Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aktivitas Self Love Language Tingkatkan Bahagia Diri

Self love language, aktivitas self love language, bahagiakan diri, mental health




Pernahkah teman-teman mendengar kata self love? Apa sih sebenarnya self love itu?

Menurut Deborah Khoshaba Psy.D di dalam artikelnya yang dipublikasikan di situs psychologytoday (2012), self love bukan hanya tentang merasa lebih baik, tapi suatu keadaan penghargaan terhadap diri sendiri. Kondisi ini tumbuh dari tindakan yang kita lakukan saat mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual diri kita. Memperbanyak cinta terhadap diri kita sendiri, kita mulai dapat menerima kelemahan dan kelebihan kita dengan lebih baik.

Sebelum menyadari pentingnya self love, hidupku bisa dibilang sangat monoton. Aku sering merasa kelelahan fisik dan mental. Apalagi aku lebih banyak memaksa diri untuk terus bekerja keras, memaksa diriku untuk tampil menjadi sempurna, minim apresiasi, dan sekalinya membuat satu kesalahan, aku akan menyalahkan diri sendiri tanpa henti. 

Sering kali begitu sampai di rumah, aku pasti tertidur cepat. Positifnya, dengan lelah secara fisik aku mulai berangsur sembuh dari insomnia yang sempat aku derita selama ini. Namun, di sisi lain aku merasa layaknya robot yang sudah diprogram untuk melakukan aktivitas sistematis kayak "kerja--sampai rumah--tidur--bangun--kerja" yang terus berulang selama lima hari. Tidak mengherankan kalau sudah memasuki hari Jumat itu aku pasti bersemangat, karena ingin cepat-cepat menemui hari libur. Apalagi kalau bukan demi memulihkan diri dan energiku. 

Dari mengenal lebih jauh tentang self love, aku juga jadi mengenal tentang love language. Love language (bahasa cinta) merupakan cara seseorang dalam mengekspresikan rasa cintanya. Setiap manusia pasti memiliki bahasa cintanya masing-masing yang berbeda antara satu dengan yang lain. 

Ada lima love language yang dimiliki oleh masing-masing orang, yaitu:

  • Quality Time (merasa dicintai dan dihargai saat berada di dekat orang yang dicintai dan menghabiskan waktu bersama).
  • Acts of Service (merasa dicintai dan dihargai saat bisa memberikan sesuatu bagi orang  yang dicintai dan senang juga jika orang lain melakukan sesuatu untuk dirinya).
  • Word of Affirmation (merasa dicintai dan dihargai saat menerima kalimat-kalimat baik seperti pujian, motivasi, dan lainnya).
  • Receiving Gift (merasa dicintai dan dihargai saat menerima hadiah dari orang lain).
  • Physical Touch (merasa dicintai saat bersentuhan fisik dengan orang yang dicintai).


Setelah mencoba berbagai aktivitas, akhirnya aku menemukan cara-cara untuk menikmati hari libur yang menyenangkan sekaligus sebagai bentuk self love language-ku. Apalagi love language-ku yang paling dominan itu adalah Quality Time, baru setelahnya diikuti oleh Acts of Service dan Word of Affirmation.


Tidak perlu yang mahal atau mewah, bagiku menghabiskan waktu dengan diri sendiri (atau dengan orang-orang yang aku sayang)  melakukan apa yang aku butuhkan itu rasanya pun menyenangkan. Apalagi jika saat di hari libur aku tidak ada kegiatan lain atau tidak harus pergi ke luar rumah. Berada seharian di rumah pun begitu menyenangkan.


Inilah 5 aktivitas self love language yang aku lakukan agar meningkatkan energi dan kebahagiaan diri:


1. Meditasi


Memang untuk aktivitas meditasi ini tidak terbatas harus dilakukan di akhir pekan. Aku berusaha untuk melakukan rutin meditasi setiap hari, tapi biasanya ada yang berbeda di hari libur. Aku akan memfokuskan meditasi dengan menggunakan panduan tema yang relevan sesuai dengan yang aku butuhkan. Misalnya, tema tentang Energi dan Self Love. 


Meditasi Energi untuk membantu memulihkan energiku dan self love membuatku belajar untuk berterima kasih pada diriku setelah bekerja keras dan melakukan yang terbaik setiap harinya.


Hal lain yang aku suka saat meditasi self love tuh selesai meditasi pasti aku langsung meluk diriku dan mengucapkan terima kasih dan berbangga padanya karena sudah bekerja keras dan berusaha yang terbaik setiap harinya. Selain kebutuhan Quality time dengan diri sendiri yang terpenuhi, dalam meditasi self love pun aku memenuhi kebutuhan love language-ku yang salah satunya adalah Word of Affirmation

Mendengarkan kata-kata baik, kata-kata yang membuat semangat, kata-kata pujian itu bisa membuatku merasa senang dan dicintai.


Sementara itu, kalau meditasi tema energi itu selesainya aku suka merasa seperti dapat suntikan semangat dan energi. Tadinya mungkin lesu dan tidak bertenaga, jadi jauh lebih bersemangat.


Dua tema itu yang paling memberikan efek yang menenangkan sekaligus menambah energiku. Apalagi setelah lima hari bekerja keras dan menemui banyak situasi tidam terduga yang sempat terjadi. Makanya aku senang meditasi menggunakan dua tema itu saat di hari libur. Supaya menyiapkan diri agar lebih semangat dan berenergi untuk memulai hari Senin yang tidak lagi menjadi MONster DAY, tapi jadi MONey DAY atau hari yang produktif untuk berkarya dan menghasilkan uang. :D


2. Menonton Film, Drama, atau Variety Show Korea yang Disukai


Aktivitas menonton biasanya aku lakukan sehabis bekerja, saat santai, dan sebelum tidur. Namun, setelah seharian bekerja aku sering kehabisan energi. Sampai rumah pun aku lebih cepat mengantuk daripada biasanya. Tidak heran aku sering ketiduran. Jadi, tidak bisa melakukan aktivitas ini rutin di hari kerja.


Aku mengatur ulang jadwalku, aktivitas menonton tayangan favoritku ini entah itu film, drama korea sampai variety show Korea ini aku geser jadi di hari libur saja. Cara ini ternyata sangat efektif buatku untuk menambah kebahagiaan dan mengisi energi yang sempat terkuras setelah lima hari bekerja keras. Apalagi jika menonton tayangan menghibur seperti menonton kelakuan ajaibnya Lee Kwang Soo atau melihat varshow yang bertema perjalanan.

3. Membaca Buku


Hobi lama ini yang sempat aku tinggalkan, tapi belakangan jadi hobi yang kembali aku tekuni adalah membaca buku. Dulu, aku sampai menganggap buku itu adalah sahabatku.


Selain membacanya, salah satu kebahagiaanku adalah saat aku bisa belanja buku. Membeli buku yang masuk dalam daftar keinginan buku yang ingin sekali aku baca, membuka bungkusnya, dan menghidu aroma kertas dari buku baru. Itu rasanya menenangkan sekaligus menyenangkan. Setelah itu, menikmati membaca buku. Bedanya dengan dulu, saat ini aku tidak pernah memaksa diri dengan menargetkan harus selesai membaca dengan durasi berapa lama. Justru aku pelan-pelan bacanya dan kalau pun lelah, aku akan berhenti untuk dilanjutkan di esok harinya atau disimpan untuk hari libur berikutnya.

Padatnya aktivitas yang aku jalani dari Senin hingga Jumat membuatku sering merasa kelelahan baik dari segi fisik, pikiran, bahkan emosi. Ada berbagai hal yang terjadi dan beragam perasaan yang terakumulasi dalam lima hari.


Membaca buku, buku
Buku "Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah-Geulbaewoo" (Penerbit Haru)


Word of Affirmation juga salah satu bentuk love language-ku selain Quality Time. Saat menemukan quote yang bagus dan related denganku atau yang bisa memotivasi juga ini bikin senang! Makanya membaca buku jadi aktivitas yang menjadikan dua love language-ku ini terpenuhi.

4. Memasak


Beberapa tahun ini aku mulai menyadari kalau memasak bagiku itu menjadi kegiatan yang terapeutik. Tidak hanya membuat makanan kemudian memakannya saja, tapi aku sangat menikmati prosesnya. Mulai dari menyiapkan bahan-bahan masakan, menyiapkan alat-alat untuk memasak, memotong bahan-bahan yang telah disiapkan, mendengar suara desis bahan saat ditumis dalam wajan di atas kompor, mengaduk-aduk seluruh bahan hingga tercampur, kemudian menaruh semua itu di atas piring.

Aku baru menyadari kalau memasak itu rasanya sangat menyenangkan sekaligus menenangkan, seperti seluruh stres dan beban pikiran masalah yang aku hadapi hilang begitu saja bersama suara spatula yang beradu dengan wajah di atas kompor.


Dua kreasi masakanku:

masak, kreasi masakan, ayam rica-rica, sapi lada hitam

Terus aku juga senang deh rasanya kalau memasak untuk orang lain dan melihat keluargaku menyantap makananan yang aku buat dengan lahap. Bonusnya kalau mereka memuji juga hasil masakanku. Memasak pun jadi aktivitas yang memenuhi dua love language-ku, yaitu Acts of Service dan Word of Affirmation.




5. Bermain game


Aktivitas selanjutnya bagian dari self love language-ku ini pun tidak boleh aku lewatkan. Salah satu Quality Time terbaik yang aku lakukan itu bermain game. Aku sering merasakan nostalgia lewat game dengan mengenang masa-masa kecilku saat bermain berbagai game yang aku suka. Apalagi aktivitas bermain game ini pun bisa membuatku jauh lebih rileks dan menikmati hari libur penuh kegembiraan.

Aku biasanya bermain mobile game, tapi belakangan aku juga suka sekali bermain game di situs game online. Apalagi bermain di situs game online ini jauh lebih ramah untuk memori hpku yang kapasitasnya mulai terbatas ini. Selain itu, bermain di situs game online pun jauh lebih fleksibel untuk pilihan perangkat yang aku gunakan. Kalau sedang menyelesaikan laporan dan butuh rehat sebentar, biasanya aku suka bermain di laptop. Sementara saat santai aku lebih suka bermain di hp saja.

Salah satu situs game online yang aku kunjungi adalah solitaire.org. Tidak seperti namanya, ternyata di dalam situs game online ini tidak hanya tentang game permainan kartu, ada genre game lain yang aku suka, seperti Hidden Object, Match, dan Word.

Setelah mencoba dari 3 genre game yang aku suka, akhirnya aku menemukan dua game favoritku. Senang deh rasanya menemukan game yang aku suka dan bisa memainkannya sebagai bentuk self love-ku di akhir pekan.

Ini nih, teman-teman dua game kesukaanku yang ada di website Solitaire:

1. Daily Word Search


Daily word search game, solitaire, game online



Game Daily Word Search merupakan permainan untuk menemukan kata-kata yang tersembunyi dalam deretan angka yang ada dalam kotak. Cara bermain game ini pun terbilang cukup mudah, pertama-tama kita bisa memilih ukuran kolom yang kita inginkan. Ada 3 ukuran yang bisa kamu pilih, yaitu 12x12, 14x14, dan 16x16. 

Kalau untuk pemanasan, saranku kamu bisa memilih kolom dengan ukuran yang paling kecil (12x12) lebih dulu, baru bertahap ke ukuran kolom yang lebih besar ya. Cuma kalau memang kamu penyuka permainan dengan tipe seperti ini dan percaya diri bisa menemukan kata-kata tersembunyinya boleh banget langsung pilih kolom dengan ukuran yang paling besar (16x16). Bebas saja, senyamannya kamu. Kalau aku lebih suka ukuran yang sedang karena terlalu besar kolomnya pun justru membuatku merasa tidak nyaman.

Setelah selesai, maka kolomnya akan tampil di layarmu di sebelah kanan, sementara di pojok kiri atas itu barisan kata-kata yang harus kamu temukan. Di bawahnya juga ada pengatur waktu, ini membuatmu nantinya bisa melihat durasi yang kamu habiskan untuk menemukan kata-kata itu.

Daily word search game, solitaire, game online



Setelah itu, kamu tinggal cari deh. Bisa mendatar dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri, bisa menurun dari kanan ke kiri atau sebaliknya, dan bisa juga diagonal.

Oh iya, kata-katanya ini dalam bahasa inggris ya. Ini pun bisa jadi latihan untuk menambah kosa kata bahasa inggris. Kalau aku biasanya setelah melihat kata-katanya dan itu seperti asing bagiku, aku langsung mencari artinya.

Hitung-hitung sambil bermain bisa sekaligus belajar bahasa inggris. Salah satu nilai tambahnya dari bermain game "Word Search" ini.

Saat melihat game Daily Word Search ini mengingatkanku pada permainan cari kata yang ada di dalam buku teka-teki silang (TTS). Aku sudah akrab dengan permainan tipe ini karena mamaku penggemar sekaligus kolektor buku-buku TTS. Dulu, setiap bulan mama pasti beli bukunya di pasar. Kadang juga aku mengisi beberapa halamannya, salah satunya cari kata ini. 


Pengalaman bermain game Daily Word Search


Pengalaman bermain game Daily Word Search memberikan kesan yang menarik bagiku. Aku memang memiliki rasa ingin tahu yang besar, sehingga aku suka tipe permainan yang seperti ini. Memainkan Daily Word Search ini rasanya puas sekali.

Daily word search game, solitaire, game online



Dengan bermain Daily Word Search pun aku bisa sekaligus melatih kesabaran, kepekaan, dan menuntaskan rasa penasaranku dalam mencari kata-kata yang tersembunyi di dalam banyaknya huruf-huruf yang tersusun dalam sebuah kotak.

Tidak ada yang dapat mengalahkan rasa bahagia dan leganya saat satu per satu kata-kata ada itu berhasil aku temukan. Ada rasa puas sekaligus bangga pada diriku sendiri.

Benar-benar ya, Daily Word Search ini itu salah satu game yang tidak membuatku bosan saat memainkannya. Bahkan, aku bisa memainkan permainan ini lebih dari dua kali. Apalagi setelah berhasil menyelesaikan satu kotak penuh itu rasanya nagih banget!

Enaknya lagi ya saat bermain game Daily Word Search ini tuh rasa penasaranku jadi tersalurkan. Beruntungnya aku menemukan permainan yang bisa menuntaskan rasa keingintahuanku yang besar. Apalagi kata-kata yang ditampilkan pun selalu berganti meskipun aku memainkan permaina  ini secara berulang. Jadi benar-benar tidak bosan. Seperti selalu kata-kata baru yang harus aku temukan. Setiap berhasil menyelesaikan kemudian berlanjut ke level berikutnya ini sangat memacu adrenalinku untuk berhasil menyelesaikan permainan mencari kata-kata tersembunyi ini. 



2. Garden Secrets Hidden Objects


Garden secrets hidden objects game, solitaire, game online



Game Garden Secrets Hidden Objects ini merupakan permainan yang membuat pemainnya harus mencari objek tersembunyi yang ada di gambar. Bisa ketebak ya, teman-teman dari judul permainan ini. Yup, gambar yang ada di dalam game ini semuanya bertema kebun. Ada sekitar 10 objek yang harus kita temukan. Kesepuluh objek itu tersembunyi di antara banyaknya objek lain yang ada di dalam gambar. Hampir 20 objek gambar aku perkirakan ada di dalamnya. Ada 10 level yang bisa kita mainkan dan tiap level gambar dan objek yang harus kita temukan juga berbeda. Waktu yang diberikan pun terbatas, hanya 4 menit saja. 

Asli sih, game Garden Secrets Hidden Objects ini memacu adrenalin banget deh. Sebagai pemain, kita dituntut untuk tetap fokus dan tenang, tapi jangan terlalu santai juga karena harus  tetap memperhatikan waktu yang diberikan.


Pengalaman Bermain Garden Secrets Hidden Objects


Garden secrets hidden objects game, solitaire, game online
Level-level yang ada di Garden Secrets Hidden Objects game



Tidak kalah seru dari game Daily Word Search, pengalaman bermain Garden Secrets Hidden Objects ini pun jadi pengalaman bermain yang menarik dan seru meskipun permainan ini terbilang sederhana baik dari segi cara bermain maupun tampilan permainannya.


Setelah mencoba game Garden Secrets Hidden Objects ini membuatku senang. Apalagi permainan ini juga melatih kesabaran, fokus, dan ketenangan juga.


Awal-awal bermain Garden Secrets Hidden Objects ini tuh jujur saja aku pusing banget. Mata sampe sakit mesti merhatiin banget detail-detail gambarnya. Sering terkecoh juga dengan bentuknya taunya salah. Mana kalau salah itu waktu kita dikurangi 5 detik. Kan lumayan tuh ya? 

Aku sempat merasakan kalau game Garden Secrets Hidden Objects ini susah apalagi aku seringnya jadi kehabisan waktu dong karena kelamaan mencari. Hahahaha. Dasar pemula. :P

Cuma aku pantang menyerah, aku terus mencoba. Senangnya itu setelah berkali-kali mencoba aku mulai bisa melihat objek-objek tersembunyinya. Mulai tuh berasa seru dan mudah!


Garden Secrets Hidden Objects itu game bener-bener bikin candu, seriusan. Aku main ini lebih lima kali. Terus hasil main ini perolehan score-ku masuk ke 3 peringkat di atas dong! :D


Padahal kesan awalku bermain Garden Secrets Hidden Objects ini memang agak susah karena objek yang harus kita cari ini dari tersamarkan oleh objek di sekelilingnya.  Dari segi warnanya pun mirip atau bahkan bentuknya tersamarkan. 


Garden secrets hidden objects game, solitaire, game online



Terus ya main permainan ini tuh mesti pelan-pelan banget ngetapnya dan harus bener posisinya. Soalnya salah tap dikit aja itu aku kena minus 5 detik dong. XD
Nyesek sih, tapi sekaligus lucu juga. Hahaha. Balada punya jari gede-gede nih aku tuh. :))


Aku memainkan game Garden Secrets Hidden Objects dari hp, tapi untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan baiknya permainan ini dimaikannya tuh dari PC atau laptop deh biar jelas gitu gambarnya. Walau iya sih bisa diperbesar dan diperkecil gambarnya, tapi tetap agak tricky juga.

Setelah memainkan game Daily Word Search dan Garden Secrets Hidden Objects ini aku memasukan kedua game ini dalam daftar permainan favoritku. Namun, kalau harus memilih salah satunyaya aku lebih suka game Garden Secrets Hidden Objects. 

Sayangnya, level dalam Garden Secrets Hidden Objects ini masih sedikit. Hanya ada 10 level dan aku sudah menamatkan semua levelnya juga. Meskipun kalau terus aku mainkan secara berulang, objek yang harus ditemukan bisa teracak meskipun ada di level yang sama. Semoga ke depannya solitaire.org bisa menambah lagi levelnya. Sampai 100 level pun aku mau terus main game Garden Secrets Hidden Objects ini. Soalnya memang permainanya itu seru banget! :D


Aku mau memamerkan sedikit nih score yang aku dapatkan saat bermain game Garden Secrets Hidden Objects ini. Hasil tidak akan mengkhianati usaha memang. Sudah bisa ketebak ya aku mencoba ini berapa kali sampai akhirnya bisa tau celahnya dan mendapatkan score yang lumayan membanggakan ini. XD
Btw, jago juga nih Andrea. Berkali-kali aku mencoba belum bisa mengalahkan posisi dia.



Garden secrets hidden objects game, solitaire, game online
Andrea euisanim, is that you? XD




Penutup

Meditasi, menonton tayangan yang disukai, membaca buku, memasak, dan bermain game menjadi contoh lima aktivitas  self love language yang biasanya aku butuhkan untuk meningkatkan bahagia sekaligus memulihkan energi dalam diri.


Sejatinya, melakukan aktivitas yang kita suka yang tepat sebagai bentuk self love ini lumayan membantu loh untuk menjadikan kita lebih rileks. Hal itu juga bisa memupuk rasa cinta pada diri sendiri. Mulailah mencari dan menemukan apa love language-mu, apakah itu Quality Time, Word of Affirmation, Acts of Service, Receiving Gift, atau Physical Touch?


"Dengarkan dirimu, rasakan apa yang dibutuhkan oleh tubuhmu."


Lakukan hobi atau aktivitas apa pun yang kamu suka dan kegiatan positif yang dibutuhkan oleh dirimu. Apalagi aktivitas hobi dan kegiatan positif ini bisa mengisi energi, sekaligus mendatangkan bahagia.


Guru meditasiku bilang kalau diri kita ini seperti gelas. Jika terus memberikan air yang kita miliki pasti lama-lama akan kosong, kan? Oleh sebab itu, kita harus memenuhi gelas itu agar kembali terisi penuh.


Temukan love language diri kita sendiri, kemudian lakukan apa yang membuat kita bahagia. Bahagia itu bisa kita yang ciptakan sendiri. Tidak harus menunggu orang lain untuk memberi bahagia pada kita. Mulailah dengan menemukan apa yang membuatmu bahagia.


Jadi, apa yang membuatmu bahagia hari ini?

Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

20 komentar untuk "5 Aktivitas Self Love Language Tingkatkan Bahagia Diri"

  1. Game-game sederahan nan menyenangkan seperti ini adalah pilihan terbaik dalam mengembalikan diri dari rasa penat pada weekday.

    Kalau saya sendiri self love language adalah olahraga. Iya, saat ini ada 2 olahraga yaitu gym dan badminton. Olahraga selalu bikin saya semangat kembai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mas. Jadi hiburan tersendiri juga.

      Berarti quality time dengan diri sendiri dengan olahraga ya.
      Memang menemukan apa yang disukai dan dibutuhkan oleh tubuh kita sendiri tuh bener2 efektif banget ya buat membuat diri kita kembali bersemangat lagi.

      Hapus
  2. Sukaaakk banget main games di website ini.
    Pilihan gamesnya banyaaakk, seru, dan yg paling penting, user ga perlu install/download apapun
    bisa langsung cuss main games!

    BalasHapus
  3. Dulu ada di masa kayanya jadi robot banget. Lelah fisik juga mental. Akhirnya istirahat dan berusaha membahagiakan diri sendiri misalnya dengan me time itu. Kayanya besok-besok mau coba nge-game lagi deh

    BalasHapus
  4. Kalau saya melalukan self love dengan bermain game, padahal umur sudah mulai tua tapi kok ya hobi main game ini susah dihilangkan

    BalasHapus
  5. quality time itu super menyenangkan, baik dengan orang orang yang kita sayangi juga dengan diri kita sendiri. Beneran berharga untuk mengembalikan semangat dan kebahagiaan diri

    BalasHapus
  6. Saya belajar tanda cinta untuk menaklukkan anak. Tapi malah bingng, self love language saya apa. Hehehe. Tapi saya suka me time dengan banyak aktvitas, termasuk bermain game dan nponton film/drama. Suka baca dan buat praakarya juga...

    BalasHapus
  7. Adalah sebuah realitas yang menyenangkan jika setiap hari dipaksa untuk bekerja keras namun masih bisa menikmati quality time bersama keluarga dan membahagiakan diri. Apalagi jika sabtu dan minggu merupakan hari libur yang bisa dimanfaatkan khusus untuk menyenangkan diri.

    Namun apabila sudah sedemikian robotnya kinerja tubuh, sampai-sampai tubuh tidak bisa lagi merasakan apapun selain penat dan muak, tanpa bisa menikmati waktu untuk kebahagiaan diri sendiri, pada akhirnya cepat atau lambat ketahanan dan kebahagiaan tubuh akan runtuh juga.

    Saya baru saja mengalami hal tersebut, tatkala beban pekerjaan semakin bertambah, petugas yang ada semakin dikurangi, jam kerja semakin keterlaluan, pulang ke rumah selalu di atas jam 9 malam, kadang malah jam 10 malam, namun tidak ada progress. Saya merasakan kelelahan yang begitu sangat, sampai-sampai sholat malam pun tidak meredakannya, akhirnya saya sadar bahwa tubuh saya sudah sedemikian kelelahan baik fisik dan psikis. Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti, resign.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua tahun lalu aku kayak begini, Kak Fandhy. Akhirnya pada satu titik sama kayak kakak. Aku udah bener-bener merasa enggak sanggup. Akhirnya memilih buat berhenti setelah lelah berusaha terus berlari. Ndak apa-apa, Kak. Mengambil jeda itu perlu kok. Gak perlu memaksakan apa yang sudah tidak bisa dipaksakan lagi, Kak. Semoga kakak dapat ganti yang lebih baik ya, Kak. :))

      Hapus
  8. Dari sini aku baru sadar kenapa belakangan aku balik lagi buka dan baca buku-bukuku. Itu salah satu bentuk self love yang paling "mudah" ya untuk orang yang love language-nya words of affirmation kayak aku. Plus jadi dapet quality time juga kan~

    BalasHapus
  9. Aku juga kadang berada di rumah aja udah seneng gtu, apalagi kalau pas ada waktu utk main game, ndrakor, baca buku, tapi masak blm jd hal menyenangkan buatku sih hahaha
    Yg penting sih jangan membebani diri terlalu berat ya kak, fokus menikmati waktu dengan baik pada hal2 yang bikin gembira hehe

    BalasHapus
  10. Setelah tau tentang self love aku dan suami juga udah belajar love language masing-masing dan sama-sama berusaha saling melengkapi alhamdulillah, pernikajan jadi minim konflik

    BalasHapus
  11. Aaahhh suka dan setuju banget deh sama paragraf terakhir, bahagia itu kita sendiri yang ciptakan!
    Menyenangkan sekali ya jika kita sudah paham maunya kita apa, apa yang bisa bikin kita sendiri bahagia. Dan wow, ternyata kak Mita suka memasak! Sehepi itu ya kalau memasak sudah menjadi kesukaan, setiap detail langkah dalam memasak jadi menyenangkan, hehehe.
    Btw aku juga baru buka-buka Solitaire.org, nih. Menarik-menarik yaa game yang ada di sana :)

    BalasHapus
  12. Self love ini ternyata penting sekali. Karena selain menghargai diri sendiri, akan membuat diri kita merasa lebih tenang dan berharga. Seru juga yaa.. Self love dengan bermain. Gak pake mahal, tapi hati bahagia.

    BalasHapus
  13. Aku biasanya memasak, meditasi sama nonton drama kore nih hehe. Btw memang sih kalau kiranya kita capek atau lelah banget lebih baik stop dulu sejenak dan lakukan hal lain biar lebih fresh dan semangat lagi.

    BalasHapus
  14. keempat tips self love nya sih lumayan bermanfaat untuk healing juga ya relaksasi. Apalagi ada tempat main game yang di web browser, cocok utk jeda sejenak tanpa membuat kecanduan.

    BalasHapus
  15. Bermain game nih yang aku jarang mba Mit, mau juga ih makasih rkeomendasinya mba
    kalo drakor ama baca buku tuh udah keseharian banget hehhe

    BalasHapus
  16. Melakukan aktifitas monoton tiap hari itu bikin jenuh, apalagi kalau aktifitasnya jauh dari apa yang disukai.

    Love language saya sepertinya juga quality time. Punya waktu buat diri sendiri itu rasanya bahagia. Yang mana 24 jam jadi ibu rumah tangga, butuh quality time buat diri sendiri biar ngga ngomel terus di rumah 😆😆

    Gamenya sederhana tapi seruu, yang word search itu dari SMA suka main tapi pakai kertas. Temen sampai niat buatin nama anak sekelas ke dalam game word search.
    Versi digitalnya ngga kalah seru juga, macem TTS jadinya.

    BalasHapus
  17. Wah mbak, saya tuh ya suka main solitare sejak masih punya komputer PC. wkwkwk... itu tuh game favorit karena emang cara mainnya unik ya. Tapi dulu belum main di web dong, sekarang malah lebih asik ya.
    Bener banget nih, bisa meningkatkan bahagia ya. kadang aku main bareng-bareng suami dan anak jadi lebih seru

    BalasHapus
  18. bahagiakan diri dengan tidak menilai buruk diri sendiri, lakukan hal yang menyenangkan untuk
    self healing..

    BalasHapus