Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Kemampuan Diri Agar Karir Kian Cemerlang Bersama QuBisa

Kursus online gratis, Aplikasi siap kerja, Aplikasi belajar online meningkatkan kemampuan


Pernah dihadapkan pada dua situasi kehilangan arah tujuan setelah menyelesaikan satu tahap kehidupan beberapa waktu ke belakang, jadi fresh graduate yang minim pengalaman kerja. Satu-satunya pengalaman kerja yang aku miliki saat itu hanya magang. Satu magang tiga bulan saat SMK dulu, satu lagi dua bulan magang sebagai jurnalis. Sementara profesi blogger yang masih aku jadikan sebatas sampingan karena pada awalnya bermula dari sekadar hobi. Hmm, belum lagi sempat ada gap waktu juga kala itu. Saat itu aku belum mengerti pentingnya kombinasi kemampuan dan pengalaman dalam bekerja sebagai modal untuk kesuksesan dan kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan. Aku hanya percaya diri dengan kemampuanku dalam menulis dengan latar belakang pendidikan yang kumiliki dari kampus. Namun, ternyata semua itu tidaklah cukup. Walaupun rezeki memang tidak akan pernah tertukar, tapi mempersiapkan diri memang penting. Sedikit menyesal zaman kuliah dulu enggak mencoba memperbanyak pengalaman kerja, malahan dulu sebatas seneng nambah-nambah ilmu dari datang ke berbagai seminar aja.

Kebingungan yang sama itu terjadi lagi saat aku memutuskan untuk resign dari salah satu perusahaan tempatku bekerja. Sempat memiliki pengalaman bekerja tidak lantas membuatku merasa hidup dalam rasa aman. Apalagi aku mulai memikirkan rencana karirku ke depan akan menuju ke arah mana ditambah persaingan untuk mendapatkan pekerjaan pun makin ketat. Aku berpikir apakah aku harus fokus dalam satu kemampuan yang aku miliki dalam bidang menulis atau memberanikan diri ke luar dari zona nyamanku dengan mencoba hal-hal baru yang akan menambah kemampuan baru dalam diriku.

Saat itu, selagi terus berikhtiar untuk mendapatkan pekerjaan yang baru, aku terpikirkan untuk memperbanyak mengikuti kursus online. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan baru juga memperkaya pengalaman diri. Apalagi aku merasa masih banyak hal yang perlu aku gali, asah, dan temukan. Aku berpikir mungkin itulah waktu yang tepat untuk meningkatkan kemampuan, baik itu upskilling dan reskilling yang ada dalam diriku. Dengan begitu, aku bisa menambah skill baru sekaligus bisa mengasah skill yang sebelumnya sudah aku miliki. Mencari mana platform belajar yang tepat, pilihanku akhirnya jatuh pada aplikasi belajar online QuBisa. Apalagi ya di aplikasi siap kerja QuBisa, ada berbagai macam kursus online gratis juga disamping ada kursus yang berbayar. Pokoknya sesuai kebutuhan dan juga keadaan finansialku saat itu.


Tentang Aplikasi QuBisa


Kursus online gratis, Aplikasi siap kerja, Aplikasi belajar online, cara belajar efektif



QuBisa adalah aplikasi belajar online terpercaya yang dapat digunakan untuk pendidikan dan pembelajaran secara online yang hadir sebagai solusi. Baik itu bagi pembuat pemberi materi maupun penerima materi agar bisa saling bertukar pikiran dengan cepat dan tepat. Di dalam aplikasi siap kerja QuBisa, tersedia banyak pilihan kursus online gratis maupun berbayar dan berbagai webinar yang dapat diikuti kapan saja dan di mana saja. Ini bisa jadi road map karir bagi penggunanya, apalagi bagi yang masih bingung dengan tujuan karirnya. Dengan hadirnya QuBisa, para pengguna bisa meningkatkan kemampuan dan belajar gak ribet jadinya karena pengguna bisa memilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Apalagi nih penting banget bagi para lulusan baru atau pun bagi siapa pun yang memang ingin lebih mengetahui tentang cara meningkatkan personal branding maupun cara belajar efektif dalam satu kemudahan aplikasi QuBisa.


Pengalaman Menggunakan Aplikasi QuBisa

Aku suka saat menggunakan aplikasi QuBisa karena tampilan aplikasinya yang simpel dengan warna latar belakang putih. Kategori pilihan kursusnya juga tertata dengan apik. Ada kategori KSM (Keterampilan Sukses Milenial), Kelas Siap Kerja, Kelas Pengembangan Karir, dan Webinar Terdekat, Kelas Populer. Tidak hanya itu, ada juga artikel-artikel yang dapat dibaca juga dalam aplikasi.

Aku mencoba dua kursus gratis yang tersedia di dalam aplikasi QuBisa, satu tentang komunikasi dan satunya lagi tentang cara meningkatkan personal branding. Dari dua kursus itu, aku lebih suka yang materinya tentang cara meningkatkan citra pribadi sih. Ada dua kategori bahasan. Pertama ini isinya materi yang dibagikan berupa PDF, kemudian yang satunya lagi video pemaparan materi dari pengajar sepanjang kurang lebih hampir 30 menit. 


Kursus online gratis, Aplikasi siap kerja, Aplikasi belajar online, cara meningkatkan personal branding, upskilling dan reskilling



Praktis, efektif, dan efisien banget! Itu kesan yang aku tangkap saat mencoba belajar di QuBisa. Apalagi ya aku merasakan beragam manfaat saat menggunakan aplikasi QuBisa ini. Selain belajar gak ribet karena akses video di semua topik kursus tidak terbatas, meskipun aku memilih kursus yang gratis tetap bisa belajar sepuasnya dong! Senyaman dan seenak itu belajar di QuBisa ini. Seneng banget aku! QuBisa benar-benar membantu sekali untuk belajar, mendapatkan ilmu, meningkatkan kemampuan dan diri.

Dengan QuBisa aku bisa merasakan cara belajar efektif karena aku juga bisa belajar di mana pun dan kapanpun, serta videonya pun dapat diakses seumur hidup. Belajar QuBisa tidak ada batasan waktu sehingga aku bisa menikmati belajar pelan-pelan dengan waktu yang fleksibel. Jadi bisa aku ulangi sampai benar-benar paham materi dan topiknya. Apalagi durasi videonya pun tidak terlalu panjang, jadi lebih enak juga untuk belajarnya karena dibagi menjadi beberapa sesi materi bahasan.


Belajar Cara Meningkatkan Personal Branding di QuBisa


Kursus online gratis, Aplikasi siap kerja, Aplikasi belajar online, cara meningkatkan personal branding, upskilling dan reskilling



Aku mencoba salah satu kursus gratis yang ada di QuBisa. Materi ini tentang Personal Branding yang dipaparkan oleh Bapak Bayu Setiaji. Pencitraan Pribadi atau Personal Branding penting dalam kehidupan kita. Personal branding membuat diri kita diingat oleh orang lain dengan citra yang sesuai dengan diri kita. Inilah cara-cara meningkat personal branding yang dapat kita lakukan, sebagai berikut:

1. Berani Tampil Berbeda dari yang Lain


Tunjukan sisi unik dan berbeda yang hanya diri kita miliki. Bisa dari cara kita berpakaian. Sebagai contoh personal branding yang berhasil ditampilkan oleh Steve Jobs. Di mana Steve Jobs konsisten dengan gaya berpakaiannya yang smart casual. Dengan kaus hitam lengan panjang dan celana jeansnya. Dia selalu konsisten dan memakai tampilan berbusana yang seperti itu dan terus diulang setiap tahunnya. Orang lain jadi mengingat diri dia dengan mudah.

Jadi, branding bisa diartikan sebagai hal berulang yang kita tampilkan dan itulah yang orang lain ingat saat mendengar nama kita.

2. Temukan Potensi dan Kekuatan yang ada di dalam diri

Ambil jeda waktu sejenak, lakukan intropeksi diri kita sendiri lalu petakan kekuatan dan kelemahan yang kita miliki. Masing-masing berjumlah 5 kekuatan yang dapat menjadi nilai plus yang ada dalam diri kita, dan 5 kekurangan atau kelemahan yang harus kita tingkatkan agar bisa berguna di masa yang akan datang. Memetakan diri menjadi cara untuk menemukan potensi dan kekuatan yang ada dalam diri sehingga bisa menjadi branding dari kita sendiri.




Sebagai contoh, misalnya kekuatan terbesarku dalam komunikasi tulisan. Aku bisa menyusun kata demi kata dengan lihai, tetapi kekuranganku dalam berkomunikasi secara lisan maupun berbicara di depan umum yang melibatkan komunikasi dua arah dengan orang lain. Maka aku berusaha untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan pula agar aku tidak gugup dan kaku lagi saat harus berkomunikasi lisan dengan orang lain. Apalagi komunikasi merupakan critical skill yang dibutuhkan dalam kehidupan profesinal, terlepas dari apa pun profesi yang kita jalani pasti ada unsur komunikasi dan kita pasti mengobrol dan berhubungan dengan orang lain. Tidak hanya dalam kehidupan profesional, komunikasi juga dibutuhkan dalam kehidupan pribadi. Apalagi dengan berkomunikasi kita tidak hanya menyampaikan maksud tujuan yang ingin kita capai, tetapi juga bertukar informasi dengan lawan bicara kita.

3. Kenali Diri Lebih dalam dengan Teori Johari Window


Menurut teori Johari Window ada 4 area yang dapat kita perhatikan dalam membentuk citra diri kita. Area-area itu sebagai berikut:

1. Area terbuka 

Pada area ini berkaitan dengan fisik atau sesuatu yang terlihat dan diketahui oleh diri sendiri maupun orang lain. Misalnya: kita berkacata mata, diri kita tahu kalau kita menggunakan kacamata dan orang lain juga tahu dan bisa melihat kita berkaca mata. Bisa juga misalnya kita selalu berpakaian rapi, menyapa tersenyum ramah pada orang lain, dan lain sebagainya.

2. Area Buta 

Di dalam area ini merupakan area yang kita tidak ketahui, tetapi orang lain justru mengetahui hal itu. Ini bisa berkaitan dengan sifat maupun perilaku yang kita tunjukan.

Misalnya: orang lain mengatakan diri kita ini arogan, sementara kita tidak tahu kalau kita sudah bersikap seperti itu.

3. Area Tertutup

Di sini hanya kita yang tahu, sementara orang lain tidak tahu. Hal-hal yang sifatnya rahasia dan hanya diketahui oleh diri kita sendiri.


4. Area Gelap

Area yang kita tidak ketahui dan orang lain juga tidak ketahui. Ini merupakan sisi terdalam dari seseorang. Hanya bisa muncul misalnya pada tes psikologi.


Dari keempat area yang ada, area terbuka yang harus kita perbesar atau perluas agar kita bisa memahami orang lain dan orang lain bisa memahami kita. Apalagi di area terbuka bisa terjadi proses pertukaran informasi dan diskusi untuk saling bertukar pikiran dan pandangan.


Tips Meluaskan Area Terbuka untuk Menggali Branding Diri

Kursus online gratis, Aplikasi siap kerja, Aplikasi belajar online, cara meningkatkan personal branding, upskilling dan reskilling



Dengan memperbesar area terbuka, kita dapat melakukan perilaku dan sikap yang berulang kemudian disepakati oleh orang lain. Hal itu nantinya akan menciptakan branding yang dapat berguna bagi diri kita dan akan menyukseskan karir kita ke depannya. 




5 Langkah Jitu Ciptakan Personal Branding

Kursus online gratis, Aplikasi siap kerja, Aplikasi belajar online, cara meningkatkan personal branding, upskilling dan reskilling



Kita bisa mulai menciptakan personal branding diri kita dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Tetapkan tujuan yang ingin kita capai. Artinya, tujuan ini yang akan menentukan arah diri kita akan memunculkan citra diri yang seperti apa. Tujuan ini juga membuat kita menjadi fokus juga untuk menyesuaikan potensi yang kita miliki dengan tujuan hidup yang ingin kita capai.

2. Tetapkan nilai diri kita, artinya potensi atau kekuatan apa dalam diri kita yang akan menjadi nilai plus yang menjadikan kita berbeda dengan orang lain. Nilai-nilai ini pun harus selaras dengan tujuan yang ingin kita capai ke depannya.

3. Tunjukan dalam sikap, artinya kita harus memperhatikan sikap kita yang sesuai dengan nilai dan tujuan yang kita miliki. Sikap positif yang kita biasakan nantinya akan menunjang nilai dan tujuan yang ingin kita capai.

4. Tunjukan Hasrat (passion) yang sesuai, artinya kita punya motivasi kuat untuk bersikap dan menetapkan nilai diri kita demi menunjang nilai dan tujuan yang ingin kita capai. Kita bisa melakukan upskilling dan reskilling diri kita juga sebagai dorongan motivasi kuat yang dapat menunjang diri kita.

5. Tetapkan enam Kata yang Menggambarkan Diri, artinya dengan nilai dan sikap yang kita miliki, kita dapat dengan mudah menghadirkan enam kata yang dapat menggambarkan diri kita. Ini pun ditunjukan pula dengan sikap yang kita tunjukan pada orang lain.


Sebagai contoh, kita bisa melihat gambar maping personal branding dari Najwa Shihab berikut ini: 


Kursus online gratis, Aplikasi siap kerja, Aplikasi belajar online, cara meningkatkan personal branding, upskilling dan reskilling




Kesimpulan


Aplikasi belajar online QuBisa menjadi aplikasi siap kerja yang membantuku atau pun kamu-kamu nih yang masih bingung dalam menentukan tujuan dan pengembangan karir ke depannya.  Dengan QuBisa, kamu bisa menemukan cara belajar efektif untuk meningkatkan kemampuan dan juga menciptakan personal branding-mu sendiri yang akan berguna. Buatku, belajar tentang personal branding dapat memetakan tentang diriku, seperti apa saja yang harus aku tingkatkan serta membantuku menggali potensi yang ada dalam diriku. Dengan meningkatkan kemampuan diri, aku jadi lebih percaya diri untuk meraih karir yang kian cemerlang di kemudian hari.

Aku bisa, kamu bisa juga belajar menyenangkan bareng QuBisa. Unduh sekarang aplikasi QuBisa di Playstore maupun di Appstore yang kamu miliki. 

Buat yang sudah mengunduh aplikasi QuBisa bisa langsung nih coba-coba kursusnya dan jangan lupa ikutan juga lomba blognya. Yuk, mulai belajar dan ceritakan pengalaman terbaikmu kursus bareng QuBisa dan ikuti juga kompetisi blog-nya QuBisa ya, teman-teman! Periode lombanya masih berlangsung nih. Lomba blog dengan mengusung tema "Memulai Karir Lebih Percaya Diri bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa" ini sudah berlangsung sejak 22 September hingga 10 Desember 2021 nanti! Masih ada waktu untuk ikutan ya. Nikmati kursus gratismu, ceritakan pengalaman terbaikmu, bawa pulang deh total hadiah 10 Juta Rupiahnya. Aku bisa, kamu juga bisa dong!
Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

41 komentar untuk "Tingkatkan Kemampuan Diri Agar Karir Kian Cemerlang Bersama QuBisa"

  1. Alhamdulillah zaman now menambah skill semakin dipermudah, ya. Saya ingat, dulu kursus televisi harus menempuh perjalanan jauh. Sekarang QuBisa membuat segalanyya hemat waktu dan tenaga. Kursus bisa kapan saja dan di mana saja. Saya pun sudah mencoba bebberapa kursus di QuBisa. Salah satunya kursus bisnis kopi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, Pak. Jaman sekarang pengalaman kursus online jadi lebih mudah, efektif, dan efisien apalagi ada QuBisa. Wah, pengalaman kursus di QuBisa yang menarik banget tuh, Pak Bambang. Apa abis ini mau buka bisnis kopi nih, Bapak?

      Hapus
  2. Bener-bener bisa upgrade diri dengan skill-skill yang dibutuhkan di dunia kerja ya mbak belajar di Qubisa ini. Apalagi kalau skill nya sesuai dengan passion masing-masing, pasti pekerjaan apapun akan dilakukan dengan senang hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbak. Upskilling dan reskilling di bidang yang diminati bikin makin semangat jadinya. Jadi lebih siap kerja dengan meningkatnya kemampuan yang kita miliki.

      Hapus
  3. Kalau pakai baju yang sama tiap hari, gampang nih ditiru buat personsl branding. Poin lainnya, dipelajari sambil jalan, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lebih ada ciri khasnya gitu, Mbak. Misalnya pakai baju yang motifnya serupa, atau bisa juga pakai baju yang warnanya konsisten. Jadi ada ciri khas dari diri kita yang akhirnya diingat oleh orang lain, Mbak

      Hapus
    2. begitu, ya. soal penampilan mudah dijalani. yang lain2nya itu lebih berat karena masalah mental. tapi tetap harus diusahakan. soalnya materi dari QuBisa ini udah membantu banget, sih

      Hapus
  4. Aku kemarin juga belajar di QuBisa nih mbaa, alhamdulillah seneng banget bisa dapat ilmu tentang public speaking gratisss, padahal biasanya biaya di luaran sampai 3jutaan huhu.

    BalasHapus
  5. Karir cemerlang perlu diusahakan dengan mengupgrade ilmu. Tapi semua kurang maksimal kalau kita tidak mengenal kemampuan diri ya mba. QuBisa menyediakan banyak kelas untuk menggali dan mengenali potensi diri itu. Keren.

    BalasHapus
  6. Betul sekali jaman sekarang mau naik jabatan harus ikut berbagai pelatihan dan kelas. Ikut pelatihan atau kelas di QuBisa bisa jadi salah satu alternatifnya nih. Soalnya pelatihan di QuBisa semuanya berkualitas. Keren...

    BalasHapus
  7. Jadi makin percaya diri ya, setelah ikut kelas-kelasnya QuBisa? Berbagai ilmu ada, tinggal pilih yang dibutuhkan

    BalasHapus
  8. Bagus banget ya kelas-kelas dari QuBisa. Kebetulan aku juga pakai aplikasi ini dan membantu sekali untuk upgrade skill aku!

    BalasHapus
  9. Personal branding memang penting untuk dikuatkan, apalagi sebagai blogger ya.
    Semangat raih karir yang cemerlang, dengan terus upgrade skill bareng QuBisa

    BalasHapus
  10. Wah, saya ikut kursus ini juga, Kak. Bersama Coach Bayu. Saya suka bahasannya karena ringan dan gak bertele-tele. Kapan-kapan mau ikut kelas pengembangan diri yang lainnya di QuBisa.

    BalasHapus
  11. Wah aku baru paham tentang Johari window ini.. Memang ya memahami manusia itu kadang ga selalu bisa diidentifikasi oleh diri sendiri saja. Lewat belajar dengan aplikasi siap kerja qubisa bakalan membuka wawasan kita dan mau membuka diri lebih luas nih

    BalasHapus
  12. Asyik nih aplikasi QuBisa cocok buat yg butuh panduan dalam menentukan tujuan dan pengembangan karir ke depannya ya mb. Keren

    BalasHapus
  13. iya sekarang mudah ya buat meningkatkan skill, bisa ikut kursus online di Qubisa ini ya mbak

    BalasHapus
  14. wah kebetulan saya juga daftar akun dan punya aplikasinya, banyak pilihan untuk belajar yang sesuai dengan kebutuhan, banyak yang kelas gratis lagi, wah makin seru niy belajarnya

    BalasHapus
  15. Menarik ya Mbak bahasan tentang personal branding ini, apalagi sebagai blogger kita butuh untuk membangun branding diri sendiri maupun branding blog.
    Terima kasih infonya Mbak, jadi penasaran ikutan juga kursus personal branding di QuBisa.

    BalasHapus
  16. wah kayaknya jadi penasaran sama QuBisa ini, baru dengar tentang QuBisa. Mau langsung kulik ah, siapa tau cocok buat diri sendiri hehe

    BalasHapus
  17. bener deh seneng banget ada QuBisa. bisa belajar di mana aja dan kapan aja. bisa sambil rebahan pula. dan yang pasti banyak banget pilihan topiknua huaaaaa :')

    BalasHapus
  18. Merasa banyak hal yang tidak bisa atau belum dikuasai begini, sering bikin aku insecure.
    Mencoba untuk mengikuti kursus belajar online di Qubisa, pasti menyenangkan ya.. Agar terbentuk skill-skill baru.

    BalasHapus
  19. Ikut kursus online di QuBisa memang banyak kelebihan dan manfaatnya. Salah satunya bikin karir lebih cemerlang.

    BalasHapus
  20. Tosss mbak, aku kemarin juga ikutan kursus online gratis di QuBisa ini
    milih pelatihan membentuk personal branding juga aku

    BalasHapus
  21. Era serba cepet gini memang butuh banget metode buat pengembangan diri yg praktis tapi tetep berkualitas. Dan aplikasi ini mewadahi banget sih buat kebutuhan itu. Ga perlu waktu khusus buat kursus, kapanpun bisa ngelakuin pengembangan diri dan nambah ilmu baru.

    BalasHapus
  22. Sekarang semakin terbantu ya Mita, dengan adanya platform seperti Qubisa ini.. Kita bisa nambah skill sesuai yang kita minati.. Makasiii Kita sudah sharing 😍

    BalasHapus
  23. Jd teringat masa dulu nih kak. Dulu saya juga nyesel masa kuliah gak memaksimalkan diri menyiapkan dunia kerja dg berbagai keahlian. Dulu soalnya kalo ikut kursus kan mesti bayar lagi, kasian ortu. Sekarang mah buanyak kursus online gratis di QuBisa

    BalasHapus
  24. Tuntutan dunia kerja memang semakin ketat ya, Mbak. Jadi agar terus survive, maka wajib sekali terus meningkatkan kemampuan. Dan kehadiran QuBisa ini sangat membantu. beragam kursus dan webinar tersedia. Tinggal dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

    BalasHapus
  25. Agak susah juga nih nentui mapping seperti Mbak Najwa terutama nilai2 itu karena yg hanya bisa melihat karakter kita kadang dari orang lain.. kita hanya membawakannya..

    BalasHapus
  26. Makasih resume kursus personal brandingnya, mencerahkan sekali... Baru aja kemarin mendampingi anak menyusun citra diri sesuai teori johari window, tapi citra diri sendiri malah belum bikin...

    BalasHapus
  27. Mengasah skill sekarang mudah banget ya, aplikasi ini sangat membantu itu

    BalasHapus
  28. Dengan banyaknya kelas di QuBisa kita jadi bisa memilih skill mana yang akan kita tingkatkan supaya karir semakin cemerlang kedepannya

    BalasHapus
  29. Nggak semua orang berhasil dengan personal brandingnya secara mudah. Selalu ada usaha yang keras untuk mewujudkannya. Makanya, aku happy banget waktu tahu di aplikasi siap kerja QuBisa juga ada materi personal brandingnya...

    BalasHapus
  30. Untuk menciptakan personal branding lagi2 perlu diawali dengan tujuan kita ya. dan tentunya nggak boleh melenceng dari tujuan tersebut nih... eh boleh deng selagi masih baik ya. tapi ga boleh asal, ada ilmunya, seperti yang mba mita share ini. aplikasi siap kerja qubisa bagus2 emang ya materinya, bnyk yg free juga

    BalasHapus
  31. Baru tahu daku ada 4 area tersebut yang perlu diketahui dalam meningkatkan branding diri. Sepertinya daku perlu juga ambil materi kursus ini

    BalasHapus
  32. Belum nyobain Qubisa nih. Dapet sertifikat juga ya. Lumayan belajar di Qubisa buat nambah upgrade skill

    BalasHapus
  33. Sama deh Mba, waktu awal-awal lulus dari kampus dan berjuang mencari lahan penghidupan, ternyata nggak semudah yang dibayangkan.

    Asik ya belajar di QuBisa. Video pembelajarannya juga pendek-pendek dan dibagi ke beberapa bagian. Jadi mudah dipahami dan bisa dijeda kalau memang waktu belajarnya lagi nggak banyak.

    BalasHapus
  34. Nah ini, Agar karier dapat lebih cemerlang maka harus terus diasah. Aplikasi QuBisa salah satu aplikasi yang dapat membantu untuk menimba pengetahuan dan keterampilan nih

    BalasHapus
  35. Pengalaman magang ini bisa ditingkatkan lagi yaa...agar bisa bermanfaat di perusahaan berikutnya.
    Bersama Qubisa, siap masuki dunia kerja yang sesuai keinginan dan kemampuan kita.

    BalasHapus
  36. Setuju banget nih, kita emang perlu untuk terus meningkatkan kemampuan diri ya mak.. Seperti dengan mengikuti kursus online gratis atau webinar yang ada di aplikasi siap kerja QuBisa yaaaa

    BalasHapus
  37. Perihal personal branding emang penting banget sih ya buat pekerja-pekerja digital. Untung ada aplikasi semacam Qubisa ini, jadi bisa makin nambah dan meningkatkan skill sambil garap deadline haha

    BalasHapus