisan memori internal di ponsel. Kan jadi lemot kalo sering dipakai nge-game.

    Mau coba ah main The Sorcerer. Jadi terkenang saat main Zuma hingga pukul 12 malam. Hahaha..

    BalasHapus
  15. Aku juga suka main game dari SD, Mbak. SMP mainnya tamagochi (duh jadi pengen nih), SMA mainnya game ular, kuliah baru deh main game di FB. dan main game emang bisa jadi pengobat rindu masa lalu, akutuh sampai beli Nitendo mini loh biar bisa main game2 jadul. Eh, skrg ada plays.org yang gamenya banyak banget.

    BalasHapus
  16. Beberapa saya kenal nih gamenya, dulu waktu masih single pernah main dan waktu anak sulung masih kecil juga. Saya jadi kepengen main lagi nih, tapi bareng anak bungsu supaya dia kenal game2 jadul xixi.

    BalasHapus